Traveling lekat sekali dengan hotel atau penginapan. Siapa pun yang sedang dalam perjalanan pasti butuh tempat menginap, bisa hostel, guest house, hotel, kos-kosan atau bisa nebeng keluarga atau temen. Tapi satu yang pasti, kita mesti siapkan penginapan untuk bermalam dengan cermat biar hemat dan sekalian staycation. Kalau sudah terbiasa, nginep di hotel pun bukanlah sebuah kemewahan, namun kebutuhan. Lha kalau backpacker dengan budget pas-pasan, apa bisa memilih hotel yang bagus?

Nah, kali ini Hipwee Travel bakal kasih tips bagaimana cara mencari hotel yang bagus sekaligus murah. Cocok lah buat backpacker yang budgetnya mepet dan sering disebut #sobatmisqueen. Yuk simak dan segera dipraktekin ya!

Tips no 1. Tentukan dulu tujuan kamu traveling. Kamu mau ke kota mana dan destinasi wisatanya apa saja?

balibola via liburanbali.net

Advertisement

Paling dasar adalah tentukan mana saja destinasi yang akan kamu tuju dan bikin itinerarynya. Googling dulu tentang destinasi yang dituju dan jaraknya dari pusat kota. Kamu juga mesti tahu seberapa besar kota itu agar bisa menentukan mau menginap di mana dan harganya berapa.

Kalau sudah disusun detailnya, segera tentukan hotel yang lokasinya nggak terlalu jauh dari bandara tapi searah dengan tempat yang kamu tuju untuk kali pertama. Untuk hotel pertama ini harus kamu tentukan beberapa hari sebelumnya ya.

Tips no 2. Cari hotel yang murah dengan cara membandingkan aplikasi booking hotel online. Ada caranya juga nih

adhistana via www.instagram.com

Sebaiknya kamu siap sedia aplikasi booking online dari Booking.com, Agoda dan juga Traveloka. Gunakan 3 aplikasi tersebut untuk mengomparasikan harga. Cari penginapan mulai dari yang termurah dan pastikan hotel tersebut nongol di 3 aplikasi tersebut. Harganya tidak akan sama persis, pasti ada yang lebih murah. Agoda lebih murah tapi belum termasuk pajak. Hati-hati dalam hal ini.

Tips no 3. Perhitungkan budget kamu untuk hotel atau penginapan. Bikin standar tertentu, misal, hotel maksimal 350 atau 400 ribu gitu

Advertisement

Kalau kamu backpacker dengan prinsip semurah mungkin, kamu bisa search kolom pencarian di aplikasi online dan diurutkan mulai dari yang termurah. Pasti banyak kok yang harganya di bawah 100 atau 150 ribu. Tapi pasti ada catatan buruk misal kebersihan, fasilitas seadanya, atau penginapannya horor. Sudah banyak lho kejadian horor di hotel-hotel berbudget murah. Nanti kita bahas di artikel lain.

Kalau Hipwee sarankan, naikkan standar kamu asalkan dengan fasilitas yang jauh lebih baik. Misal kamu dapat penginapan dengan harga 150 tapi cuma berisi kasur, kipas angin, tanpa sarapan dan kamar mandi yang biasa. Di sisi lain ada hotel bintang 1 atau 2 dengan harga 250 namun sudah AC, sarapan, Wifi kenceng, kamar mandi bersih dengan air panas. Masuknya pun pakai kartu nggak pakai kunci. Kira-kira kamu pilih mana? Kalau Hipwee sih pilih yang 250, lebih terasa value of money-nya.

Tips no 4. Kalau budget memang minim banget, kamu lebih baik untuk menginap di Reddoorz atau Airy Rooms. Banyak kamar murah dengan harga di bawah 200 ribuan

salah satu contoh kamar airy rooms via www.airyrooms.com

Kalau memang budgetnya mentok di situ, ya udah mending coba pakai aplikasi Reddoorz atau Airy Rooms. Kini jaringan mereka sudah ada di banyak kota. Prinsipnya sih, kedua aplikasi ini ‘nebeng’ beberapa kamar di hotel tertentu. Biasanya hotel yang murah sih. Nah, bagusnya Airy dan Reddoorz, kamar yang murahan dibikin jadi lebih elegan dengan dekorasi yang khas, ada snacknya, ada AC, TV, Wifi dan juga alat mandi. Padahal harganya cuma 100 ribuan dapat. Jauh lebih murah dari harga hotel tersebut jika pesen tanpa aplikasi tersebut yang biasanya 200 ribuan.

Tips no 5. Kalau kamu sendirian, coba deh nginep di hostel aja. Tapi siap-siap privasimu minim ya, soalnya tidurnya sama orang lain. Hehehe

hostel dormitory room via www.surfsidebackpackers.com.au

Hostel backpacker juga bisa jadi pilihan menarik. Kalau kamu solo traveler, menginap di hostel bisa mengirit biaya. Rentang harganya 50-150 ribuan. Ada aplikasi juga yaitu hostelworld untuk mengecek kualitas hostel tersebut. Kalau kamu terbiasa bertemu banyak orang dan tidur dalam 1 ruangan, silakan pakai hostel aja. Tapi kalau kamu butuh kerja sekaligus butuh tempat privasi, hostel adalah pilihan yang kurang baik. Barang-barang kamu juga nggak aman juga. Kalau ada budget 200ribuan mending hotel yang bagus sekalian aja. Tapi ini butuh perjuangan nyarinya.

Tips no 6. Hotel bagus bisa kamu temukan dengan cara, pilih waktu low season dan beli di last minute. Harganya bisa beda jauh

hotel begini cuma 250 ribu lho di pusat bisnis Jakarta! via www.booking.com

Saya sudah mempraktekkan cara ini selama beberapa bulan. Jika kamu perginya di peak season mungkin agak sulit karena kebanyakan hotel yang bagus dan murah udah penuh. Tapi kalau low season, wah bisa drop harganya. Bikinlah filter di aplikasi booking online, yakni harga 200-400 ribu, pilih hotel, pilih wifi, dan juga sarapan. Biar aplikasi tersebut memilihkan hotel terbaik buatmu.

Oh iya, belinya nggak usah jauh-jauh hari. Beli di hari itu aja. Kalau low season, biasanya kosong melompong tuh hotel. Paling cuma terisi separuhnya. Harga yang udah turun bisa makin turun. Hotel bintang 3 yang standar harganya 450-600ribu bisa turun hingga 250-350 ribuan. Sudah banyak hotel bagus seperti itu yang bisa saya nikmati hanya dengan harga hotel Airy Rooms yang kisaran 250 sampai 300 ribu. Lumayan banget ‘kan? Catatannya, kamu harus efforth banget cari hotel satu-satu lalu bandingkan review dan harganya.

Tips no 7. Bandingkan sekali lagi hotel yang sudah kamu temukan di aplikasi Booking.com dengan Traveloka atau Agoda. Lagi-lagi, harga bisa turun lagi. Triple combo deh!

harga normal 480 ribu dapat 322 ribu di last minute. Lumayan kan? via www.booking.com

Ingat pesan Hipwee, harga hotel itu berbeda-beda tiap aplikasi. Kalau kamu sudah dapat hotel bintang 3 dengan AC, Wifi, sarapan, kamar mandi pribadi dengan air panas, TV kabel layar datar dan ratingnya bagus (di atas 7,5) dengan harga 250 ribu atau 300 ribu saja. Apalagi hotelnya ini ada banyak kamar dan lantai, fiks kamu beruntung banget. Tapi apakah sudah cukup sampai di sini? Belum.

Kamu harus bandingkan dengan aplikasi lain. Saya dapat hotel modern yang bagus dengan kriteria tersebut dengan harga 250 di Booking.com. Setelah itu saya bandingkan di Agoda dan Traveloka. Di Traveloka ternyata cuma 237 ribu saja. Langsung deh beli di Traveloka. Hotel begini di pusat kota Jakarta biasanya harganya di atas 350 atau malah 400 ribu. Tapi bisa kok didapatkan hanya dengan 237 ribu saja. Murah banget ‘kan? Harganya nggak beda jauh kok sama penginapan 150 ribuan yang tidak menyediakan sarapan dan reviewnya biasanya nggak bagus.

Sudah tahu ‘kan caranya, tapi percuma sih kalau kamu nggak cobain. Yuk staycation di hotel dengan budget minim!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya