Trik Backpackeran ke Singapura

Singapura adalah negara tetangga yang ramai dikunjungi oleh turis asal Indonesia. Jika kamu datang ke sana di akhir pekan, bisa dipastikan banyak sekali orang Indonesia di sana. Hal ini dikarenakan Singapura memang negara yang maju dan ramah akan turis. Jadi liburan ke Singapura itu gampang banget dan sebaiknya kamu sebagai backpacker pemula coba deh main ke sana.

Biar kamu nggak takut liburan ke Singapura bakal ngabisin budget kamu, nih Hipwee Travel bakal kasih 7 trik buat backpackeran dengan budget kaya liburan ke dalam negeri. Trik ini akan bekerja ketika kamu mau mencoba berusaha. Kalau cuma bilang, ‘halah, mana mungkin’ atau ‘halah, boongan nih’ ya kamu nggak akan pernah bisa backpackeran ke Singapura dengan harga murah. Total dengan pesawat cuma 2 jutaan aja untuk 3 hari 2 malam. Tampak menarik ‘kan?

Pertama, kamu mesti bikin rencana setidaknya 6 bulan sebelumnya. Cari tiket promo jauh-jauh hari dan pantengin laptop sampai dapat

kalau nggak hunting tiket promo dulu, ya siap-siap biaya membengkak aja via rezamuslim.blogspot.com

Advertisement

Tiket dari Jakarta ke Kuala Lumpur atau Singapura terbilang cukup terjangkau dan sering sekali ada promo tiket murah. Tentukan jadwal liburanmu sedari 6 bulan sebelumnya. Jangan lupa subscribe email maskapai low budget dan juga jangan lupa bergabung ke grup backpacker, bisa di Facebook, Telegram, WA dan sebagainya. Intinya kamu menyetel alarm tiket murah dengan bergabung ke grup-grup tersebut. Harga promo tiket pesawat ke Singapura berkisar di angka 200-500 sekali jalan. Oke, anggap saja kamu dapat promo yang harga 500 sekali jalan pun total PP cuma sejuta rupiah. Kaya naik pesawat Jakarta-Jogja ‘kan?

Setelah mendapat tiket, selesaikan semua booking hotel di Indonesia. Biasanya harganya relatif lebih murah, dan banyak diskonnya. Satu hal yang paling penting, kamu nggak perlu bawa banyak uang ke sana

Punya berbagai kategori aplikasi traveling via www.pexels.com

Permasalahan yang selama ini dialami oleh para backpacker adalah nilai rupiah yang sering melemah terhadap mata uang asing. Hal ini tentu mengakibatkan pengeluaran membengkak namun tidak disadari. Untuk itu minimalkan pengeluaran di sana jika bisa mengurus dari sini. Nah, maka dari itu pesanlah hotel dari aplikasi pesan hotel seperti traveloka atau agoda. Syukur-syukur ada promo ‘kan? Pilihlah dormitory room yang kurang lebih harganya 150-200 per orang per malam. Berarti untuk 2 malam cuma butuh sekitar 300-400 ribuan ‘kan? Murah lho harga begini.

Sesampainya di Singapura, pesanlah Tourist Pass untuk naik kendaraan publik seperti MRT maupun bus kota. Pakai paketan turis jauh lebih murah.

tourist pass via www.ohpenda.com

Buat kamu yang backpacker, tiket kereta sekali jalan bisa bikin pusing karena harganya yang cukup mahal. Buat traveler kaya kita-kita, ada fasilitas Tourist Pass yang harganya 10 Dollar sehari, sepuas-puasnya. Naik MRT dan Bus SBS tinggal tempel kartu. Kalau dua hari harganya jadi 16 Dollar. Sementara 3 hari jadi 20 Dollar saja. Sangat murah dibanding single trip.

Kamu harus mempunyai peta Singapura yang bisa kamu download di internet. Hapalkan rute transportasi menuju ke destinasi wisata gratis di Singapura

singapore

Advertisement

Biar kamu efisien dan nggak buang-buang waktu naik MRT atau bus dan salah jalan, mending kamu bawa peta deh. Selain biar perjalananmu maksimal, kamu juga nggak akan nyasar-nyasar dan bikin pengeluaran baru misal jajan, beli oleh-oleh dan sebagainya. Peta sangat penting untuk memandu backpacker kamu kali ini.

Kunjungi wisata gratis yang tidak membutuhkan biaya. Jadi biaya yang kamu keluarkan jadi minimalis banget ‘kan?

garden by the bay via www.sullivre.org

Ada banyak sekali destinasi wisata yang gratis masuknya. Sebut saja Garden By The Bay, Marlion Park, Botanical Garden, dan masih banyak lagi. Nih kalau kamu butuh referensi bisa buka artikel ini. Meskipun gratis, rata-rata tempat wisatanya emang sudah standar internasional lah ya. Jadi nggak usah khawatir.

Untuk makan, kamu bisa mengakali dengan membawa bekal makanan dari Indonesia. Nah, di sana cukup makan siang dan makan malam saja

bekal buat di singapura via www.pegipegi.com

Biaya sekali makan di restoran India atau Arab (jika kamu mencari yang halal) sekitar 30-40 ribu sekali makan. Untuk itu kamu cukup makan siang dan malam saja yang jika ditotalkan sekitar 60-80 ribu per hari. Kalau 3 hari ya tinggal dikalikan tiga ya, kurang lebih 180 ribu. Bulatkan ke 200 ribu saja ya. Jangan lupa beli botol air minum biar nggak perlu beli minum di tempat wisata.

Nggak usah beli SIM Card di Singapura. Selain harganya lumayan mahal, kamu juga nggak akan terlalu membutuhkannya kok.

ada wifi di mana mana via upload.wikimedia.org

Ada banyak wifi tersebar di ruang publik yang bisa kamu manfaatkan untuk internetan. Di stasiun bahkan di mall juga ada. Nggak usah beli SIM Card apalagi nelpon orang rumah. Ya udah pokoknya nggak usah beli-beli kuota karena wifi banyak tersedia dengan gratis.

Nah, kalau kamu total budgetnya nggak sampai 2 juta ‘kan? Tinggal yang penting usaha dan merancang perjalananmu sedari sekarang. Yuk backpackeran ke Singapura!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya