Tahun 2018 sudah memasuki separuh terakhir. Apa kabar resolusi kamu yang mau nikah di tahun 2018 ini? Sudah dapat pasangan apa belum nih? Kalau sudah segera dibikin rencana kapan nikahnya, pesen gedung, dan atur mau bulan madu ke mana. Kalau belum dapat, ya udah sih banyakin jalan-jalan dulu. Siapa tahu ketemu pas lagi liburan ‘kan?

Hipwee tahu kalau biaya buat nikah sudah cukup besar. Jadi kami nggak mau kasih rekomendasi liburan mahal buat bulan madu. Tau kok kalau budjet kamu terbatas untuk menikmati kebersamaan dengan pasangan. Nah, untuk itu simak aja 8 destinasi bulan madu yang murah meriah berikut. Sekali seumur hidup, bulan madu jangan sampai dilewatkan, keburu nanti anaknya udah banyak. Hehehe.

Bagi pasangan yang sama-sama suka mendaki gunung, Ranu Kumbolo jadi pilihan yang murah sekaligus indah buat dinikmati berdua.

bulan madu di rakum via travelingneverdies.com

Advertisement

Sebagai gunung, Semeru memang relatif sulit untuk didaki. Namun sebagai danau, Ranu Kumbolo cukup mudah untuk digapai. Buat kamu yang suka mendaki, Ranu Kumbolo jadi destinasi yang cocok buat bulan madu. Kamu tinggal pesan porter untuk membawakan tenda dan alat masak, sementara kalian berdua mendaki bersama di belakang. Kabar baiknya di Ranu Kumbolo sekarang sudah ada toiletnya lho. Jadi kamu bisa ena-ena di dalam tenda. Hahaha. Budget bulan madu ke sana kurang lebih 2 jutaan sudah bisa kok.

Nusa Penida jadi primadona andalan Bali karena lokasinya yang belum terlalu ramai. Dua juta untuk liburan berdua cukup sih di sana

crystal bay, nusa penida via www.instagram.com

Bali sudah mainstream banget kali ya. Cobain deh Nusa Penida di sebelah selatan pulau Dewata. Tinggal nyebrang speedboat sampai deh. Di Nusa Penida kamu bisa sewa mobil untuk keliling pulau seharian. Kamu bisa mengunjungi Kelingking Beach, Crystal Bay, Angel Billabong dst. Kalau kamu bisa mengirit, cukup 2 juta doang biaya bulan madu kamu di sana.

Pulau Seribu adalah destinasi yang paling terjangkau buat warga ibukota dan sekitarnya. Ada banyak pulau indah seperti Pulau Tidung, Pulau Harapan, dan pulau-pulau lainnya

kepulauan seribu via s.kaskus.id

Di Pulau Seribu ada banyak destinasi liburan yang bisa kamu datangi tanpa perlu biaya mahal. Sebut saja ada Pulau Onrust, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Macan dan lain-lain. Biaya yang murah karena lokasinya tinggal nyebrang dari Jakarta. Uang 2 juta pun masih nyisa deh buat bulan madu di sana. Plusnya, kamu sudah dapat pantai, pulau, ikan, pasir putih dengan biaya hemat.

Kalau mau lebih romantis, bulan madu di Dieng terutama pas Dieng Culture Festival itu so sweet banget. Lebih ke kedinginan dan bisa saling menghangatkan sih, hehehe…

dieng festival via www.instagram.com

Advertisement

Kalau kamu domisili di pulau Jawa, bulan madu ke Dieng tentu pilihan yang menarik. Selain harganya terjangkau, suasana Dieng yang dingin jadi bikin suasana makin romantis. Apalagi ikutan pas Dieng Culture Festival, beuh makin dingin itu. Total budget buat berdua kalau bulan madu di Dieng sekitar 3 jutaan. Lumayan lah ya, nggak mahal banget.

Jogja tentu saja menjanjikan wisata dan kuliner yang murah meriah. Bulan madu ke Bantul patut dicoba lho!

pintu langit bantul via www.instagram.com

Sebagai kota yang ngangenin dan istimewa, Jogja identik dengan harga murah. Entah makanan, transportasi, wisata dan penginapannya. Tentu saja bulan madu di Jogja bisa dipastikan jauh lebih murah ketimbang ke Bali atau Labuan Bajo dong ya. Kamu bisa tinggal di homestay di Bantul. Tujuan spot Instagramable di Mangunan maupun bunga matahari di pesisir selatan bisa jadi tempat bulan madu yang tak terlupakan. Saking murahnya, 1 jutaan berdua cukup deh. Asal kamu ngirit ya. Hehehe.

Wisata di Batu, Malang, cocok deh buat pengantin muda. Suasana dingin tapi ada banyak wahana wisata yang bisa kamu nikmati berdua

bulan madu di sini, mau? via liburmulu.com

Garut punya Kampung Sampireun yang bisa kamu nikmati untuk berbulan madu dengan kekasih halalmu. Bisa naik kapal-kapalan lho

kampung sampireun garut via panduanwisata.id

Kalau kamu domisili di Bandung atau Jakarta nggak harus bulan madu jauh-jauh. Kamu mending ke Garut aja, destinasi di bawah kaki gunung yang cukup sejuk dan cocok untuk menikmati kebersamaan dengan pasangan. Salah satu tempat yang bisa kamu tuju adalah Kampung Sampireun di Garut. Biaya bulan madu di sana cuma 3 jutaan saja.

Bulan madu di Lombok nggak mahal juga lho. Asal kamu pilih-pilih lokasinya. Kalau kamu mau bulan madu di kawasan Kuta Beach dan sekitarnya, bisa hemat banyak buat bulan madu

bukit marese via photographytourlombok.com

Siapa bilang liburan ke Lombok mahal. Asal tau triknya, Lombok bisa sangat murah lho. Jika kamu bulan madu di sekitar Pantai Kuta dan sekitarnya, termasuk Pantai Tanjung Aan dan Bukit Marese. Biaya liburan berdua nggak sampai 2 juta di sana. Tertarik?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya