8 Kuliner Penggoyang Lidah yang Bisa Bikin Kamu Selalu Kangen untuk Kembali ke Bandung!

Kuliner Bandung

Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi

Advertisement

Yup, sepenggal kutipan lagu The Panas Dalam di atas rasanya bisa menggambarkan Bandung. Sebuah kota yang memiliki 1000 alasan untuk membuat seseorang kembali ke sana. Entah karena suasana, atau hal lainnya, apalagi kalau SoHip pernah tinggal di sana.

Salah satu alasan yang bisa bikin kamu kembali ke Bandung selain suasananya mungkin adalah kulinernya kali ya? Bandung dan beribu-ribu makanannya akan selalu menjadi sebuah daya tarik tersendiri buat setiap orang yang pernah nyobain enaknya kuliner di sini. Di bawah ini Hipwee udah nyiapin rekomendasi 8 makanan enak yang bisa membuat kamu punya alasan untuk “kembali ke Bandung” lagi dan lagi!

Nasi goreng Simongol, makan nasi goreng teppanyaki dan ngambil bahannya kaya restoran prasmanan, sesuka kamu, semau kamu! Jadi bisa bikin nasi goreng mix and match!

Advertisement

Kapan lagi kamu makan nasi goreng yang porsinya kamu tentukan sendiri? Udah gitu ditambah bisa melihat atraksi koki memainkan spatula di atas wajan super besar pula! Nasi goreng ini nggak cuma porsinya banyak, rasanya juga oke dan kamu bisa melakukan mix and match berbagai topping yang tersedia di sini. Udah gitu nasi goreng ini juga nggak mahal cuma Rp.20.000 aja (tambah Rp.3000 kalau mau tambah topping) SoHip udah bisa makan sampe kenyang!

Ayam Suniaratu, ayam kecap yang hitam sehitam-hitamnya ayam. Tapi jangan salah! Rasanya manisnya meresap sampai ke dalam daging!

Advertisement

Kalau kamu nggak asing dengan tempe bacem, nah ini adalah versi ayamnya! Ayam yang telah di-ungkep/marinate dengan rempah-rempah dan kecap ini terasa manis dan gurih, apalagi bumbunya meresap sampai ke dalam daging! Ayam ini juga nggak di goreng terlalu lama, karena sudah diproses hingga setengah matang pada saat meng-ungkep, maka daging ayam ini lembut dan juicy!

Buat yang dulu kuliah di UNPAD Dipatiukur, mungkin akrab dengan warung ayam goreng yang terletak di sebelah kampus ini. Yup! Ini dia Ayam SPG, ayam goreng pake serundeng

Ini kuliner kaki lima yang menjadi salah satu primadona karena rasanya yang enak! Ayam SPG hadir dengan ayam goreng serundeng yang super gurih dan juicy! Ayamnya juga ukurannya bisa dibilang lebih besar dari ayam warung kebanyakan, belum lagi nasi di sini kamu ngambil sendiri, jadi bisa menyesuaikan sama porsi makan kamu! Warung ini nggak cuma menyediakan ayam goreng serundeng aja, ada ayam bakar, ayam semur, mendoan, dan sayur oseng. Harganya? Jangan takut SoHip, Rp.15.000 aja dan kamu bisa kenyang seharian makan ini!

Mau nongkrong sehat sambil dan minum yoghurt buah dengan suasana taman yang syahdu di kota Bandung? Ya Cuma ada di sini, di Yoghurt Cisangkuy

Kamu bisa menikmati yoghurt segar di tempat ini. Buang jauh-jauh rasa yoghurt yang asam, karena di tempat ini kamu bakal menikmati yoghurt yang manis dengan kesegaran buah, jadi cocok untuk lidah semua orang! Selain yoghurtnya yang enak, tempat ini juga terasa nyaman dan homey karena berkonsep seperti taman. Minum yoghurt buah yang ada potongan buah segar, sambil nongkrong santai dan syahdu menikmati udara Bandung pasti membuat SoHip betah di sini!

Bingung mau makan apa? Coba pilih sendiri puluhan makanan di Sudirman Street Day & Night Market. Meskipun banyak yang non-halal, tapi tenang saja, makanan halal di sini juga ada dan nggak kalah enaknya!

Buat kamu yang ingin menikmati sate babi yang rasanya oke dan nggak terlalu mahal, kamu bisa mendatangi Sate Wibisana yang ada di sini. Selain itu untuk SoHip yang ingin mencicipi “sandwitch” daging dengan sayuran juga bisa mendatangi El Paso, rekomendasi menu di sini adalah cubanos, roti dengan isi bacon, babi panggang, acar timun, jalapeno, keju Amerika dan saus mayo-mustard ini dijamin bisa menggoyang lidah kamu.

Untuk kamu yang mencari makanan halal, tenang! Di Sudirman Street ini juga ada makanan halal yang nggak kalah enak. Kamu bisa mencoba Golden Culinary yang menyediakan dimsum halal dengan isian pangsit mayo sampai seafood, selain itu kamu juga bisa memesan ramen yang halal juga di tempat ini. Buat kamu yang belum kenyang kalo belum makan nasi, kamu juga bisa nyobain Nasi Pedas Oseng Juragan yang juga halal. Kamu bakalan nemuin berbagai macam oseng/tumisan dengan kuah dan topping yang enak banget dimakan pake nasi, banyak kok pilihan osengnya, mulai dari cumi, daging, hingga kikil.

Lotek Kalipah Apo 42, meskupun sudah puluhan tahun dan berganti pengelola dari anak hingga cucu, tapi rasanya tetep sama dan nggak berubah sama sekali, ini mungkin definisi setia, setia sama rasanya, hehe

Ini makanan rasanya tetap setia dan nggak kegerus oleh zaman! Lotek yang sudah kesohor namanya ini memang salah satu makanan legendaris kota Bandung. Bumbu kacang yang gurih berpadu dengan sayur mayur membuat siapapun yang makan lotek ini merasa segar, apalagi kalau kamu  makannya pakai lontong, udah segar, kenyang pula! Nggak cuma lotek aja, kamu juga bisa memesan makanan lain yang nggak kalah enaknya di sini, mulai dari laksa ayam, bihun kari, hingga rujak ulek yang bisa bikin kamu melek dan berenergi!

Wedang Ronde Alkateri, teman menghangatkan badan buat ngelawan udara Bandung yang terkadang bikin males keluar malem-malem

Ronde Alkateri campur dengan kuah jahe dan gula merah, mantep cuy! | Foto dari dokumentasi pribadi penulis

Wedang Ronde Alkateri ini adalah salah satu makanan yang juga terhitung legendaris di Bandung. Makanan yang paling cocok di santap pas Bandung lagi dingin ini memiliki 2 varian, kamu bisa memesan ronde ukuran besar yang memiliki isi kacang tanah atau ronde kenyal berukuran kecil, campur? Tentu saja bisa! Nggak cuma rondenya, kamu juga bakal mendapatkan pilihan kuah jahe, mau menggunakan gula merah atau putih. Soal rasa nggak usah ragu, sama seperti kuliner legendaris lain, rasanya enak dan nggak berubah semenjak pertama kali berdiri!

Saking enaknya, Mie Kocok Karapitan bisa menghabiskan 50 Kg kikil dalam sehari, udah kebayang dong rasanya kayak gimana? Pasti enak banget!

Siapa sih yang nggak kenal mie kocok? Makanan khas Bandung ini bisa dengan mudah kamu temuin di jalan-jalan kota Bandung. Tapi ada satu yang legendaris, namanya Mie Kocok Karapitan! Mie kuning dengan tauge, kikil, disiram dengan kuah kaldu sumsum yang gurih! Apalagi kalau kamu tambah perasan jeruk nipis, beuh, makin mantap SoHip!

Itu adalah sedikit dari beragam kuliner Bandung yang bisa membuat kamu punya alasan untuk mengunjungi kota ini lagi, lagi, lagi, dan lagi!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Dulu anak magang, sekarang sering uring-uringan, katanya gamers tapi nonton esportsnya aja. Suka sepak bola karena dipaksa temen, tapi suka kamu kok :')

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE