8 Spot Wisata yang Sering Jadi Tempat Mencari Pesugihan. Lupakan Mistisnya, Nikmati Keindahannya!

Kehidupan masyarakat lokal Indonesia, khususnya orang Jawa, jelas nggak bisa dipisahkan dengan hal-hal mistis dan supranatural. Mulai dari hantu-hantuan yang beragam rupa jenisnya, sampai ritual-ritual klenik yang terasa begitu kental. Salah satu diantaranya adalah banyaknya tempat-tempat yang dikeramatkan, sebagian ada yang digunakan sebagai spot mencari kekayaan. Bukan mendulang emas murni untuk kemudian diolah sih, tepi melakukan pesugihan. Ritual agar cepat kaya dengan bantuan setan.

Advertisement

Nah, di Hipwee Travel kali ini, kami akan mengajakmu mengunjungi tempat-tempat keramat di Indonesia yang sering dijadikan tempat mencari pesugihan. Bukan mengajakmu untuk berbuat syirik, tapi siapa tahu kamu mau sekadar piknik. Tempat-tempat keramat ini bukan hanya mistik, tapi juga cantik!

1. Gunung Kemukus, tempat pesugihan yang unik dan ekstrim. Konon salah satu syaratnya adalah melakukan seks di alam bebas selama 7 hari

Gunung Kemukus

Gunung Kemukus via www.satujam.com

Gunung Kemukus adalah pegunungan yang secara geografis kurang terkenal (dibanding Mahameru atau Merapi). Tapi di mata para pencari pesugihan, Gunung Kemukus adalah salah satu dari yang paling populer. Hal ini nggak bisa dilepaskan dari ritual ekstrim yang harus dilakukan oleh para pelaku pesugihan, yaitu harus berhubungan seks di alam bebas dengan orang yang bukan suami/istrinya selama 7 hari. Sayangnya, gara-gara hal ini, Gunung Kemukus jadi terkenal juga dengan kasus prostitusinya, karena para perempuan tuna susila menjadikan ritual ini sebagai ladang pekerjaan. Letak Gunung Kemukus ini berada di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Lokasinya masih sangat hijau dan udaranya pun sejuk. Di atas gunung ada Vihara tua yang sangat dihormati, yang konon dibangun oleh Pangeran Samudera, salah satu raja keturunan dari Majapahit. Menurut salah satu versi, dahulu kala Pangeran Samudera kabur membawa selir dari Ayahnya, Nyi Ontrowulan. Nah, pesta seks di Gunung Kemukus ini dianggap sebagai cara mengenang cinta terlarang antara Pangeran Samudera dan Nyai Ontrowulan. Benar tidaknya? Wallahualam.

Advertisement

Kamu jangan ke sana kalau tujuannya negatif seperti itu ya!

2. Selain keindahannya sebagai taman nasional, Alas Purwo juga sering dijadikan spot mencari pesugihan

Alas Purwo

Alas Purwo via www.asliindonesia.net

Alas Purwo terletak di Kabupaten Bayuwangi, Jawa Timur. Alas Purwo yang dalam bahasa Jawa berarti Hutan Purwo, ini adalah salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Dibangun di atas lahan seluas 434 hektar, dan mampu menampung ribuan flora dan fauna Indonesia. Kalau kamu penggemar destinasi wisata alam, jelas kamu akan dimanjakan ketika jalan-jalan di Alas Purwo. Selain berbagai macam flora dan fauna, kamu juga bisa melihat-lihat Goa Istana dan Makam Mbah Dowo, yaitu makam sebuah senjata milik Mpu Barada yang panjangnya sampai 7 meter.

Sayangnya, selain taman wisata, Alas Purwo juga terkenal sebagai hutan paling angker di tanah jawa. Banyak yang percaya bahwa Alas Purwo adalah tempat konkow-nya seluruh jin di Nusantara. Semacam tempat konferensi nasional jins, mungkin ya. Dipercaya juga bahwa dulu nggak ada manusia yang bisa keluar dari Alas Purwo dengan selamat. Seram sih. Tapi anehnya, keseraman Alas Purwo nggak menyurutkan nyali para manusia yang ingin mencari pesugihan di sana. Ah, manusia. Kadang-kadang perjuangannya nekat juga.

Advertisement

3. Pesugihan Gunung Kawi yang paling populer se-Asia Tenggara, tempat orang dengan segala suku dan agama berkumpul, berdoa memohon jadi kaya

Gunung Kawi seperti putri tidur

Gunung Kawi seperti putri tidur via wallippo.com

Gunung Kawi adalah salah satu gunung diantara tiga gunung yang membentang di antara Kabupaten Malang dan Kota Batu. Dari kejauhan, kamu bisa melihat bentuk Gunung Kawi yang terletak di antara gunung Butak dan Gunung Panderman, seperti seorang putri yang sedang tertidur lelap. Soal keindahan alam, jangan ditanya. Selain gunung, di sana ada juga bangunan tua yang penuh ukiran seperti candi. Sayang, yang lebih terkenal dari Gunung Kawi bukanlah keindahan alamnya, tapi kemistisannya.

Gunung Kawi terkenal sebagai tempat mencari pesugihan, bukan hanya untuk orang Indonesia, tapi juga banyak peziarah yang datang dari Singapura, Myanmar, Malaysia, dan Negara-negara tetangga. Orang Indonesia sendiri yang pernah datang ke Gunung Kawi sebelum mendulang kesuksesan ada dua, yaitu Ong Hok Liong (pemilik Rokok Bentoel) dan  Lim Sieo Liong (pemilik BCA). Pohon Dewandaru adalah pohon yang dikeramatkan. Seluruh ritual dan ziarah yang dilakukan tujuannya adalah untuk mendapatkan daun Dewandaru untuk dijadikan jimat.

4. Parangtritis tentu tidak bisa dipisahkan dengan Nyi Roro Kidul. Di sini orang-orang datang bukan hanya untuk menikmati keindahan pantai, tapi juga mencari kekayaan

Parangtritis

Parangtritis via wisatajogjamurah.com

Pantai Parangtritis pastinya sudah akrab di telingamu sejak kamu masih SD. Soalnya pantai di Jogja ini adalah salah satu destinasi yang umum didatangi saat study tour anak-anak SD. Lokasinya mudah dijangkau, dan panorama pantainya juga lumayan bisa dinikmati. Meskipun setelah kamu dewasa sekarang, rasanya Parangtritis mulai membosankan, karena kamu lebih tertarik mengeksplorasi pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul.

Meskipun popularitas Parangtritis sebagai tempat wisata mulai pudar, tapi reputasinya sebagai tempat mistis gerbang penghubung antara Kerajaan Jogja dan Kerajaan Nyai Roro Kidul masih terus dipercaya. Parangtritis dianggap sebagai kerajaan makhluk halus yang dipimpin oleh Ratu pantai selatan ini. Konon katanya, Ratu Pantai Selatan bisa memberikan kekayaan, asalkan si peminta melakukan ritual dan tumbal-tumbal yang disyaratkan.

5. Sumur Kembar di Gilimanuk katanya bisa memberikan apapun yang kamu inginkan, termasuk jodoh yang diharap-harapkan

Sumur Kembar

Sumur Kembar via www.merdeka.com

Beranjak dari Pulau Jawa, kita geser sedikit ke Pulau Bali. Tepatnya di sebuah Sumur Kembar yang letaknya di Gilimanuk, Kabupaten Jembrana. Lokasinya berdekatan dengan Pantai, sedangkan untuk mencapainya, kamu harus memasuki hutan kira-kira selama 10 menit. Selain bisa melihat pantai dan sumur kembar, kamu juga bisa menjumpai banyak Pura yang ada di jalan menuju Gilimanuk. Katanya, sumur ini sudah ada di sana entah sejak kapan.

Sumur kembar ini sering menjadi tempat bagi orang untuk mencari pesugihan ataupun mencari jodoh. Untuk kaum wanita, bila ingin supaya cepat dapat jodoh, bisa membasuh muka dengan air dari sumur. Sedangkan yang ingin menjadi kaya, harus berani mandi telanjang di sana. Tapi ritual itu hanya untuk perempuan saja lho. Para pria biasanya datang ke sana untuk mencari batu permata. Bukan hanya bisa dibuat batu akik, katanya batu-batu permata itu bisa jadi jimat juga. Tapi jangan lama-lama berdiam di Sumur kembar, nanti kamu nggak bisa pulang.

6. Sendang Kemilon di Bantul Yogyakarta, tempat pemujaan kepada Nyi Blorong. Hanya khusus cowok ya!

Sendang Kemilon

Sendang Kemilon via jogja.mblusuk.com

Sendang Kemilon terletak di Kabupaten Bantul. Sendang kemilon merupakan destinasi wisata air terjun dan waduk kecil (sendang). Lokasinya berada di tengah hutan liar. Uniknya, mata air ini terus mengeluarkan air meskipun sedang dalam musim kemarau.

Sendang Kemilon identik sebagai tempat pemujaan terhadap Nyai Blorong. Nah, untuk kamu yang belum tahu, Nyi Blorong ini beda lho dengan Nyi Roro Kidul. Mereka sepupuan, dan punya perangai yang berbeda. Bila Nyi Roro Kidul sifatnya mengayomi dan nggak memaksa, Nyi Blorong adalah kebalikannya. Konon katanya untuk mendapatkan pesugihan di Sendang Kemilon, para pria harus berhubungan seksual dengan Nyi Blorong. Lalu Nyi Blorong akan memberinya permata yang dilepaskan dari sisiknya.

7. Reputasi keangkeran Gunung Tilu di Kuningan memang sudah terkenal di mana-mana. Anehnya, orang masih datang ke sana

Gunung Tilu

Gunung Tilu via jelajahgunungbandung.com

Secara administratif, Gunung Tilu terletak di desa Jabranti dan desa Cemara kabupaten Kuningan. Gunung tilu merupakan pegunungan yang memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Sukmana, Puncak Gunung Tilu, dan satu puncak yang belum ada namanya.  Disebut tilu, yang berarti tiga, karena dari setiap sudut selalu memperlihatkan tiga gundukan gunung. Di gunung Tilu juga ada dua sungai besar, yaitu Citaal dan Cijangkelok, yang menjadi hulu dari sungai-sungai kecil lainnya.

Selain keindahan alamnya dan medannya yang nggak mudah ditakhlukkan, Gunung Tilu juga terkenal dengan keangkerannya. Konon katanya, di sini kamu bisa menemukan berbagai jenis hantu, mulai dari Kuntilanak, Tuyul, sampai genderuwo ada semua. Keangkerannya ini sudah masuk ke banyak media. Tapi lagi-lagi, orang Indonesia memang pengambil risiko yang hebat. Meski terkenal seram, banyak yang datang ke sana demi pesugihan.

8. Bukan hanya Nyai Blorong dan Nyi Roro Kidul, di Kobongan Rembang, ada spot pesugihan yang diasuh oleh Nyai Puspo Cempoko

Tempat angker di Rembang

Tempat angker di Rembang via www.murianews.com

Meski nggak setenar Nyi Blorong atau Nyi Roro Kidul, Nyai Puspo Cempoko cukup terkenal di telinga para pencari pesugihan. Spot untuk ritual ini ada di Kobongan, Rembang. Banyak peziarah yang datang untuk mencari kekayaan. Konon katanya, untuk menjadi kaya, para pria harus mau menjadi suami dari Nyai Puspo Cempoko, dan memenuhi kebutuhan seksualnya setiap malam Jumat Kliwon. Selain itu, berbagai macam sesajen mulai dari jajan pasar sampai kembang tujuh rupa harus disediakan. Untuk mendapatkan kekayaan dari Nyai Puspo Cempoko, kamu harus membuat kamar khusus di rumah yang hanya boleh dimasuki oleh kalian berdua.

Kehidupan masyarakat lokal memang nggak bisa dilepaskan dari segala hal-hal yang mistis dan klenik. Segala mitos dan kepercayaan lokal membuat spot-spot yang sebenarnya indah tadi jadi identik dengan angker dan keramat. Kamu percaya? Kalau mau traveling ke sana diniatkan buat liburan aja ya. Nggak usah aneh-aneh nyari pesugihan. Rezeki sudah diatur sama Allah. Takut nggak bisa makan sama saja sudah menghina Allah sang pemberi kehidupan, begitu kata Sudjiwo Tedjo. Sepakat?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

10 Comments

  1. Alisha Ayunda berkata:

    wihhh ngeriii deh -_-
    kunjungi juga aplikasipemda tersedia aplikasi perpajakan online untuk pemda

  2. Nur Laila berkata:

    Asslamualaikum. saya hanya sebagai perantara untuk menyampaikan tentang pesugihan tanpa tumbal nyawa manusia/keluarga, Karena tidak semua jenis pesugihan harus memakai tumbal manusia dan beresiko untuk keluarga, jika anda mencari pesugihan dengan hasil cepat dan aman, saya memberikan solusi penarikan dana ghoib, diperoleh melalui ritual doa-doa dzikir khusus sehingga jauh dari hal-hal klenik/mistik yang tentunya dilarang oleh Agama. SAYA SENDIRI SUDAH BUKTIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL. Saat saya menghubhngi pak.kyai, katanya pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 2 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2Milyar yang saya minta benar-benar ada di tangan saya. jika ada teman-teman yang mengeluhkan nasibnya, saya menyarankan untuk menghubungi kyai mustamid abbas di 082311002203 agar di berikan arahan,

  3. Ahmad Affandy berkata:

    Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan,mungkin lebih dari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut,Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali ,namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uang dengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website dari ustad hakim, sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya disuruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 atau kunjungi wibsitenya agar lebih di mengerti http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id/ tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah hasilnya sama baik

  4. Sri Wardani berkata:

    Assalamualaikum wrb,saya Sri Wardani asal Solo niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya,awalnya saya seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses,tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses,bisnis saya bangkrut dan saya sempat jadi pemulung saya punya anak dua dan mash kecil2,saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa,saya sempat putus asa dan saya sempat mau mengakhiri hidup,tapi setiap saya melihat anak saya semua putus asa saya hilang,tampa disengaja ada seseorang member saya saran dia menyarangkan saya untuk menghubungi Ki Abdullah,beliau memberikan saran yang tidak melenceng dari ajaran agama,awalnya sih saya ragu tai sayaberanikan diri menciba saran dari Aki,syukur Alhamdulillah dengan saran beliau saya sekarang sukses kembali dan saya bisa biayai sekolah anak saya sampai selesai,teimah kasih Ki berkat aki saya bisa sukses kembali,ini pengalaman pribadi saya khusus bagi teman2 yang sempat baca dan punya masalah silahkan hub Aki Abdullah di nomor 0823-3975-5544 insya allah dikasi solusi ,ini pengalaman saya khusus yang serius saja silahkan hub beliau,terimah kasih kepada yang punya room ini karna saya sempat berbagi pengalaman dan mudah2han bisa membantu,assalamualaikum wrb.

  5. Sindi Puspita berkata:

    Aslamalikum warahmatullahi wabarakatu

    ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya ibu anisa saya berasal dari kota yogyakarta saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hamper kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai sebuah kendaraan roda empat atau sebuah mobil pribadi sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba” buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang aki dari sana saya coba menghubungi aki awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk membayar hutang lewat sebuah jalan pesugihan putih lewat bantuan seseorang dari gunung kidul dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan aki romo dukun super natural dari gunung kidul membantu saya lewat dana gaib langsung masuk rekening saya 1 milyar

    Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada ki romo atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini dan sya sudah punya kendaraan beroda 4 yaitu hrv

    Dan jika anda ingin bantuan seorang dukun super natural untuk mendapatkan dana gaib yang di jamin sukses silahkan anda hubungi ki romo di nomor telepon 085-218-653-567 terimah kasih atas bantuannya

  6. Sony Laksono berkata:

    Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi pengalaman, Awal mula saya mengikuti pesugihan karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga mencapai 2Milyar lebih, awalnya saya sempat takut dan bertanya-tanya. Setahu saya yang namanya pesugihan itu pasti akan meminta tumbal seperti nyawa dari salah satu anggota keluarga dan melakukan ritual-ritual tertentu dan hal-hal menakutkan lainnya. Dan sempat bingung ketika membaca di website USTAD UJANG BUSTOMI apakah iya pesugihan itu memang ada yang tidak memakan tumbal. tapi selama dua hari saya berpikir akhirnya saya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghoib 3 Milyar dengan tumbal hewan, semua petunjuk saya ikuti dan hanya dua hari. Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Ternyata pesugihan ustad.ujang bustomi berbeda dengan pesugihan yang saya kenal sebelumnya, dan tidak meminta tumbal keluarga, Jika ada teman-teman disini yang sedang kesulitan masalah ekonomi. Saya menyarankan untuk menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI di 085215951837 pasti akan di bantu

  7. Delfina Selpya berkata:

    Terimakasih Yang Sebesar-Besarnya Kpd Mbah RUDUMAN Yg Telah Membantu Sy.
    Syukur Alhamdulillah Atas Bantuan Pesugihan 3Hari dari Mbah RUDUMAN Sekarang Sy Sudah Melunasi Utang-Utang Sy Yg Nilainya 750jt Di Bank BRI Dan Sisanya Buat Beli Ruko Dan Modal Usaha.
    Teman-Teman Yg Dalam Kesulitan Hub MBAH RUDUMAN Di No.08979523567
    Ritual Beliau Aman Tanpa Tumbal Demi Allah Sy Sudah Membuktikannya

  8. blackphanter berkata:

    MAU RITUAL PESUGIHAN YG BNR2 VALID????? SILAHKAN DATANG LANGSUNG KE RMH KAMI

    Sudah saat nya kami ada & mempublikasikan diri untuk menghancurkan semua kuncen palsu atau yg mengaku-ngaku sbg seorang kuncen, sdh saat nya pula saudara ku cerdas menilai semua 95% di internet adalah penipu, termasuk forum2 yg mengatas namakan daftar dukun penipu sebenarnya justru penipu yg menyesatkan, ayo bagi saudaraku yang mau mengikuti ritual pesugihan yg valid & bnr2 nyata hasil nya silahkan mengikuti program ritual pesugihan di rmh kami..TIDAK MELAKUKAN RITUAL JARAK JAUH

    APAPUN ALASAN YG DI PAKAI DUKUN TIPU2 TUK MEMBUJUK ANDA MELAKUKAN RITUAL JARAK JAUH..INGAT RITUAL JARAK JAUH 100% PENIPUAN !!!!

    http://masterpesugihan.blogspot.com

  9. Lily Dea Rahmadani berkata:

    Assalamualaikum wbr,salam sejahtera untuk kalian yang sempat membaca postingan ini,kenalkan saya Wati dari Garut,saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saya,dulu saya keryawan yang digaji 800rb per bulan saya punya dua anak yang masih kecil,suami saya meninggalkan saya saat lahirkan anak kedua saya,keadaan ekonomi membuat saya pinjam sana sini dan tidak terasa hutang saya mencapai ratusan juta di rentenir,saya sempat putus asa dan stres titik terendah saya pada saat anak saya nangis kelaparan dan saya tidak punya uang sepeserpun sempat saya mau mengakhiri hidup saya tapi anak saya membuat saya semangat menghadapi semuanya,dan pada akhirnya saya tampa sengaja dan tidak tau dari mana saya melihat nomor tlpon KY.Semar Sakti dan menghubungi nomor tsb,saya dikasi solusi tapi awalnya saya tidak percaya sampai saya beranikan diri mengikuti saran beliau dan alhamdulillah saya sekarang sudah sukses dan punya toko kecil2lan terima kasih saya ucapkan kepada aki dan kepaa allah swt berkat ini semua saya sukses dan bisa membiayai anak2 saya,ini pegalaman nyata tampa rekayasa demi allah,dan bagi teman2 yang mau seperti saya silahkan hub Aki di nomor 085-2111-741-25 insya allah aman,maaf kalau ada yang tidak suka dengan postingani ini saya mohon maaf saya hanya ingin berbagi,assalamualaikum wrb.

  10. Sarah Aiani berkata:

    Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan.
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha di bidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung hutang ke pelanggan saya totalnya 700jt dan di bank totalnya 800jt, saya stres dan hampir bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, di tengah tagihan hutang yg menumpuk, demi makan sehari-hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, di tengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KYAI.AGENG JAYAPATI hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI.AGENG JAYAPATI, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari, Alhamdulilah, akhirnya 5M yang saya minta benar-benar ada di tangan saya, semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, Maka dari itu setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KYAI AGENG JAYAPATI di 082337811970 Agar di berikan arahan, saya sudah buktikan sendiri hasilnya

CLOSE