Liburan ke berbagai belahan dunia seringkali jadi impian tersendiri buat banyak orang. Berpose di depan monumen-monumen dan tempat-tempat yang jadi ikon dunia seperti sebuah keharusan bagi generasi milenial. Nggak lupa, foto keseruan liburanmu pun kamu unggah ke sosial media sebagai legitimasi bahwa, “aku pernah menjejakkan kaki di sini”. Siapa sih yang nggak mau secara sah dicap jadi traveler yang pernah keliling dunia?

Tapi di beberapa negara destinasi liburan, seringnya orang memilih berkunjung ke tempat mainstream yang kesannya jadi sangat ngebosenin. Nggak jarang traveler yang jauh-jauh berkunjung pun mengeluh, “jadi gini doang?”. Daripada kamu merasakan penyesalan yang sama, mendingan dari sekarang kamu catat tanggal berikut dan berangan-anganlah untuk bisa ke sana suatu saat. Nggak ada salahnya punya rencana luar biasa. Yuk simak uraian soal festival yang worth buat kamu jadikan destinasi liburan serumu!

1. Festival Up Helly-AA di Skotlandia, datanglah ke sini di bulan Januari, acaranya super seru

Festival api terbesar se-Eropa ada di St. Ninian’s Isle, Lerwick via Shetland.org

Advertisement

Orang-orang berkumpul dengan mengenakan kostum Viking dan membakar benda-benda di sekitaran kota kecil bernama Lerwick. Tujuan dari festival ini adalah untuk merayakan berakhirnya musim Yule dengan membakar perahu Viking.

2. Ada festival semi telanjang di Jepang pada bulan Februari, kamu yang masih di bawah umur jangan coba-coba ke sini deh

Percaya deh, kamu nggak ingin liat gambar yang lebih jelas dari ini via traveltriangle.com

Festival ini namanya Hakada Matsuri, parade cowok telanjang di Okayama, Jepang. Festival ini melibatkan sekitar 10 ribu cowok yang hanya memakai cawat dan memperebutkan jimat yang dilempar oleh pemuka agama di sana. Wuih, nggak kebayang deh ributnya berebut satu benda keramat dengan keadaan hampir telanjang begitu, uh!

3. Lupakan soal pakaian bersih dan rapi, coba ke festival Holi Color di India dan bikin hari-harimu berwarna pada bulan Maret mendatang

Jangan sembur aku mbak! via youtube.com

Holi Color di India diadakan pada sekitar bulan Maret. Kamu bebas melempar dan menyemprotkan sebanyak-banyaknya bubuk warna pada peserta lain. Beragam warna seperti pink, kuning, ungu dan hijau menghiasi udara di sekitar festival di adakan. Ini bagus banget buat foto-foto dan menghiasi feed Instagrammu.

4. Bermain api itu boleh, tapi yang diwarnai suasana romantis dong. Festival lentera terapung di Hawai ada di bulan Mei

Mulai dari harapan akan masa depan sampai harapan soal hubungan dituliskan di ribuan lentera ini via www.flickr.com

Advertisement

Lebih dari 40,000 orang berkumpul di tepi laut Hawai untuk menghanyutkan ribuan lentera yang bertulisakan harapan-harapan pada orang tersayang. Festival ini bahkan sering masuk adegan di film-film romantis lho. Kayaknya seru banget kalau kamu datang bersama pasangan ya. Buat yang jomblo, sabar bray!

5. Jangan cuma berkunjung ke Pulau Jeju aja, cobalah ke Boryeong di Korea Selatan pada bulan Juli. Ikutan deh festival lumpur dan hadapi ketakutanmu pada kotoran

Berani kotor itu kan baik! via travelermagazine.net

Datanglah di bulan Juli ke Boryeong, Korea Selatan. Bergabunglah dengan warga lokal untuk menyambut festival berkubang di lumpur ini. Meski kotor, tapi kebersamaan dengan banyak orang akan bikin harimu jadi lebih fun. Sekali seumur hidup nggak apa-apa dong ngotorin badan sepuasnya.

6. Festival kejuaraan menyelam di selokan penuh lumpur di Llanwrtyd Wells, Wales setiap Agustus. Siapa berani ikutan juga nih?

Dibutuhkan keberanian dan mental yang tegar ya guys via 10Best.com

Menyelam di laut sudah biasa, kalau menyelam di lumpur? Inilah yang dilakukan orang-orang ketika festival kejuaraan menyelam di lumpur ini berlangsung. Nggak main-main, peserta datang dari berbagai negara demi memperebutkan gelar juara dan menyelami selokan berlumpur sepanjang lebih dari 100 meter.

7. Berkunjung ke Spanyol? Jangan lewatkan festival tomat atau La Tomatina di jalanan Bunol pada bulan Agustus

Seger banget nih guys! via dogonews.com

Buat merayakan bulan panen, masyarakat Spanyol mengadakan festival saling lempar tomat. Peserta disarankan untuk pakai baju berwarna putih untuk mengikuti festival ini, dan berakhir dengan baju yang jadi merah karena tomat. Meskipun nggak gratis, tapi uang yang kamu keluarkan sebanding dengan keceriaan yang akan kamu dapat.

8. Di bulan September, giliran kamu berkunjung ke Baza, Spanyol, Ada festival Cascamorras dan juga berkotor-kotoran, yay!

Tuang terus, jangan kasih kendor shay! via twitter.com

The Fiesta Cascamorras merupakan festival yang bertujuan untuk melawan “kerasukan” iblis. Warga percaya pada bulan September ada iblis yang berusaha merasuki manusia, sehingga mereka berlomba untuk saling mengotori tubuh yang biasanya dengan cairan hitam, agar iblis mengira mereka bukanlah orang suci. Tapi percaya deh festival ini nggak sengeri filosofinya, tetap dipenuhi keceriaan dan jadi destinasi liburan yang hakiki.

9. Festival kematian di Meksiko. Kalau kamu ingin merasakan sensasi kengerian ini coba datang ke Meksiko di bulan November deh!

Untung festivalnya siang, kalau malam merinding juga boy! via www.firstpost.com

Ratusan orang berkumpul di jalanan dan merayakan “kematian” atas saudara-saudara dan orang tersayang yang sudah pergi mendahului mereka. Banyak di antaranya yang berdandan layaknya mereka yang sudah meninggal sambil mengenangnya bersama keluarga. Duh, gimana kalau arwahnya pada dateng ya?

Sudah menentukan tujuanmu? Nggak ada salahnya mulai nabung dari sekarang buat berkunjung ke festival unik tersebut. Sekali-kali main agak jauh dikit guys biar dapet pengalaman tak terlupakan dan ada yang bisa kamu ceritain ke anak cucu nanti. Catet tanggalnya dan bookmark artikel ini deh, buruan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya