Di Indonesia kian sulit ditemukan tempat wisata yang masih alami dan belum banyak pengunjungnya. Efek Instagram, banyak destinasi wisata yang keren namun segera dipenuhi oleh wisatawan. Di satu sisi bagus untuk peningkatan ekonomi masyarakat dari banyaknya pengunjung wisata di sebuah destinasi. Namun di satu sisi terjadi overtourism yang mengakibatkan kerusakan lingkungan sehingga tidak nyaman untuk didatangi.

Buat kamu yang masih jomblo mungkin suka tempat wisata yang rame ‘kan? Itung-itung bisa nyari jodoh sekalian. Tapi kalau kamu sudah punya pasangan, pasti pengen dong liburan ke tempat yang relatif sepi dan tenang? Males nggak sih kalau terlalu banyak orang datang di suatu tempat?

Advertisement

Nah, kali ini Hipwee Travel bakal kasih referensi 9 destinasi tersembunyi di Indonesia yang cocok kamu datangi bersama pasangan!

Air terjun Waimarang Sumba Timur adalah air terjun yang berwarna biru yang tersembunyi di Pulau Sumba. Keindahannya nggak perlu diragukan lagi!

seger banget sih ya via www.instagram.com

Telaga biru Waimarang berada di pelosok Sumba Timur dan butuh perjuangan ke sana. Namun perjalanan ke sana cukup layak diperjuangkan karena keindahannya yang keren banget. Airnya bening kebiruan dan terasa menyegarkan.

Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan jadi destinasi wisata alam yang menjanjikan petualangan seru. Susuri sungai dan berjumpa dengan Orang Utan pasti sangatlah menyenangkan!

orang utan tanjung puting via twofishtraveling.com

Taman Nasional Tanjung Puting adalah habitat asli Orang Utan di mana populasinya kian menipis akibt deforestasi hutan. Menyibak pedalaman Kalimantan, menyusuri sungai yang membelah hutan dan berjumpa dengan Orang Utan adalah pengalaman yang tak akan terlupakan.

Berkunjung dan menginap semalam di Baduy Dalam seolah membawamu kembali ke alam. Suasana sangat asri dan jauh dari teknologi, bahkan HP dan listrik sekalipun

Advertisement

Letaknya memang tak jauh dari Jakarta, tapi butuh perjuangan ekstra untuk mencapainya. Desa adat Baduy Dalam berada di sebuah lembah di pegunungan yang letaknya di pelosok Banten. Kampung ini masih menganut ajaran leluhur di mana tidak ada listrik, teknologi termasuk HP, hingga ke mana-mana harus berjalan kaki tanpa alas. Berlibur sejenak ke desa ini serasa kembali ke alam yang begitu harmoni.

Kellaba Maja adalah destinasi wisata tersembunyi di pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur. Beberapa tahun belakangan, bukit-bukit berwarna-warni ini mulai dikenal oleh traveler

kellaba maja via www.instagram.com

Kellaba Maja merupakan salah satu tempat wisata yang instagramable banget. Bukit warna-warni yang berada di Pulau Sabu ini termasuk langka di dunia. Lanskap Kellaba Maja ini mirip dengan bukit warna-warni di China. Konon cuma ada dua di dunia. Keren banget ‘kan?

Pulau Kenawa adalah pulau kecil tak jauh dari Sumbawa. Pulau ini cuma terwakili dengan 3 kata, bukit, pantai dan padang savana~

pulau kenawa via www.facebook.com

Cuma berjarak sekitar 20 menit dari Pelabuhan Pototano, Sumbawa, Pulau Kenawa adalah surga tersembunyi yang dikelilingi lautan. Cuma ada bukit yang instagramable, pantai indah dan juga hijaunya padang savana. Kejutkan pasanganmu dengan berkunjung di sini!

Danau Ayamaru Papua Barat menyajikan keindahan danau yang bening seperti kaca. Keindahan sempurna di bumi Papua!

danau ayamaru via www.instagram.com

Danau Ayamaru terletak di Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Danau ini sangat indah dan bening bagaikan kaca. Kapal yang berlayar di atasnya pun terasa seperti melayang. Indah banget ‘kan? Romantis banget kalau didatangin bersama pasangan.

Gurun Pasir Busung di Bintan, Kepulauan Riau bagai surga tropis yang menakjubkan. Coba deh ke sana bareng pasangan tercinta!

gurun pasir busung via indonesia.tripcanvas.co

Aneh tapi nyata, di Indonesia ada gurun pasir mirip Timur Tengah yang bernama Gurun Pasir Busung. Destinasi ini instagramable abis dan bakal memanjakanmu yang doyan foto-foto. Meski lokasinya agak jauh dari Jawa, Bintan tetaplah layak dikunjungi dengan banyaknya wisata yang mengagumkan di sana.

Meski dihantam gempa, namun pesona Lombok tidak luntur begitu saja. Gili Kondo di Lombok Timur tetaplah juara!

Gili Kondo adalah pulau pribadi yang dulu sempat dikelola namun kini tidak lagi. Kamu bisa berkunjung ke sana dengan kapal nelayan, mendirikan tenda lalu bermain di pantai sepuasnya. Terumbu karang nan indah serta pasir pantai selembut merica bakal memanjakanmu dengan pasangan.

Terakhir, Kepulauan Kei adalah definisi surga yang benar-benar nyata di bumi Nusantara!

kepulauan kei via travel.tribunnews.com

Kepulauan Kei di Maluku Tenggara adalah definisi surga yang ada di bumi. Pantai yang indah, pasir putih, dan bawah laut mengagumkan adalah beberapa hal yang dimiliki oleh Kei. Nggak sah sih kalau kamu nggak ngajakin kekasihmu memadu cinta di san. Aih sedap.

Yuk mumpung akhir tahun, segera agendakan liburan ke destinasi-destinasi romantis di atas. Jangan lupa ajak pasangan kamu ya. Kalau masih jomblo, udah di rumah aja. Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya