Jadi Wisata Cantik nan Menarik di Malang, ini Legenda dan Mitos Air Terjun Coban Rondo. Sudah Tahu?

air terjun Coban Rondo

Indonesia adalah negara yang kaya dan terkenal dengan destinasi wisata alam yang memukau. Jangan bicara Sabang sampai Merauke, di pulau Jawa saja nggak terhitung destinasi wisata indah yang ditawarkan negeri kita tercinta.

Advertisement

Nggak hanya keindahan alamnya, yang membuat destinasi wisata di Indonesia menarik adalah kisah dan legenda yang ada di baliknya. Salah satu tempat yang terkenal dengan mitosnya adalah air terjun Coban Rondo yang terletak di kota Malang. Buat kamu yang penasaran dengan mitos dan legenda yang ada di air terjun Coban Rondo, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Air Terjun Coban Rondo adalah destinasi wisata alternatif yang terletak di Kecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Air terjun Coban Rondo via id.wikipedia.org

Air terjun Coban Rondo merupakan air terjun yang terletak di Kecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air terjun ini termasuk destinasi wisata yang mudah diakses oleh wisatawan. Air terjun yang kental dengan mitos ini masuk sebagai sebagai objek wisata beserta tempat-tempat wisata lain di kota Malang. Antara lain Jatim Park, Batu Secret Zoo, Agrowisata Apel, Taman Bunga Selecta dan Gunung Bromo.

Mitos menyebut bahwa pasangan yang pergi ke air terjun bisa putus karena legenda yang ada di air terjun ini. Terlepas dari itu air terjun Coban Rondo merupakan destinasi indah sekaligus habitat alami bagi beberapa jenis hewan

Air terjun via www.hargatiket.net

Selain indah dan asri, air terjun Coban Rondo juga kental dengan mitos. Nama Coban Rondo dalam bahasa Jawa berarti air terjun janda. Penamaan air terjun ini ternyata sesuai dengan legenda dan mitos yang ada di sana. Konon katanya air terjun ini bisa membawa kesialan bagi para pasangan yang datang ke sana. Hal ini berkaitan dengan legenda Dewi Anjarwati yang menjadi janda di air terjun tersebut. Meski begitu, pemandangan alamnya benar-benar bagus lho~

Advertisement

Begini nih legenda dari Dewi Anjarwati asal mula nama Coban Rondo ini

Legenda Dewi Anjarwati dan Baron Kusuma via rubrikwisata.com

Ada kisah sedih di balik penamaan air Terjun Coban Rondo. Dikisahkan nama ini diambil dari seorang putri bernama Dewi Anjarwati. Legenda menyebut bahwa Dewi Anjarwati dipersunting oleh seorang pangeran dari Gunung Anjasmoro. Setelah 35 hari menikah, Baron Kusuma hendak membawa Dewi Anjarwati menuju tempat tinggalnya.

Namun di tengah perjalanan mereka bertemu dengan seorang pemuda bernama Joko Lelono yang jatuh cinta pada Dewi Anjarwati pada pandangan pertamanya. Joko Lelono kemudian berniat merebut Dewi Anjarwati dari Baron Kusuma. Baron nggak menerima hal tersebut kemudian mengungsikan Dewi Anjarwati ke balik air terjun tersembunyi.

Advertisement

Setelah itu Baron dan Joko bertarung untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Pertarungan dua orang yang sama-sama sakti tersebut berlangsung sengit hingga keduanya sama-sama tewas. Mendengar kabar tersebut, Dewi Anjarwati sedih. Ia terpuruk dan menjadi janda. Dewi Anjarwati kemudian memutuskan untuk nggak meninggalkan air terjun tersebut sampai akhir hayatnya.

Nah itu dia mitos dan legenda yang ada di air terjun Coban Rondo. Semua dikembalikan pada kalian untuk percaya atau tidak pada cerita ini.

Simple-Work-Blog-Banner
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE