Jika ditanya tempat wisata manakah yang paling hits di Indonesia tahun ini, jawabannya bisa beragam. Namun dari ragamnya jawaban, akan ada nama Sumba tersebut di sana. Bisa dibilang Sumba hits banget di Instagram selama tahun 2018. Kini sudah banyak wisatawan domestik yang liburan ke sana. Nama Sumba pun perlahan terangkat dan bisa bersaing dengan destinasi lainnya di Indonesia.

Nah, bicara soal wisata Sumba, bosen ‘kan kalau kita cuma bahas bukit-bukit savana melulu. Kali ini Hipwee Travel mau ‘move on‘ cerita tentang Sumba yang kering dan gersang. Kita bakal bahas air terjun Waimarang, surga tersembunyi di Sumba Timur yang seger dan bikin kamu segera nyemplung ke sana. Hehehe.

Air terjun Waimarang adalah surga tersembunyi di Sumba Timur. Lokasinya memang tersembunyi dan sulit dijangkau

seger banget sih ya via www.instagram.com

Advertisement

Siapa yang tahu air terjun ini 3 tahun yang lalu? Barangkali hanya Erikson dan keluarganya. Siapa itu Erikson? Dia adalah anak kecil si penemu air terjun Waimarang. Saat itu tahun 2015, ia, kakaK dan omnya sedang berburu babi di perbukitan. Babi nggak dapat, mereka malah menemukan air terjun tersembunyi yang indah seperti ini. Bapaknya kemudian membuka jalur menuju ke sana. Sementara omnya mengunggah air terjun ini ke media sosial. Jika ada wisatawan datang, Erik atau ayahnya yang biasa memandu ke sana. Dari parkiran mobil, sekilas tidak ada tanda-tanda kalau ada air terjun seindah ini tak jauh dari sana. Memang lokasinya cukup tersembunyi dan bikin ngos-ngosan karena treknya naik turun, curam lagi.

Keunggulan air terjun ini adalah di warna airnya yang bening banget dan warnanya biru tosca. Air terjun ini juga dikelilingi tebing kapur yang melingkar

View this post on Instagram

Hidden Paradise Air terjun biasanya arusnya deras dengan tebing yang tinggi. Setidaknya begitulah gambaran air terjun di Jawa. Tapi air terjun satu ini sangat berbeda. Air terjunnya kecil, debit airnya tidak banyak. Namun istimewanya warna airnya biru tosca memanjakan mata. Air itu seperti ditampung di mangkok bulat yang dikelilingi tebing kapur yang tinggi. Seolah tebing itu jadi benteng untuk melindungi air terjun ini. Airnya seger banget, enak dilihat lama-lama, dan juga kedalamannya 8 meter jadi kamu harus bisa berenang ya kalau ke sana. Lompat dari atas juga seru lho. Setidaknya anak anak Sumba melakukannya dengan penuh keceriaan. Satu hal yang jadi kekurangannya adalah aksesnya. Butuh berkendara selama 2 jam dari kota Waingapu dan trekking selama setengah jam untuk sampai ke sana. Nama air terjun ini adalah air terjun Waimarang. Surga tersembunyi di Sumba Timur. In frame : @axelchristine #sumba #sumbatimur #exploresumba #sumbaisland #beautifuldestinations #livefolkindonesia #vscocam #opentripsumba #indonesiantraveler

A post shared by Sociotraveler Indonesia (@sociotraveler) on

Sesampainya di sana, kamu akan menemukan air terjun yang terlindungi oleh tebing. Tebing kapur melingkar penuh, hanya menyisakan sedikit untuk aliran air masuk ke ‘kolam’ dan terbuka di bagian ujung yang sebaliknya. Dari situlah pengunjung bisa masuk. Untuk ‘kolam’ yang menampung air terjun ini, kedalamannya 8 meter. Buat kamu yang takut karena terlalu dalam, alirannya membentuk sebuah kolam kecil dengan kedalaman hanya 1,5-2 meter. Mungkin kamu cocok di sana. Tapi kalau untuk berenang lebih seru di tempat yang dalam. Banyak anak dan turis yang lompat dari tebing menuju ke kolam yang dalam.

Bagaimana cara ke sana? Kamu perlu sewa mobil atau ikutan trip sumba yang biasa diadakan oleh Tour Organizer

asik banget via www.instagram.com

Advertisement

Untuk menuju ke sana, kamu cukup sewa mobil dari Waingapu. Sewa mobil per harinya 800-900 ribu. Butuh 2 jam perjalanan ke air terjun Waimarang. Kamu tinggal percayakan pada supirnya, nggak perlu mencari lokasinya sendiri karena susah. Daerah itu juga sepi banget, nggak banyak perkampungan. Untuk masuk ke sana tidak dikenakan tiket, cuma bayar parkir mobil aja sekitar 10-20 ribu. Selain itu kamu akan ditemani pemandu yang tarifnya cukup seikhlasnya saja. Bayar 50 ribu sudah cukup sih.

Buat kamu yang nggak mau ribet, ikut open trip sudah beres. Harga trip untuk 4-5 hari berkisar antara 2-3 jutaan. Tapi pastikan kalau mereka menyediakan trip ke air terjun Waimarang ya. Soalnya lokasinya jauh, kebanyakan lebih milih air terjun Tanggedu yang lebih dekat.

Nah, kalau tahun ini belum sempat ke Sumba, semoga tahun depan kesampaian ya liburan ke Sumba. Khususnya ke air terjun Waimarang yang keren banget ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya