Asal-usul Croffle, Kudapan yang Terbuat 2 Adonan Pastri yang Lagi Naik Daun!

Asal-usul Croffle

Setelah minuman dalgona, kini terbitlah kudapan yang dinamai croffle. Pada awal pandemi setahun lalu, dalgona menjadi tren minuman yang digemari. Banyak orang terutama anak muda membuat es kopi dengan kocokan krim susu di atasnya ini. Lalu memamerkan dalgona buatan mereka di media sosial. Namun, tren dalgona tak berumur panjang dan redup pelan-pelan. Di paruh kedua pandemi, muncul croffle sebagai tren kuliner baru.

Advertisement

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak orang harus tinggal di rumah. Untuk mengisi waktu luang dan mengusir rasa bosan, mereka biasanya menjajal resep-resep makanan atau minumam baru, salah satunya croffle. Camilan yang termasuk ke dalam kategori pastri ini viral di media sosial beberapa waktu belakangan. Nah, sebenarnya dari mana asal croffle sampai jadi kuliner populer di tahun 2021 ini? Simak ulasannya, yuk!

Gara-gara artis Korea Selatan, banyak orang di Indonesia mulai membuat Croffle sendiri

Croffle makin populer gara-gara arti Korea | Yoppy on Flickr

Croffle sebenarnya nggak asing lagi di dunia kuliner. Namun, camilan khas Barat ini baru populer, terutama di Indonesia, setelah artis Kang Min-kyung mengunggahnya di kanal YouTube pribadinya. Dalam episode “My Lovely Kitchen”, artis asal Korea Selatan itu menunjukkan isi dapurnya dan mengungkapkan kalau croffle adalah camilan favoritnya selama ini. Tak lama kemudian, croffle menjadi kuliner paling dicari di Negara Gingseng tersebut. Bahkan banyak orang mulai membuatnya sendiri demi merasakan cita rasa pastri yang renyah sekaligus lembut.

Tren croffle ternyata juga menjangkiti orang Indonesia, khususnya para pecinta budaya pop Korea Selatan. Gara-gara unggahan Kang Min-kyung, tak sedikit orang yang memasak croffle dan membagikan hasil buatannya di media sosial. Uniknya, tren ini tak hanya diikuti oleh orang dari kalangan biasa. Penyanyi tenar asal Korea Selatan, Baekhyun EXO, pun nggak mau ketinggalan.

Advertisement

Croffle terbuat dari dua adonan. Pertama kali dibuat oleh koki dari Dublin, Irlandia

Asal-usul croffle | Juno Kwon on Pixabay

Dipopulerkan oleh artis Korea Selatan, bukan berarti croffle berasal dari Asia. Kuliner ini justru identik sekali dengan kuliner Eropa. Biasanya orang Eropa menyantap croffle sebagai sarapan. Agar makin enak, croffle bisa dinikmati dengan beragam topping seperti cokelat, keju, alpukat, buah, atau olahan daging. Croffle sangat cocok disantap dengan susu atau kopi hangat.

Rahasia di balik tekstur croffle yang renyah digigit dan lembut di dalamnya, berada di tangan Louise Lennox. Koki asal Dublin, Irlandia, ini memiliki ide brilian dengan mengabungkan adonan croissant dan waffle. Berkat idenya, adonan croissant  yang harus diberi ragi sebelum dipanggang tersebut berpadu apik dengan adonan waffle yang cair. Karena berbahan dasar dua adonan itu, nama croffle pun diambil dari kata ‘croissant’ dan ‘waffle’. Setelah itu, Louise Lennox punya kesempatan untuk mengembangkan kuliner kreasinya dari Cuisione de France.

Croffle pertama kali dijual di sebuah kafe bernama Le Petite Boulangerie

Advertisement

Croffle dijual pertama kali tahun 2017 lalu | Pxhere on Pxhere

Setelah mengembangkan resepnya, croffle buatan Louise Lennox dijual pertama kali di tahun 2017. Camilan ini diual di kafe milik Cuisine de France di pusat kota Dublin, bernama La Petite Boulangerie. Sejak saat itu, Louise terus menciptakan varian baru croffle. Bukan cuma rasa manis, ia berhasil membuat croffle dengan rasa gurih yang disiram bumbu saus ayam. Bahkan varian croffle yang manis pun semakin beragam. Mulai dari croffle dengan isian tomat manis, remah gremolata, sampai hazelnut panggang.

Saat jalan-jalan ke Eropa, terutama di Irlandia, jangan lupa mencicip croffle, ya. Jika memungkinkan, mampir aja ke kafe La Petite Boulangerie, tempat croffle pertama kali dijual. Croffle memang bisa dibuat sendiri di rumah, asalkan kualitas bahan bakunya tetap terjaga. Kalau tak mau repot, croffle sudah bisa didapatkan di sejumlah kafe di Indonesia. Namun, kuliner apa pun pasti terasa berbeda bila dimakan di tempat asalnya. SoHip bakal merasakan cita rasa croffle yang asli dan bisa jadi lebih lezat ketimbang buatan sendiri.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE