Ingin liburan ke luar negeri tapi budget kamu nggak terlalu mencukupi alias ngepas? Tenang, ada banyak negara yang memberikan berbagai macam fasilitas secara gratis untuk wisatawan kok! Dari mulai tiket masuk tempat wisata yang cuma-cuma sampai gratis makan dan minum juga ada. Hipwee Travel akan mengulas 7  negara di antaranya, negara-negara ini jadi favorit turis asal Indonesia. Semoga ke depan kamu bisa nyusul mereka juga untuk pergi ke sana.

1. Ingin dapat buku, minum teh, makan, sampai nonton film gratis? Tetangga kita Malaysia siap menyajikannya dengan manis

Petronas Twin Tower via foundtheworld.com

Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi tanpa ada tiket masuknya di Malaysia. Nggak cuma di Kuala Lumpur tapi juga di Putrajaya, Penang, Johor, dan kota terkenal lainnya. Kamu bisa mengunjungi taman, museum, tempat ibadah, dan wisata alam secara gratis. Contoh yang paling favorit adalah KLCC Park dengan pemandangan Petronas Twin Tower dan sunset yang indah.

Jangan lewatkan juga tour perjalanan gratis dari Visit KL ke Dataran Merdeka dan Kampong Bharu (desa di tengah metropolis). Nikmati pula bus gratis dengan wifi di KL yang berhenti di 60 pemberhentian. Makan dan minum gratis pun bisa kamu dapatkan misalnya cocktail gratis tiap rabu malam di Bangsar, mencicip makanan di Open Rice, dan mencicip teh di Chinatown.

Kamu yang suka baca jangan lupa bawa buku bekas untuk ditukarkan dengan buku gratis di Subang Jaya. Malamnya ditutup dengan nonton movie night gratis di Golden Screen Cinemas, Tanjong Golden Village , dan teater lainnya. Pulangnya bawa bibit pohon gratis dari Free Tree Society. Manis kan?

2. Di Belanda kamu bisa naik kapal feri dan nonton konser musik klasik atau jazz  tanpa bayar apa-apa, ini mah surga!

Advertisement

Amsterdam Centraal Station via iamsterdam.com

Pelayanan kapal feri gratis ini bisa kamu dapatkan di kota sebesar Amsterdam lho guys! Datang saja ke Amsterdam Centraal dan bersiap untuk eksplorasi keindahan Amsterdam menyusuri sungai IJ (baca: eye). Untuk kamu para pecinta musik terutama musik klasik dan jazz, Belanda adalah surga. Kunjungi Concertgebouw di Museum Square tiap rabu dari pertengahan September sampai Juni. Atau datang ke Muziektheater tiap selasa dari mulai September sampai Mei. FYI, konsernya ini free lunch concert lho, makin seru ‘kan? Yang nggak musiman juga ada kok, tiap selasa sore nikmati alunan jazz yang sudah dikenal dunia di Bimhuis atau cukup nikmati Music Boat, Reinier Sijpkens.

Untuk destinasi wisata gratis, banyak banget nggak usah khawatir! Sebut saja Begijnhof, Vondelpark, Bridge of 15 Bridges, Haarlemmerstraat & Haarlemmerdijk, EYE filmuseum dan masih banyak yang lainnya. Gratis semua!

3. Banyak banget yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Jepang, dari barang sesepele tisu sampai internet gratis yang sinyalnya gampang

Festival di Jepan via destination360.com

Di Jepang, khususnya Tokyo kamu nggak perlu beli tisu karena diberikan secara gratis di jalan-jalan tiap hari. Nggak cuma itu, kamu juga bisa dapat majalan Metropolis gratis yang bisa diambil dari toko buku English di sekitar Tokyo. Ingin makan dan minum gratis? Ada juga! Nikmati sampel gratis makanan di basement food hall yang ada di department stores, sushi dan sashimi gratis  di pasar ikan Tsukiji, dan isi ulang kopi di Wendi, Ginza.

Buat kamu yang pengen upload foto saat traveling di Jepang, semuanya bakal lancar karena banyak sekali spot wifi gratis di sana. Sinyalnya kuat dan bisa dipercaya kok, nggak abal-abal! Destinasi wisata dan berbagai festival gratis juga nggak kalah banyaknya, tinggal pintar-pintar nyari aja.

4. Mau belajar bahasa dan budaya Korea gratis? Berkunjunglah ke Seoul dan nikmati berbagai macam gratisan lainnya di kota ini

Di Seoul banyak sekali relawan yang menyediakan layanan belajar bahasa dan juga budaya Korea gratis untuk para wisatawan maupun orang yang baru saja pindah ke Korea. Layanan gratis juga diberikan untuk kamu yang butuh informasi apapun mengenai pariwisata di Korea melalui telepon, cukup tekan 1330 saja. Kamu juga bisa ikut tour dengan guide yang disediakan gratis untuk mengelilingi kota Seoul.

Belum cukup gratisannya? Seoul juga menyediakan layanan telepon umum yang bisa kamu pakai secara gratis di di setiap stasiun kereta. Ada bis shuttle gratis juga kalau kamu ingin pergi ke Jeounju dari Seoul untuk berwisata kuliner. Tempat penjemputannya ada di Gwanghwamun. Yuk ke Korea!

5. Kalau liburanmu ke Thailand, nggak kalah banyak juga yang gratisan. Misalnya untuk kelas meditasi atau aerobik yang membuatmu nyaman

Thailand via bongee.weebly.com

Di sore hari di dekat kerajaan dan Wat Po atau tepatnya di seberang taman Saranrom kamu bisa menjumpai kelas aerobik untuk umum. Yang ikutan banyak banget dari mulai warga asli hingga turis-turis asing. Kalau ingin meditasi gratis, pergilah  ke Wat Mahathat. Setiap harinya para biksu akan mengajarkan meditasi secara gratis disini. Nikmati juga live music di jalan Khao San, keren banget!

Berbagai macam atraksi, kesenian, dan tempat wisata juga bisa kamu kunjungi secara gratis di Thailand terutama di Bangkok. Jangan sampai kamu melewatkan Lumhini Park, Wat Saket, Wat Arun, Siam Paragon, Chatuchak, Patpong dan lainnya, gratis juga kok!

6. Gratisan yang bisa kamu dapatkan di Singapura ada banyak sekali, semua itu bahkan bisa kamu dapatkan sejak tiba di bandara Changi

Changi airport via todayonline.com

Di bandara Changi kamu dapat berjalan-jalan di kebun kupu-kupu, mendapatkan wi-fi, menonton TV, memakai kursi pijat, dan mem-booking tour kota yang semuanya gratis. Kamu yang suka kulineran bisa berkunjung ke Baba House untuk mendapatkan menu khas Peranakan secara gratis pada jam-jam tertentu. Jangan lupa juga untuk paling tidak menikmati salah satu dari sekian banyak festival yang di gelar di Singapura.

Para pecinta seni akan sangat dimanjakan di Singapura karena ada banyak sekali pertunjukkan atau tour seni gratis. Begitu pula dengan pertunjukan musik, misalnya di Singapore Symphony Orchestra, tempat dimana kamu bisa menikmati musik klasik secara cuma-cuma.

7. Meski digadang-gadang sebagai kota termahal di dunia, Hong Kong ternyata masih banyak obyek wisata yang gratis tiket masuknya

A symphony of lights Hong Kong via grayline.com

Yang paling favorit dari Hong Kong adalah A Symphony of Lights, sebuah pertunjukan suara dan cahaya permanen yang terbesar di dunia dan sudah tercatat di Guiness Book of World Records. Kamu bisa menikmatinya setiap jam 8 malam dari berbagai sudut kota Hong Kong, tapi paling bagus sih dari Avenue of Stars. Di sana kamu bisa menikmati pertunjukkan itu dengan diiringi musik dan narasi.

Hal-hal gratis lain yang bisa kamu dapatkan adalah kelas feng shui dan tai chi gratis dalam program Cultural Kaleidoscope yang ditawarkan oleh Hong Kong Tourism Board. Kunjungi juga museum dan taman-taman yang hampir semuanya gratis di Hong Kong.

FYI, di Indonesia juga banyak lho tempat wisata gratisan lengkap dengan berbagai macam fasilitasnya. Misalnya bus gratis yang bisa kamu temui di Jakarta untuk keperluan tour keliling kota. Di kota-kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti Bali, Jogja, Bandung dan Jakarta banyak pula tempat wisata yang bisa kamu kunjungi secara cuma-cuma. Udah pernah nyoba? Atau pengennya ke luar negeri aja?