5 Ayam Geprek Nggak Biasa yang Bisa Kamu Coba di Jogja. Nggak Cuma Ayam Dipakein Sambal Doang!

Ayam geprek Jogja

Belakangan, ada ungkapan “belum ke Jogja namanya kalau belum nyobain ayam gepreknya,” Bukan lagi cuma gudeg atau bakpia, Yogyakarta juga tersohor dengan kuliner kekinian seperti ayam geprek. Kota pelajar ini bisa dibilang jadi pelopor olahan ayam sekarang populer di seluruh Indonesia. Selain jadi pelopor olahan ayam geprek yang akhirnya ditiru di banyak kota, ternyata Yogyakarta juga jadi tempat untuk mencicipi olahan geprek yang unik dan jarang ditemui di tempat lain.

Advertisement

Kalau biasanya ayam geprek disajikan hanya dengan sambal cabai yang pedasnya bisa disesuaikan, berbeda dengan 5 ayam geprek yang sudah Hipwee Travel rangkum di bawah ini. Tidak hanya bersama sambal cabai yang merah merona, 5 ayam geprek dibawah ini ditemani hidangan pelengkap yang kamu pasti nggak kepikiran.

1. Makan ayam geprek yang disiram saus keju cair? Sensasinya bisa kamu dapatkan di warung Preksu

Ayam geprek topping keju parut dan cair (instagram: preksu) via www.instagram.com

Daya tarik dari olahan geprek ini adalah pada saus keju dan taburan keju parut yang bercampur dengan sambal. Pedasnya sambal cabai dinetralisir dengan gurih dan creamy dari keju. Kamu bisa memilih mau pakai saus keju cair atau taburan keju parut, keduanya memberikan sensasi yang berbeda.

Di warung geprek ini kamu juga bisa memesan susu segar aneka rasa untuk meredam rasa pedas di lidahmu. Warung Preksu mudah ditemukan di Yogyakarta karena sudah membuka beberapa cabang.

Advertisement

Alamat:

  1. Preksu Colombo – Jl. Samirono Baru No. 1C, Colombo UNY
  2. Preksu Deresan Jl. Tapak Dara Caturtunggal Deresan UGM (Selatan Masjid Nurul Asri)
  3. Preksu Pandega Jl. Pandega Martha No. 181
  4. Preksu Condongcatur Jl. Rambutan Condongcatur (Utara UII Ekonomi)
  5. Preksu Seturan Jl. Seturan Raya (Utara STIE YKPN)
Advertisement

Jam buka: Senin-Kamis (10.00-21.00) Jum’at (13.00-21.30) Sabtu-Minggu(10.00-21.30)

Harga: Rp14.000 (nasi, ayam, dan keju)

2. Kubis goreng yang berminyak tapi gurih adalah salah satu daya pikat ayam geprek di Penyetan Mas Kobis ini

Geprek kobis goreng Mas Kobis (instagram: penyetanmaskobis) via www.instagram.com

Kalau olahan ayam geprek yang ini merupakan makanan kecintaan mahasiswa di Yogyakarta. Ayam geprek di warung ini digoreng tanpa dilumuri tepung terlebih dahulu. Namun, bukan itu yang membuatnya banyak dicari. Kubis atau kol gorengnya yang gurih meski penuh minyak inilah yang menjadi daya tarik.

Sensasi makan ayam geprek bersama dengan kubis goreng bercampur dengan sambal, itu nggak ada duanya — nikmatnya paripurna. Hingga saat ini Penyetan Mas Kobis sudah memiliki 40 cabang di Yogyakarta, lho.

Alamat: Pusat di Jl. Flamboyan, Depok

Jam buka: 11.00-22.15

Harga: Rp16.000 (nasi, ayam, kubis)

3. Spesialnya ayam geprek ini adalah kuah tongsengnya yang pekat. Apa?! Makan ayam geprek pakai kuah tongseng? Percaya deh, nikmat banget!

Ayam geprek kuah tongseng Bu Made via www.instagram.com

Kalau biasanya ayam geprek disantap kering tanpa kuah, berbeda dengan ayam geprek di Warung Bu Made. Kuah tongseng pekat disajikan bersama ayam geprek pedas membuat sajian ini menjadi spesial. Karena keunikan penyajiannya itu membuat Ayam Geprek Bu Made selalu ramai. Penasaran kan bagaimana ayam geprek disantap dengan kuah tongseng?

Alamat: Jl. Wulung No.26, Papringan

Jam buka: 08.00-20.00

Harga: Mulai dari Rp10.000

4. Ayam geprek yang ini berbeda karena sambalnya pakai taoge. Teksturnya itu lho, krenyes!

Ayam geprek sambal taoge Nyonya Mihcin (instagram: ayamgeprek.sambeltauge) via www.instagram.com

Rasa sambalnya yang dicampur dengan taoge memang nggak biasa, jadi lebih segar dan krenyes saat dikunyah. Nggak heran warung ayam geprek yang satu ini selalu ramai, dengan membayar 12 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menyantap ayam geprek bersama sambal taugenya yang segar itu. Kalau kamu tidak terlalu kuat pedas, ayam geprek ini patut dicoba.

Alamat: Jln Ipda Tut Harsono No.48, Umbulharjo

Jam buka: 09.00-22.00

Harga: Rp12.000 (nasi, ayam, dan sambal taoge)

5. Penasaran nggak sih sama ayam geprek yang pakai sambal kacang mete, coba deh di Ayam Geprek Pak Gembus. Gurih!

Ayam gepuk Pak Gembus (instagram: ayamgepukpakgembus_cabjogja) via www.instagram.com

Biasanya kacang mete hanya dijadikan camilan karena harganya yang lumayan mahal bagi sebagian orang. Tapi di warung Ayam Gepuk Pak Gembus kamu bisa merasakan makan ayam geprek dengan sambal kacang mete. Rasanya jadi lebih gurih, lho! Kapan lagi kan makan ayam dengan kacang mete. Cuma seharga 15 ribu rupiah!

Alamat:

  1. Jl. Stm.Mrican No.1-5, Santren, Caturtunggal
  2. Gg. Mangga, Sorosutan, Umbulharjo
  3. Jl. A.M. Sangaji No.90, Karangwaru
  4. Modinan, Banyuraden, Gamping
  5. Jl. Nasional 14, Gamping Kidul, Ambarketawang, Gamping

Jam buka: 11.00-21.00

Harga: Rp16.000 (nasi, ayam, sambal dan lalapan)

Dari 5 olahan ayam geprek yang udah Hipwee Travel rangkum di atas, mana yang paling bikin kalian penasaran? Jangan lupa ceritain lewat kolom komentar, ya, gimana rasanya. Selamat mencoba!

Simple-Work-Blog-Banner
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE