Hadirnya bandara baru Yogyakarta International Airport jadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Bandara yang dibangun di Kulonprogo ini jauh lebih besar dan modern ketimbang bandara lama di Adisucipto. Meskipun senang ada bandara baru, namun banyak warga Jogja yang gelisah karena lokasinya sangat jauh.

Jarak bandara baru YIA dengan kota Jogja sekitar 40 km atau harus ditempuh dalam 1 jam perjalanan. Buat yang suka mepet berangkat ke bandara Adisucipto pasti nggak bisa lagi lakuin hal itu di bandara YIA. Setidaknya butuh waktu 2,5 sampai 3 jam sebelum keberangkatan biar nggak ketinggalan pesawat. Fiuh lumayan juga waktunya ya.

Advertisement

Buat kamu yang masih bingung naik apa ke bandara YIA, nih ada berbagai moda transportasi yang bisa kamu coba!

Meskipun agak jauh dari kota, namun lokasi bandara yang baru ini lebih dekat dengan kabupaten lain misal Kulonprogo, Purworejo dan Kebumen

penerbangan perdana di YIA via rmco.id

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sudah beroperasi sejak 6 Mei. Hal ini ditandai dengan mendaratnya pesawat Citilink Jakarta ke YIA. Lokasi bandara baru yang jauh dari pusat kota jadi PR tersendiri bagi warga Jogja. Bandara yang berada di tepi laut Kulonprogo ini teramat jauh dari pusat kota dan juga Sleman. Meski begitu, bandara ini bikin penumpang dari Bantul, Kulonprogo, Purworejo, Kebumen, bahkan Purwokerto jadi lebih dekat. Untuk mengakomodasi penumpang di kota-kota, Angkasa Pura telah menyiapkan berbagai moda transportasi untuk menuju ke bandara YIA dan sebaliknya.

Ada beberapa moda transportasi yang bisa kamu gunakan menuju bandara YIA. Mulai bus DAMRI sampai kereta bandara

pilihan transportasi via ekonomi.bisnis.com

Jika kamu berangkat dari Jogja ada 3 moda yang bisa kamu gunakan, di antaranya :

Advertisement
  1. Bus DAMRI, berangkat dari Pool DAMRI Yogyakarta menuju bandara YIA dan sebaliknya. Tersedia 12 armada untuk melayani penumpang. Jarak tempuh 90 menit. Bus DAMRI masih gratis sampai 12 Mei. Harga normal 40 ribu dari Jogja.
  2. Satelqu, sejenis mobil shuttle dari Yogyakarta menuju YIA dan sebaliknya. Tersedia 10 armada. Jarak tempuh sama dengan DAMRI, 90 menit.
  3. Kereta api bandara, start dari stasiun Maguwo sampai stasiun Wojo yang terletak di Purworejo. Nah, dari stasiun Wojo naik shuttle bus ke bandara YIA. Waktu tempuh 60 menit. Tarif promo 15 ribu rupiah sampai 9 Mei. Setelah itu normal 30 ribu rupiah.
  4. Taksi, jika kamu berangkat sekeluarga mending pesen taksi aja deh. Mungkin harganya lebih mahal, tapi kalau ramean lumayan juga. Atau pesen taksi online juga. Range harga 100-200 ribu. Perjalanan 1,5 jam.
Tidak cuma dari dan ke Jogja, transportasi bandara disediakan pula ke kota-kota sekitarnya, mulai dari Magelang, Purworejo, hingga Kebumen

kereta bandara YIA via ekonomi.bisnis.com

Bus DAMRI yang melayani penumpang dari YIA nggak cuma punya tujuan ke Jogja aja lho. Ada pula DAMRI yang khusus punya trayek ke Magelang, Borobudur, Purworejo dan juga Kebumen. Tarif normal untuk masing-masing rute di antaranya menuju dan dari Stasiun Wojo Rp10.000, Magelang Rp50.000, Borobudur Rp75.000, Purworejo Rp20.000, Kebumen Rp50.000, dan Yogyakarta Rp40.000.

Buat yang di Kebumen juga bisa naik kereta bandara dan turun di stasiun Wojo. Nantinya disambung bus shuttle DAMRI yang cuma butuh waktu 10 menit untuk sampai di bandara YIA.

Mungkin sekarang kamu nggak terlalu butuh info ini karena penerbangan ke YIA masih sedikit. Kelak ketika beroperasi penuh nantinya, ya mau nggak mau bakal nyari info transportasi ke bandara YIA. Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya