Sering Keliru, Ini Lo Bedanya Vacation dan Staycation. Mana yang Paling Pas Buat Liburanmu?

Beda Vacation dan Staycation

Liburan memang menjadi pilihan banyak orang untuk mengurangi rasa penat dari rutinitas yang itu-itu saja. Beragam cara bisa kita lakukan untuk menghabiskan waktu luang supaya lebih bermakna dan nggak berakhir dengan sia-sia. Sekarang ini mungkin kamu sudah nggak asing ya, dengan kata vacation dan staycation. Sama-sama dijadikan cara untuk liburan tetapi sebenarnya ada perbedaannya, lo.

Advertisement

Jangan sampai saat kamu ditanya oleh kerabat bilangnya vacation padahal lebih banyak digunakan di hotel dan berlangsung dalam waktu yang sebentar. Vacation sendiri itu berarti ‘liburan’, namun liburan yang dimaksud ketika mengunjungi tempat baru dalam waktu yang cukup lama sehingga persiapannya pun jauh lebih besar.

Sedangkan, staycation singkatnya berlibur ke hotel tanpa harus kemana-mana atau jalan-jalan dekat area penginapan saja. Waktu yang digunakan juga relatif sebentar karena tujuan utama hanya untuk mengurangi rasa lelah dan kebosanan. Setelah kamu tahu perbedaanya, berikut ini kelebihan dan kekuarangan yang bisa kamu intip sebelum putuskan vacation atau staycation. Yuk, simak!

Vacation harus siap dengan persiapan yang cukup besar, berlibur pun jauh lebih puas. Sedangkan, staycation mudah direncanakan dan jadwal lebih fleksibel

pilihan vacation I Credit: Simon Berger via unsplash.com

Vacation itu kamu mengunjungi tempat baru dan berlangsung lama, akibatnya persiapan juga harus matang. Misalnya dari urusan tiket transportasi, paspor atau yang paling jauh visa dan  jika diperlukan sampai sewa tour guide dan jasa fotografer. Sebab waktu yang dihabiskan lebih banyak, kamu pun lebih puas mengeksplorasi tempat wisata tujuan dan pastinya buat pikiran tambah bahagia.

Advertisement

Staycation cocok untuk kamu yang punya aktivitas tinggi dan nggak bisa meninggalkan pekerjaan dalam waktu yang lama. Staycation tak perlu jauh-jauh, misal di daerah kota kamu ada hotel atau penginapan yang menarik bisa langsung dicoba, lo. Selain lebih murah karena tak perlu bayar makanan di luar, kamu pun bisa tenang menikmati fasilitas hotel seperti spa, kolam renang pemandangan dari atas gedung hingga tak banyak barang bawaan.

Staycation biasanya hanya ingin ‘mengobati’ kelelahan, sedangkan vacation mencari suasana baru yang belum didapat di liburan sebelumnya

vacation memori lebih banyak I Credit: Tron Le via unsplash.com

Vacation membuat banyak pengalaman dan momen berharga. Bisa mengunjungi sederet tempat wisata tanpa diburu-burui oleh waktu. Kamu pun bisa mengambil gambar dengan banyak objek yang tentunya buat pengalaman liburan semakin berkesan. Selain itu, bukan nggak mungkin lo, bisa ketemu orang baru dan mempelajari kebiasaan yang dilakukan masyarakat tempat kamu berlibur.

Staycation beda lagi, biasanya kamu akan merasa tubuh jauh lebih fresh untuk mengawali hari baru di pekerjaan. Sebab sudah ‘diobati’ walau jangka waktunya cuma sebentar. Tenaga yang dikeluarkan pun sedikit, kamu nggak perlu lelah tentukan transportasi atau hunting tempat menarik karena sudah disediakan oleh tempat penginapan.

Advertisement

Dari segi biaya juga berbeda, staycation lebih murah namun memori yang dihasilkan sedikit. Sedangkan, vacation pengeluaran lebih besar tapi sepadan dengan hasilnya

tenang saat staycation I Credit: Katie Barrett via unsplash.com

Staycation memang tak perlu biaya yang besar apalagi jika  hanya untuk 1-2 hari di weekend. Hotel pun sudah banyak yang menawarkan fasiltas lengkap dengan dan suasana yang estetik. Foto-foto saat staycation siapa bilang nggak bisa? bisa kok, asal kamu pintar mengambil angle-nya. Promo juga salah satu hal yang diperhatikan sebelum kamu staycation, pakai aplikasi lewat smartphone untuk dapat potongan harga yang besar.

Vacation itu banayk yang perlu dipikirkan, mulai tempat menginap, transportasi apa yang digunakan, makan di tempat tujuan berapa kali dan berapa budget dalam sehari. Belum lagi pengeluaran tak terduga lain, misal bensin atau ada oknum yang iseng saat masuk tempat wisata. Jadi biaya yang dikeluarkan pun lebih besar. Meski begitu, memori yang dibuat pasti lebih banyak dan berkesan.

Intinya sih sama-sama melepas penat dan refreshing, hanya saja balik lagi ke kebutuhan dan waktu yang kamu miliki

menghilangkan penat I Credit: Simon Migaj via unsplash.com

Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika vacation lebih bisa explore kota yang dituju. Staycation cenderung diatur di kota yang sama, satu hotel dan tinggal di situ, minimal bisalah telusuri kawasan penginapanmu.

Kini kembali lagi ke kebutuhan masing-masing, punya banyak waktu luang dan budget tinggi maka pilih vacation. Atau kamu diberikan waktu yang mepet dan nggak mau pengeluarannya besar bisa pilih staycationpatungan dengan teman justru lebih hemat lagi.

Jadi gimana, kamu lebih pilih vacation atau staycation untuk liburan?

Apakah kamu tertarik untuk mengikuti jalan-jalan lewat virtual tour selama masa new normal ini? Kasih tahu pendapatmu di sini

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE