Dunia penerbangan Indonesia kembali dikejutkan kejadian konyol yang dilakukan oleh pilot Citilink. Tanggal 28 Desember 2016 lalu, penumpang pesawat Citilink QG 800 jurusan Surabaya-Jakarta heboh jelang keberangkatan. Pasalnya, pilot yang bertugas menerbangkan pesawat itu tiba-tiba menunjukkan gelagat aneh. Dalam public announcer, suara pilot ngelantur dan mengatakan kata-kata yang aneh. Sontak, penumpang panik dan berpikir ada yang nggak beres dengan pilot tersebut.

Penumpang pun panik dan turun dari pesawat. Mereka takut kalau pilot sedang dalam keadaan mabuk. Para penumpang turun dan meminta pilot diganti. Pilot pun pada akhirnya diganti dan pesawat terbang setelah mengalami delay selama 65 menit. Kejadian tidak profesional ini jelas mencoreng nama maskapai Citilink.

Nah, bukti video-video ini pasti bakal bikin kamu geleng-geleng kepala. Ini pilot kok kaya gini sih?

Begini kejadian konyol yang terjadi di dalam pesawat sebelum pesawat take off dari Surabaya!

“Pilot memperkenalkan dirinya dan kopilot. Setelah itu, pilot melantur, ‘We are going to get ready, everything is ready. Oh yes, yes, already already‘. Kemudian dia menyebutkan nama pramugari, beberapa wanita. Lalu ketika sampai pada nama Rike, pilot mengatakan, ‘Rike…Rike…Rike..’ Itu kan tidak normal, standar prosedurnya kan tidak seperti itu,” papar Eddy, salah satu penumpang Citilink dilansir dari BBC.

Sontak, para penumpang panik dan mengira ada yang tidak beres dengan si pilot. Mereka menduga pilot ini sedang mabuk dan mereka pun turun dari pesawat.

Ada pula video CCTV yang menunjukkan bahwa pilot dalam kondisi tidak sehat. Lihat sendiri deh, konyol banget!

Advertisement

Dari rekaman CCTV di Bandara Juanda, terlihat pilot yang datang dan melewati proses pemeriksaan tidak dalam kondisi sehat. Ia datang sempoyongan dan tersenyum-senyum sendiri. Setelah itu pun, barang-barang di dalam tasnya pun berjatuhan dan diambilkan oleh petugas. Badannya pun seperti bergoyang-goyang sendiri dan hampir jatuh. Hal ini mengundang rasa heran dari petugas bandara, sampai mereka saling berpandangan. Seperti ada hal yang tidak beres terjadi.

Pihak Citilink telah membantah bahwa pilotnya mabuk. Setelah dilakukan tes kesehatan tidak ada alkohol dalam urine pilot tersebut

penjelasan citilink via likeship.me

Dari pihak Citilink sendiri sudah mengatakan bahwa pilot tidak sedang dalam pengaruh alkohol. Menurut Direktur Citilink, Albert Burhan seperti dikutip dari BBC, tidak ada indikasi alhohol dalam tubuh pilot setelah dilakukan tes kesehatan di Bandara Juanda. Meski begitu, hal yang tidak profesional semacam ini semestinya tak terjadi mengingat betapa pentingnya fungsi pilot dalam dunia penerbangan. Bagaimana perasaanmu jika pilot yang dipercayakan membawa nyawa penumpang di udara justru kesehatannya diragukan? Serem sih bayanginnya…

Kabar terbaru, Direktur Utama Citilink mengumumkan pengunduran dirinya sekaligus pemecatan pilot yang bersangkutan. Pilot dianggap menyalahi Standart Operation Procedure dalam penerbangan. Semoga bisa menjadi pelajaran dalam bidang transportasi udara ya bahwa keselamatan itu adalah hal yang utama.

Mau bagaimanapun, kejadian ini harus menjadi hikmah untuk semua maskapai penerbangan di Indonesia maupun dunia. Jangan sampai terjadi human error yang konyol dan mengakibatkan kecelakaan pesawat. Semoga tidak terulang lagi ya…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya