Makassar, kota metropolitan terbesar di Indonesia bagian Timur ini merupakan salah satu pusat perdagangan serta kegiatan bisnis yang ramai. Seperti kota metropolitan lainnya, Makassar sering jadi tujuan mencari pekerjaan bagi penduduk di wilayah lain di Indonesia Timur. Dengan begitu, Makassar memiliki keragaman yang unik karena bukan hanya penduduk asli yang ada di dalam kota, namun banyak juga pendatang yang menetap dan tinggal di kota tersebut. Maka dari itu, kamu bisa menemukan banyak jenis makanan yang nggak cuma unik tapi juga enak dari berbagai wilayah Sulawesi di Makassar.

Beberapa makanan khas Sulawesi bisa kamu temukan di tempat lain selain di Makassar, namun cita rasa khas dan asli tentu hanya bisa kamu temui di kota ini. Berikut adalah beberapa sajian khas serta tempat menikmatinya:

1. Pallu Basa Serigala, makanan berkuah khas Makassar yang wajib kamu jajal!

Pallu Basa Serigala terletak di Jalan Serigala nomor 54, Makassar. Pallu basa sendiri adalah masakan khas Makassar yang mirip dengan soto yang berkuah kental. Makanan ini berbahan dasar daging sapi dan sering juga didampingi dengan jeroan sapi dan telur ayam rebus.

Advertisement

Biasanya, masakan ini dinikmati pada saat makan siang atau malam dan dimakan beserta nasi putih hangat. Rumah makan Pallu Basa Serigala memang ramai setiap harinya. Hal ini dikarenakan kelezatan dan kenikmatan pallu basa yang ditawarkan memang lain daripada yang lain.

2. Ke Makassar nggak sah kalau belum nyicipin Cotonya. Coto Daeng bisa jadi rujukanmu

Coto via 123rf.com

Berjalan-jalan di Makassar, kamu pasti akan menemukan banyak restoran atau rumah makan yang menjual coto Makassar. Sajian coto Makassar biasanya dimakan bersama ketupat yang empuk dan lembut. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati coto adalah di Coto Daeng. Tempat makan yang tidak terlalu mewah ini menawarkan cita rasa coto Makassar yang tiada dua. Kuah kental serta daging yang empuk menjadi andalan dari rumah makan ini.

3. Salah satu kuliner terkenal di Makassar adalah Mie Awa. Jangan lewatkan kalau kamu berkunjung ke sana

Makassar terkenal dengan sajian mi keringnya. Mi ini digoreng kering lalu disiram dengan kuah sayur mirip capcai yang gurih serta sedikit asam. Kuah kental yang berpadu dengan garingnya mi memberikan sensasi makan yang unik dan nikmat. Mi Awa bisa Anda temukan di Jalan Pattimura nomor 19, Bulogading, Makassar.

Advertisement

4. Meski hampir di setiap daerah ada, tapi versi nasi kuning di Nasi Kuning Riburane ini punya pelengkap yang lebih komplit lho…

Sajian nasi kuning memang bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Tapi, tentunya setiap daerah punya lauk-pauk pelengkapnya yang khas dan berbeda-beda. Nah, nasi kuning Riburane yang terletak di Jalan Riburane nomor 11 ini salah satunya. Sajian lauk-pauk nya komplit di sana.

Ada abon daging sapi, dendeng daging sapi, tumis kentang manis, rending daging sapi, telur bebek rebus, serta taburan bawang goreng menambah kelezatan nasi kuning yang harum dan menggiurkan ini.

5. Menikmati sore seru di pinggir pantai sangat cocok bareng Pisang Epe. Mak Nyus, deh!

Di sepanjang pantai Losari, kamu akan menemukan banyak penjaja makanan khas Makassar ini. Pisang epe adalah pisang yang dibakar sebanyak dua kali lalu diberi taburan berbagai macam rasa.

Biasanya, pisang bakar ditaburi coklat dan keju. Namun, seiring perkembangan selera lidah masyarakat, semakin banyak pula variasi pisang epe. Mulai dari rasa durian hingga rasa selai stroberi pun ada. Sajian manis ini sangat ccok dimakan sambil menikmati suara deburan ombak di pantai Losari yang terkenal. Menikmati Pisang Epe ditemani semilir angin pantai dan suara ombak yang berkejaran, nikmat mana yang kamu dustakan?

Pantai yang bersih serta wisata kuliner yang beragam pastinya menambah alasan mengapa Makassar layak dijadikan tempat liburan. Selama kamu di Makassar, ada baiknya kamu mencari penginapan yang berada di lokasi yang strategis. Nah, kalau kamu ingin menginap di hotel murah di Makassar, Airy Rooms adalah solusinya.

Kamar Airy terletak di hotel-hotel strategis di Makassar. Di dalam kamar Airy Rooms, kamu bisa menikmati tujuh kenyamanan yang ditawarkan. Dari mulai tempat tidur yang bersih, air hangat di dalam kamar mandi beserta perlengkapan mandinya, AC, TV layar datar, air minum di dalam kamar, serta koneksi internet gratis selama menginap.

Mau pesan Airy Rooms? Unduh saja aplikasinya di ponsel berbasis Android maupun iOS. Setelah memesan kamar, kamu bisa melakukan pembayaran dengan mudah melalui transfer antar bank atau kartu kredit. Kamu juga bisa dapat diskon 30% dengan memasukkan kode kupon AHM30 untuk seluruh hotel Airy di Indonesia. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan Airy Rooms, liburanmu di Makassar pasti akan lebih mengesankan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya