Biasanya, Kebumen hanya dilewati begitu saja jika kamu dari bepergian dari Jakarta atau Bandung menuju ke Jogja dengan kereta api atau mobil. Itu saja kebanyakan kamu sedang tidur, ya kan?

Tahukah kamu kalau Kebumen ternyata memiliki segudang tempat wisata yang bisa membuatmu kagum. Beberapa tempat wisata malah akan membuat kamu tak percaya kalau daerah yang terletak di pesisir selatan Jawa Tengah punya tempat wisata sekeren ini.

Advertisement

Selama ini pesona Kebumen memang jarang diketahui secara luas se-seantero Indonesia apalagi dunia. Padahal, Kebumen pantas menjadi sang permatanya Jawa Tengah. Keindahan Kebumen menanti disapa para pelancong dari seluruh negeri.

Berikut ini aneka lokasi keren yang menjadi primadona wisata Kebumen, yang sedang mulai naik daun dan dibincangkan.

Duduk manis di Rumah Pohon Bukit Pentulu Indah yang didekap rimbunnya hutan pinus

Pagi yang penuh dengan lapisan-lapisan kabut di Bukit Pentulu Indah. via. www.facebook.com/kebumenkeren

Saksikanlah panorama berlapis-lapis yang teriring harmoni kabut dan bukit akan menjadi pembuka pagi kamu yang mengagumkan di Bukit Pentulu Indah. Di ujung cakrawala timur, perhatikanlah seksama Sang Surya menyembul manis dipadu si kembar Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Lanskap purba negeri Jurassic pun terpapar begitu cantik di hadapan mata.

Advertisement

Kamu perlu terduduk manis pada anggunnya sebuah rumah pohon yang menempel mesra pada pohon pinus yang gagah menjulang. Dekapan hangat hutan pinus yang rapat akan mengayomi di tempat wisata yang berlokasi di Desa Karangsambung ini. Kamu bisa menjangkau Bukit Pentulu Indah dengan berkendara dari Kota Kebumen sejauh 21 km ke arah utara. Bukit Pentulu Indah terletak di jantung kawasan purba Cagar Geologi Karangsambung.

 

Memesrai momen istimewa di tepi sungai bersama kawan, pacar atau keluarga di Jembangan Wisata Alam

Menikmati suasana asri Jembangan Wisata Alam via www.diasporaiqbal.blogspot.com

Bagi kamu yang merindukan momen terduduk syahdu di tepi sungai yang tenang sambil dikawani suguhan asri panorama perbukitan, Jembangan Wisata Alam bisa menyediakan spesial untuk kamu. Duduklah di atas saujana terapung yang fotogenik sambil bercengkerama bersama kawan, pacar atau keluarga. Lengkapilah momen istimewa ini dengan makanan dan minuman yang bisa dipesan di restoran tempat ini.

Jembangan Wisata Alam juga menyuguhkan kebun binatang mini yang bisa menjadi sarana edukasi keluarga. Bagi yang ingin mesra menghabiskan momen berdua, cobalah untuk mengelilingi sungai dengan sepeda air yang akan kamu kayuh bersama. Bisa jadi ini bisa sebagai ajang latihan untuk mengayuh kehidupan bersama, eaaa.. Lokasi Jembangan Wisata Alam ada di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno. Berkendaralah ke timur sekitar 45 menit dari Kota Kebumen.

Curug Sawangan yang menakjubkan langsung mengucur dari mulut goa di tepi pantai

Goa, air terjun dan laut menyatu di satu kawasan Curug Sawangan via kebumenkab.go.id

Kamu tentu sudah pernah menikmati segarnya air terjun, bersantai ria di pantai atau mungkin berpetualang di goa. Namun, bagaimana kalau menikmati semua itu di satu tempat bersamaan? Hanya Curug Sawangan yang menyuguhkan lanskap spektakuler berupa sebuah air terjun setinggi 60 meter yang airnya keluar dari kedalaman goa lalu tak jauh bermuara di suatu pantai yang memadukan pasir dan batuan. Saya menyanjung panorama Curug Sawangan ini sangat epic, tiada duanya di Indonesia bahkan dunia!

Curug Sawangan terletak di kawasan Sawangan Adventure, Desa Karangduwur Kecamatan Ayah, di Kawasan Karst Gombong Selatan. Lokasinya tak jauh dengan Pantai Menganti yang punya rupa selayaknya pantai-pantai di negeri Hobbit, New Zealand, yang mana kamu juga patut mengunjunginya.

Di Alian Butterfly Park, kamu akan bercengkerama dengan koleksi kupu-kupu hidup terlengkap di Jawa

Beranda Alian Butterfly Park via www.diasporaiqbal.blogspot.com

Kupu-kupu dikenal sebagai hewan perlambang kecantikan yang memiliki aneka motif, warna dan rupa pada sekujur sayapnya. Di Kebumen lah, kamu bisa menjumpai aneka kupu-kupu asli yang memiliki koleksi terlengkap di Pulau Jawa. Datanglah ke Alian Butterfly Park yang berlokasi di Desa Krakal, Kecamatan Alian, sekitar 30 menit berkendara dari Kota Kebumen. Alian Butterfly Park punya arsitektur unik lho, kamu sepintas akan melihat bangunan Benteng Takeshi.

Kamu bisa menemui sekitar 60 jenis kupu-kupu yang berkeliaran di taman Alian Butterfly Park. Ratusan kupu-kupu tiap harinya akan terbang anggun melintasi dan mengajakmu untuk mengejarnya. Datanglah di pagi hari karena kupu-kupu lebih suka beterbangan di saat matahari sedang senangnya menyapa bunga-bunga yang bermekaran. Pengalaman berwisata di Alian Butterfly Park juga akan membuatmu tahu tentang seluk beluk siklus hidup kupu-kupu beserta ekosistemnya.

 

Memandangi hijaunya Mangrove Logending di Gardu Pandang ikonik sambil melihat burung-burung ramai beterbangan

Di Gardu Pandang menyaksikan asrinya Mangrove Logending dan burung terbang via www.diasporaiqbal.blogspot.com

Jajaran perbukitan Karst Gombong Selatan begitu permai dengan ratusan puncaknya yang mewujud lancip bak pyramid. Di sepetak kakinya yang asri, hamparan hutan mangrove Logending melekuk manis di sepanjang tepi muara Sungai Bodo yang membatas karst dengan dataran rendah Pantai Selatan. Bayangkan, kamu berada di tengah rimbunnya hutan Mangrove Logending pas di atas perahu. Sejuk nan bersihnya udara akan menenangkan pikiranmu. Atau, kamu naiklah ke Gardu Pandang Mangrove Logending, hijaunya mangrove akan terlihat jelas dengan panorama sekitar yang langsung berbatas laut dan perbukitan. Kamu juga akan menyaksikan kawanan burung menari cantik di atas hijaunya mangrove.

Kamu harus tahu bahwa hutan mangrove ini adalah upaya mulia para bekas narapidana, anak jalanan dan pemuda setempat yang dikomandoi Pak Sukamsi (pejuang lingkungan) dalam membentengi wilayah dari abrasi dan tsunami Laut Selatan. Ada pelajaran sosial dan lingkungan yang sangat berharga bisa kamu dapatkan di sini.

Daerah tertua dan lantainya Pulau Jawa ada di Cagar Geologi Karangsambung lho…

Keajaiban proses bumi di formasi Watu Kelir, Karangsambung. via www.diasporaiqbal.blogspot.com

Bayangkanlah, formasi batuan yang dipijak kaki kamu aslinya berada di bawah dasar samudera. Imajinasikanlah, kamu sedang berjumpa dengan batuan tertua dan alasnya Pulau Jawa. Temuilah juga, aneka bebatuan yang bercerita tentang proses perjalanan Bumi dari 170 juta tahun lalu hingga masa kini. Cagar Geologi Karangsambung akan secara natural mengajarkan tentang Bumi kita tercinta secara menakjubkan.

Luas Cagar Geologi Karangsambung adalah 22 km persegi. Kamu bisa memulainya di LIPI Karangsambung yang akan menjadi pintu pengetahuan untuk menjelajahi lebih lanjut. Kalau kamu suka pemandangan, Karangsambung juga menyuguhkan panorama harmoni akrab sawah-sawah bertingkat dan desa-desa yang asri yang terpapar cantik di sepanjang perbukitan yang terbentuk dari perjumpaan lempeng Eurasia dan Australia. Kamu suka batu akik? Bungkuslah cinderamata batuan Badar Besi dan Pancawarna khas tempat ini.

Kawan saya yang ahli geologi pun pernah berujar tentang Cagar Geologi Karangsambung,

“Jika ada Alien sehari datang ke Bumi dan ingin tahu proses perjalanan Bumi dalam waktu singkat, ajaklah ke Karangsambung!”

 

Roemah Martha Tilaar berarsitektur tua nan cantik serta membuatmu mengenal makin dekat sang maestro kecantikan Indonesia

Asrinya Roemah Martha Tilaar via www.diasporaiqbal.blogspot.com

Kalau Surabaya punya House of Sampoerna yang terkenal itu, Kebumen juga tak kalah lho dengan Roemah Martha Tilaar-nya. Tak jauh dari pusat kota Gombong, kamu bisa berjalan kaki 300 meter menyusuri kawasan kota lama Gombong untuk bertakzim ke kediaman asal Ibu Martha Tilaar, sang maestro kecantikan Indonesia. Sebuah rumah berarsitektur Indisch bertahun 1920 yang rapi nan bersih akan menyambut kamu dengan taman cantik di beranda rumah.

Roemah Martha Tilaar akan menceritakan kisah kehidupan masa kecil Bu Martha hingga bisa sukses dikenal seluruh dunia. Ketika berada di dalam rumah ini, kamu akan dihibur dengan perpaduan manis arsitektur dan ornamen Jawa, Eropa dan Tionghoa. Di sekeliling Roemah Martha Tilaar, kamu berjumpa dengan aneka tanaman obat yang menjadi inspirasi Bu Martha dalam membangun usahanya. Ternyata Martha Tilaar diajari oleh neneknya yang asli Jawa lho, yakni: Mak Oco. Coba cari tahu sosok Mak Oco ini ya.

Bagaimana? Bisa jadi kamu masih tak percaya, dalam hatimu masih memendam tanya, “Yakin ini di Kebumen?” Tapi, pada akhirnya kamu pasti mengakui. “Kok bagus ya.”

Makanya, ayo buktikan! Segeralah masukkan Kebumen sebagai tujuan liburanmu selanjutnya. Kebumen jangan lagi sekedar tempat yang kamu lewatkan atau tinggal tidur begitu saja, Okeey!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya