Pesona dan keindahan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah memang selalu jadi daya tarik para wisatawan setiap kali berkunjung ke Yogyakarta dan Jawa Tengah. Apalagi Si Rangga sempat ngajakin Cinta untuk liburan ke sana dalam AADC 2. Tapi gimana kalau sekali-kali melihat keindahan Borobudur dengan cara yang beda dari biasanya? Nah, lewat artikel ini Hipwee Travel mau ngajak kamu jalan-jalan ke Punthuk Setumbu. Simak baik-baik ceritanya ya…

Dari Punthuk Setumbu, kamu bisa melihat Candi Borobudur dengan pemandangan dan suasana yang beda dari biasanya.

Punthuk Setumbu

Cantik banget ya! via sukapergi.com

Punthuk Setumbu terletak di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Jaraknya kurang lebih 4 km di sebelah barat Candi Borobudur. Orang-orang datang ke Punthuk Setumbu untuk menikmati pemandangan Candi Borobudur dari sudut yang berbeda. Sebuah spot untuk menikmati sunrise yang mengagumkan. Dari puncak bukit itu, Candi Borobudur akan terlihat seperti bersembunyi di antara dedaunan dan diselimuti awan. Buat yang penasaran, silakan datang langsung.

Buat melihat pemandangan indah itu, pastikan kamu sampai di puncak Punthuk Setumbu sebelum matahari terbit.

Beginilah antrian pengunjung kalau kamu datang terlambat

Rugi kalo nggak dapet tempat paling depan via www.javaheritagetour.com

Advertisement

Untuk bisa merasakan keindahan itu, kamu wajib tiba di puncak bukit sebelum matahari terbit. Paling terlambat jam 05.00. Lebih pagi akan lebih baik, karena kamu punya kesempatan buat milih tempat yang nyaman. Semakin depan kamu berdiri, semakin indah pemandangan yang bisa kamu lihat. Kalau kamu datang terlambat, siap-siap berebut tempat dengan pengunjung lainnya.

Kamu nggak perlu takut lelah mendaki. Cukup berjalan kaki selama 15 menit, kamu sudah sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu.

Medan ke puncak bukit nggak terlalu berat

Nggak terlalu berat kan medannya via www.panoramio.com

Setelah bayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu, kamu cukup berjalan 15 menit untuk sampai ke puncak bukit setinggi 400 mdpl ini. Kamu nggak perlu takut lelah mendaki, karena jalanan menuju ke puncak cukup rapi. Pengelola sudah membuat jalan setapak dengan batu dan kayu. Buat kamu yang memang nggak kuat untuk mendaki, kamu bisa memakai jasa tukang ojek dengan tarif sekitar Rp 30 – 50 ribu pulang-pergi.

Lebih baik datang di musim kemarau, supaya biar keindahan Punthuk Setumbu bisa dinikmati sepenuhnya. Jangan lupa ajak kekasih tercinta.

Ajak kekasih tercinta biar kayak rangga dan cinta

Ajak kekasih tercinta biar kayak rangga dan cinta via dakena.com

Supaya bisa melihat kecantikan matahari terbit di Punthuk Setumbu, datanglah pada musim kemarau sekitar bulan Juni atau Juli. Pada bulan-bulan itulah, kamu bisa melihat pemandangan Candi Borobudur dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang diselimuti kabut tipis. Pemandangan itu semakin sempurna dengan hiasan langit berwarna jingga, apalagi kalau datang sama kekasih tercinta.

Habis dari punthuk setumbu, kamu bisa mampir ke Rumah Doa Rhema dan Rumah Kamera yang sekarang lagi ngehits di Instagram.

Gereja Ayam

Inilah Rumah Doa Bukit Rhema yang lagi hits via www.hipwee.com

Advertisement

Biar liburanmu ke Magelang lebih lengkap, jangan lupa mampir juga ke Rumah Doa Bukit Rhema di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus. Tempat itu lagi ngehits lho di Instagram. Kalau mau mampir ke tempat ini, jangan datang terlalu malam ya. Serem soalnya! Kalau ada waktu, maksimalkan liburanmu untuk wisata kuliner juga ya. Kupat tahu Magelang atau Mie Godhog bisa jadi pilihan yang tepat. Setelah dari sana kamu juga bisa mampir Rumah Kamera yang juga lagi nge-hits tak jauh dari sana.

Yuk, liburan ke Magelang, Gaes!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya