Kemacetan lalu lintas selalu terjadi di wilayah Puncak, Bogor, setiap kali musim libur lebaran datang. Alasannya klasik, Puncak selalu dijadikan sebagai tujuan libur lebaran oleh warga Jabodetabek yang nggak lebaran di kampung halaman. Emang sih, suasana alam di Puncak susah ditandingi. Tapi emang nggak bosen bermacet-macetan setiap tahun?

Nah, kali ini Hipwee Travel mau coba ngasih rekomendasi wisata buat kamu yang akan menghabiskan libur lebaran di Jabodetabek dan sekitarnya. Suasana yang bisa kamu dapat di tempat-tempat ini dijamin nggak kalah asik dari Puncak. Dan yang pasti, macetnya nggak akan separah di Puncak. Yuk disimak!

Kalau mau cari tempat yang adem dan nggak macet, kamu bisa mampir ke Gunung Bunder. Letaknya persis di kaki Gunung Salak.

Gunung Bunder

Dijamin lebih adem dari Puncak via aryvollac.blogspot.co.id

Advertisement

Tempat yang sejuk untuk bersantai di wilayah Bogor dan sekitarnya nggak cuma ada di Puncak. Cobalah sesekali mampir ke Gunung Bunder. Wilayah ini berada tepat di kaki Gunung Salak bagian utara. Kamu bisa bersantai dengan menyewa villa dengan beragam fasilitas yang ditawarkan. Di wilayah itu, kamu juga bisa menemukan banyak spot wisata, seperti Curug ngumpet, Curug Seribu, dan lain sebagainya.

Jangan memandang Jonggol sebelah mata. Di sana ada banyak spot wisata yang bisa kamu kunjungi sebagai alternatif libur lebaran.

Penangkaran rusa

Spot yang satu ini gampang diakses via dailyvoyagers.com

Kalau mau cari tempat wisata yang dekat dari Jakarta, Jonggol bisa jadi pilihan utama. Di sana ada banyak pilihan spot yang asik untuk bersantai sambil menikmati udara segar, seperti curug cipamingkis, curug ciherang, hutan pinus, atau penangkaran rusa cariu. Jaraknya cuma sekitar 50 km dari Jakarta. Spot-spot wisata itu juga berada nggak jauh dari jalur alternatif yang menghubungkan Cibubur dengan Cipanas.

Kamu juga bisa menikmati udara segar di Cidahu, Sukabumi. Kamu bisa menginap di villa atau merasakan sensasi menginap di glamping.

Kemping Cidahu

Nginep di glamping bareng keluarga asik kayaknya via www.fortuga.com

Soal spot wisata berhawa sejuk, Sukabumi nggak kalah dari Bogor. Salah satunya ada di Cidahu, yang terletak di kaki Gunung Salak bagian selatan. Kamu bisa memilih mau menginap di villa atau bermalam di glamping alias glamorous camping. Kamu akan tidur di tenda dengan fasilitas seperti di dalam villa. Untuk menghindari kemacetan di jalan raya Bogor-Sukabumi, lebih baik pilih jalur alternatif lewat Pamoyanan-Cigombong-Cidahu.

Waduk Jatiluhur di Purwakarta bisa masuk dalam daftar kunjunganmu. Rasakan sensasi melihat sunset di atas danau buatan.

Waduk jatiluhur

Cantik kan sunsetnya via travel.detik.com

Advertisement

Untuk sampai di Waduk Jatiluhur, Purwakarta kamu hanya membutuhkan waktu perjalanan selama 1,5 jam dari Jakarta. Selain bersantai di tepi danau dan memancing, kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling melihat kehidupan di sekitar danau. Kamu juga bisa menginap di villa yang ada di sekitar danau untuk menikmati pemandangan indah berupa matahari tenggelam di antara perbukitan.

Daerah Lembang di bagian utara Bandung juga nggak kalah bagus dari Puncak lho! Ada banyak pilihan wisatanya juga.

Lembang

Selain adem, tempatnya juga asik buat foto-foto via piknikasik.com

Salah satu tempat favorit yang selalu jadi tujuan libur lebaran adalah Lembang, Bandung. Meskipun begitu, tempat ini akses menuju ke tempat ini nggak semacet ke puncak. Apalagi sekarang sudah ada tol Cipali, perjalananmu ke Lembang bisa lebih singkat. Selama di Lembang, kamu bisa mengunjungi Cikole, Gunung Tangkuban Perahu, Observatorium Boscha, Taman Hutan Jaya Giri, dan masih banyak lagi.

Di selatan Bandung ada Ranca Upas. Selain hawa yang sejuk, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan segerombolan rusa jinak.

Ranca upas

Nggak perlu bawa tenda, di Ranca upas ada penyewaan via petatempatwisata.com

Selain Lembang, ada banyak tempat wisata berhawa sejuk di Bandung. Salah satunya di wilayah Ciwidey, tepatnya di Ranca Upas. Seperti di Cidahu, Sukabumi kamu juga bisa berkemah di Ranca Upas. Di sana juga ada penangkaran rusa yang bisa kamu kunjungi setiap saat. Bukan hanya melihat, kamu juga berinteraksi langusng dengan mereka seperti memberi makan atau foto bareng.

Selain wisata berhawa sejuk, Cianjur juga punya garis pantai yang bagus. Pantai Jayanti bisa masuk daftar perjalananmu.

Pantai jayanti

Paling enak sambil minum es kelapa muda via indonesiaexplorer.net

Selain punya spot wisata berhawa segar, Cianjur juga punya pantai yang cantik, namanya Pantai Jayanti. Pantai yang relatif masih bersih itu berada di wilayah Kecamatan Cidaun. Letaknya sekitar 50 km dari pusat kota Cianjur. Selain Pantai Jayanti, kamu juga bisa menemukan banyak pantai di bagian selatan Cianjur. Supaya terhidar dari kemacetan di Puncak, kamu bisa ambil jalur alternatif via Cibubur-Jonggol-Cianjur.

Gunung Galunggung di Tasikmalaya cocok buat kamu yang senang berbagi waktu dengan alam sekaligus mencari tantangan.

Gunung galunggung

Trek ke puncaknya santai kok via mahapalajoss.blogspot.co.id

Kalau bosan dengan suasana Bandung, Bogor, dan sekitarnya, kamu bisa coba sesekali mampir ke Tasikmalaya. Di sana ada Gunung Galunggung, salah satu gunung yang cukup terkenal di Indonesia karena sejarah letusannya yang dahsyat. Spot wisata ini cocok buat kamu yang kepingin berbagi waktu dengan alam. Jangan khawatir tersesat, jalur pendakian sudah dilengkapi dengan tangga. Kamu bisa melihat kawah yang indah di puncaknya.

Di Pandeglang, Banten ada Pantai Tanjung Lesung, pantai dengan pemandangan mempesona di bagian barat Pulau Jawa.

Tanjung lesung

Cakep kan pemandangannya? via sebandung.com

Sekitar 180 km arah barat Jakarta kamu akan menemukan Pantai Tanjung Lesung. Pantai ini masuk wilayah Pandeglang, Banten. Di pantai ini, kamu bisa menemukan pasir putih yang menghampar luas. Supaya nggak terjebak macet di jalan raya Anyer, lebih baik kamu lewat jalur alternatif Serang-Padarincang. Kalau lewat jalur ini, kamu akan membotong jalan dan nggak lewat Anyer.

Wisata bahari di Kepulauan Seribu, Jakarta juga nggak kalah keren. Bisa santai sambil snorkeling dan berjemur di pantai.

Pulau bidadari

Salah satu wisata terbaik ada di Pulau bidadari via pulaubidadaritour.com

Kalau mau agak repot sedikit, kamu bisa liburan ke Pulau Seribu di  Jakarta. Kalau musim lebaran datang, pulau-pulau di kepulauan Seribu relatif sepi. Cukup menyeberang dengan perahu motor selama kurang lebih 1,5 jam, kamu bisa menikmati keindahan wisata bahari di sebelah utara Jakarta. Suasana di sana dijamin asik untuk refreshing sejenak sebelum kembali ke rutinitas selepas libur lebaran.

Itulah tadi 10 destinasi wisata alternatif untuk mengisi libur lebaran nanti. Kalau kamu punya rekomendasi tempat wisata lain yang asik dan mudah dijangkau, jangan ragu untuk bagikan ceritamu di kolom komentar ya. Selamat liburan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya