Momen lebaran selalu dinanti seluruh umat Islam di Indonesia. Selain untuk merayakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, lebaran juga dijadikan sebagai momen kumpul keluarga, momen untuk mempererat silaturahmi, sekaligus menghabiskan liburan bersama di spot-spot wisata favorit.

Sebagai salah satu kota tujuan mudik lebaran, Yogyakarta hampir selalu dipadati perantau yang pulang ke kampung halaman. Nah, supaya nggak bermacet-macetan saat menghabiskan libur lebaran di Jogja, Hipwee Travel mau kasih 10 destinasi wisata alternatif di sekitar Jogja yang bisa kamu kunjungi saat libur lebaran. Yuk disimak.

Pantai Logending di Kebumen bisa jadi alternatif saat Jogja diserbu pelancong. Keindahan pantai ini nggak kalah dari Gunung Kidul.

Pantai Ayah emang cantik via www.pasirpantai.com

Daftar tempat wisata alternatif libur lebaran ini kita mulai dari yang paling barat, yaitu di Kebumen. Berbatasan dengan pesisir pantai selatan membuat Kebumen dianugerahi dengan sejumlah pantai yang indah. Salah satu pantai itu adalah Pantai Logending (Pantai Ayah), yang berjarak sekitar 100 km dari Jogja. Selain Pantai Logending, Kebumen juga punya beberapa pantai lain yang nggak kalah cantik dan bisa jadi destinasi favorit liburan, di antaranya adalah Pantai Karang Bolong, Pantai Pecaron, dan Pantai Karang Agung.

Bergeser ke timur sedikit dari Kebumen, kamu akan menemukan Purworejo. Kota pensiunan itu punya bedug raksasa dan alun-alun yang luas.

Cocok dibilang bedug raksasa via www.telusurindonesia.com

Advertisement

Mungkin masih banyak yang tanya, ada apa sih di Purworejo? Purworejo memang bukan kota besar yang sering jadi tujuan wisata, tapi Purworejo punya beberapa keistimewaan. Purworejo punya alun-alun yang disebut sebagai alun-alun terluas di pulau Jawa, dengan luas mencapai 6 hektar. Kalau singgah di Purworejo, jangan lupa mampir ke masjid agung. Kamu bisa menemukan bedug kyai bagelen atau Bedug Bagelen, bedug terbesar di Asia yang dibuat pada tahun 1834 dengan cara melubangi kayu jati utuh tanpa sambungan.

Di sebelah utara Kebumen ada Wonosobo. Karena Dieng pasti macet, kami menyarankan kamu untuk singgah di Waduk Wadaslintang.

Waduk Wadaslintang juga bisa jadi alternatif via blog.gogonesia.com

Hipwee nggak merekomendasikan kamu untuk mengunjungi Dieng saat lebaran karena pasti akan macet. Sebagai gantinya, cobalah mampir ke Waduk Wadaslintang di Wonosobo. Waduk ini punya banyak fungsi penting yang menopang kehidupan warga di sekitarnya seperti irigasi, pembangkit listrik, perikanan, dan yang nggak kalah penting adalah fungsi rekreasi. Kamu bisa menikmati Wadaslintang dengan cara memancing, berkeliling dengan perahu, atau sekadar melihat pemandangan danau ini dari kejauhan.

Melihat Gunung Merapi dari sisi selatan sudah biasa, bagaimana kalau melihat Merapi dari utara di gardu pandang Ketep Pass, Magelang.

Merapi dari utara keren juga via wisatamagelang.com

Pemandangan gagahnya Gunung Merapi dari sisi utara bisa kamu temukan di Ketep Pass, Magelang. Gardu pandang itu terletak di Kecamatan Sawangan, sekitar 21 km dari ibukota Kabupaten Magelang. Selain menikmati pemandangan yang indah, kamu juga bisa menambah wawasanmu tentang Merapi, sejarah dan aktivitasnya di Museum Vulkanologi di kawasan ini. Kalau cuaca bagus, kamu bisa melihat pemandangan langka lima gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Slamet.

Di sisi utara Magelang ada kota Salatiga. Kalau singgah di Salatiga, jangan lewatkan kesempatan menikmati udara dingin di Kopeng.

Perjalanan ke Kopeng sejuk dan adem via samiranindah.blogspot.com

Banyak yang bilang, ke Salatiga tidak sah kalau belum mampir ke Kopeng. Udara yang sejuk dan pepohonan yang rindang membuat Kopeng selalu dilirik wisatawan. Kopeng terletak di kaki Gunung Merbabu. Suasana di Kopeng mirip dengan kawasan wisata Batu, Jawa Timur.  Di sana kamu bisa menikmati wisata alam khas pegunungan, hamparan bunga, atau kebun stroberi. Spot wisata yang satu ini sangat pas untuk dijadikan tempat bersantai sekaligus melepas penat bersama keluarga tercinta.

Tak jauh dari Salatiga, ada wisata kereta uap di daerah Ambarawa. Kalau mampir ke sana, jangan lewatkan kesempatan naik kereta tua.

Kamu harus coba naik kereta wisata Ambarawa via dmy-official.blogspot.com

Salah satu objek wisata yang paling dikenal di Ambarawa adalah Museum Kereta Api. Di sana kamu bukan cuma bisa mempelajari sejarah perkeretaapian Indonesia di museum, tapi juga bisa merasakan sensasi menaiki kereta api uap.  Pengelola museum menawarkan dua rute perjalanan kereka kepada para pengunjung, yaitu rute Ambarawa-Bedono dan Ambarawa-Tuntang. Laju kereta uap ini sangat lambat, sehingga kamu bisa sambil menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.

Selain di sebelah barat dan utara Jogja, di sisi timur Jogja juga ada spot wisata alternatif. Salah satunya Pantai Sembukan, Wonogiri.

Cantik ya (pantainya) via beritapariwisata.com

Nggak mau kalah dari Wonosari di Jogja, Wonogiri juga punya pantai-pantai yang cantik. Salah satu pantai paling terkenal di sana adalah Pantai Sembukan yang terletak di Kecamatan Paranggupit. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, banyak orang datang ke pantai ini untuk memancing. Setiap malam satu suro, penduduk setempat melakukan upacara unik bernama, Labuhan Ageng. Upacara itu dilakukan sebagai salah satu bentuk rasa hormat mereka kepada ratu pantai selatan.

Wonogiri juga punya wisata Waduk Gajah Mungkur. Cocok buat santai sambil menikmati pemandangan danau buatan yang luas.

Bersantai di Waduk Gajah Mungkur via beritapariwisata.com

Selain punya pantai-pantai yang indah, Wonogiri juga punya danau buatan yang namanya sudah dikenal luas, yaitu Waduk Gajah Mungkur. Fasilitas yang disediakan pengelola kawasan rekreasi ini terbilang lengkap. Selain bersantai di tepi danau, kamu juga bisa berkeliling danau dengan perahu boat, bermain jetski, sampai menikmati pemandangan dari atas dengan gantole. Di atas danau ini juga tersedia banyak warung apung yang menyajikan makanan-makanan lezat.

Kalau spot-spot alternatif di atas dirasa terlalu jauh, kamu bisa mampir ke Klaten untuk berendam di kolam-kolam mata air.

Seger banget ya (airnya) via www.hipwee.com

Kalau mau cari spot wisata alternatif yang paling dekat dari Jogja, kamu bisa mengunjungi wisata kolam mata air Umbul Ponggok di Klaten. Kamu bisa berendam sambil menikmati keindahan di dasar kolam yang berisi beragam benda unik dan ikan-ikan air tawar. Tak hanya Umbul Ponggok, Klaten punya beberapa wisata kolam mata air yang pemandangannya nggak kalah cantik, di antaranya adalah Umbul Cokro Tulung, Umbul Trito mulyani, Umbul Trito Mulyono, dan Umbul Manten.

Kamu juga bisa mampir ke kebun teh Suroloyo, Kulon Progo. Nikmati udara sejuk dengan hamparan kebun teh yang hijau membentang.

Puncak Suroloyo punya pemandangan yang indah plus udara sejuk via marikitadolan.wordpress.com

Spot wisata yang terakhir ini masih di provinsi Jogja, namanya Puncak Suroloyo di Kulon Progo. Puncak Suroloyo merupakan salah satu titik tertinggi di Bukit Menoreh. Di tempat ini, kamu bisa menikmati udara sejuk khas pegunungan dengan hamparan kebun teh yang luas. Kalau cuaca bagus, kamu bisa menikmati pemandangan indah berupa tujuh puncak gunung sekaligus, yaitu Gunung Slamet, Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu, dan Lawu. Candi Borobudur juga kelihatan lho dari tempat ini.

Nah, itulah 10 destinasi wisata alternatif yang bisa kamu kunjungi saat libur lebaran. Kalau di antara kamu punya rekomendasi spot wisata yang lain, jangan lupa di share di kolom komentar ya. Pasti akan bermanfaat buat pembaca lainnya. Selamat berlibur!