Mudik ke kampung sudah menjadi tradisi yang selalu kita lakukan menjelang Lebaran, terutama buat mereka yang tinggal di perantauan. Mudik adalah ajang silaturahmi, baik itu kepada orang tua, kakek-nenek, serta saudara dan kerabat. Mudik adalah jalan pulang yang mengingatkan kita pada tempat asal, biar kita gak kayak kacang yang lupa sama kulitnya. Hehehe.

Nah, biar aktivitas mudik gak cuma jadi rutinitas tahunan yang membosankan, kamu mesti mengemas perjalanan ala traveler. Inilah beberapa tips yang layak kamu simak biar perjalanan mudikmu menjadi berasa traveling yang seru dan menarik. Yuk, simak!

1. Biar kamu punya lebih banyak waktu buat jalan-jalan, gak ada salahnya melakukan perjalanan mudik lebih awal atau justru balik lebih akhir

Berangkat lebih awal

Berangkat lebih awal via culturenesia.com

Advertisement

Makin dekat dengan hari-H, arus mudik pun makin padat. Nah, buat mengantisipasi hal itu, mudik aja lebih awal. Selain menghindari macet dan bisa mampir-mampir, kamu juga punya waktu lebih buat mengeksplorasi banyak hal di kampung halamanmu. Kamu bisa ambil cuti lebih awal atau justru “manjangin” liburmu pasca-Lebaran.

2. Supaya nggak bosan karena lewat jalan yang itu-itu aja, coba lalui jalur alternatif lain yang belum kamu lewati sebelumnya

Coba jalan alternatif yang belum pernah kamu lalui

Coba jalan alternatif yang belum pernah kamu lalui via destinasian.co.id

Bila kamu mudik setiap tahun dengan cara yang sama dan melewati jalan yang sama, perjalanannya pasti akan terasa membosankan. Gak ada salahnya sedikit berpetualang muter sedikit dan melalui jalan yang belum pernah kamu lewati sebelumnya. Atau, kalau kamu yang biasanya naik kereta, coba sesekali mudik naik bus atau pesawat, begitu juga sebaliknya. Siapa tahu kamu bisa menemukan pemandangan dan pengalaman baru di sana.

3. Jangan lupa untuk singgah dan menikmati keelokan tempat wisata di kota atau daerah-daerah yang kamu lewati

Pantai Widuri

Pantai Widuri via seputarsemarang.com

Sejumlah kota atau daerah yang kamu lewati tentunya memiliki pesona yang layak kamu singgahi. Daripada capek di jalan terus, kenapa gak melipir sejenak untuk singgah di tempat wisatanya? Tak cuma buat meluruskan punggung yang pegal, kamu juga bisa refreshing dari monotonnya jalanan.

4. Menemukan spot instagrammable di jalan? Jangan ragu buat berhenti sejenak dan mengabadikan pemandangan itu lewat foto

Sempatkan mengabadikan pemandangan kece yang kamu temukan di jalan

Sempatkan mengabadikan pemandangan kece yang kamu temukan di jalan via instagram.com

Advertisement

Sepanjang jalan, kamu bakal berpapasan sama tempat-tempat dan pemandangan nan fotogenik yang menarik buat Instagram feeds-mu. Misalnya, tempat wisata yang kece, hamparan sawah yang unik, sampai panorama senja yang menawan. Kalau iya, gak perlu ragu berhenti sejenak untuk mengabadikannya. Kalau melewatkannya sekarang, mungkin kamu gak akan pernah melihat pemandangan yang sama lagi nanti.

5. Mudik bisa jadi kesempatan memanjakan lidah dan perutmu, jangan ragu untuk berburu kuliner khas dari daerah-daerah yang kamu lalui

Berburu kuliner khasnya

Berburu kuliner khasnya via www.kompasiana.com

Salah satu hal menarik yang gak boleh kamu lewatkan adalah mencicipi aneka kuliner khas dari daerah-daerah yang kamu singgahi. Lupakan dulu menu yang itu-itu aja. Coba deh cari makanan yang unik dari suatu tempat untuk menu sahur atau berbuka. Pengalaman makanmu pasti gak bakal membosankan.

6. Kamu yang naik moda transportasi massal, jangan cuma diam-diaman sama rekan seperjalanan. Coba deh sapa mereka dan temukan kisah menarik di baliknya

Ngobrol sama rekan seperjalanan

Ngobrol sama rekan seperjalanan via rancupid.blogspot.com

Traveling gak melulu jalan-jalan ke suatu tempat. Menemukan kisah menarik di baliknya juga salah satunya. Kalau kamu mudik dengan moda transportasi massal seperti bus, kereta, atau pesawat, jangan ragu untuk menyapa teman seperjalanan di sebelahmu. Siapa tahu, mereka punya kisah yang menggugah untuk dibagikan padamu.

7. Selalu ada pengalaman menarik untuk diceritakan. Siapkan jurnalmu dan tuliskan pengalamanmu di situ

Tulis pengalamanmu di jurnal

Tulis pengalamanmu di jurnal via almostneverclever.wordpress.com

Setiap perjalanan yang kamu lakukan pasti menghadirkan satu dua pengalaman yang menarik. Ini bisa jadi oleh-oleh asyik untuk diceritakan pada kerabat di kampung halaman maupun pembaca setia di travel blogmu. Nah, biar gak lupa, siapin jurnal perjalananmu di tempat yang terjangkau dan pastikan kamu gak lupa menuliskan pengalaman menarikmu itu di sana.

8. Sesampainya di tempat tujuan, pastikan kamu gak cuma silaturahmi dari rumah-ke rumah, tapi juga menjelajahi tempat-tempat kece yang ada di sana

Blusukan ke tempat kece di kampung halaman

Blusukan ke tempat kece di kampung halaman via www.wisatamu.com

Udah jauh-jauh pulang kampung, sayang dong kalau kamu gak jalan-jalan di sana. Pasti masih banyak tempat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya, ‘kan? Terutama tempat-tempat yang lumayan jauh dari tempat tinggalmu.

Emang sih, tempat-tempat wisata pasti bakalan ramai saat liburan Lebaran. Untuk mengantisipasinya, coba blusukan dan temukan tempat-tempat menarik yang jarang diketahui orang.

9. Gak ikut mudik karena gak sedang merantau? Ikutan mudik sama teman kamu aja biar tahu serunya!

Ikutan mudik bareng teman aja

Ikutan mudik bareng teman aja via www.wartabuana.com

Oke, jadi kamu gak ikutan menjalani tradisi mudik karena tempat tinggalmu sekarang adalah kampung halamanmu. Kalau kamu memang gak merantau ke luar kota, gak ada salahnya ngekor salah satu teman baikmu—atau bahkan pacar—untuk ikutan mudik dan merayakan Lebaran di tempat mereka. Selain bisa menemukan keluarga baru, pasti bakal banyak pengalaman seru yang kamu dapatkan selama ikutan mudik daripada cuma di rumah aja. Menggiurkan, ‘kan?

Nah, mudik ternyata bisa dibikin jadi pengalaman traveling yang seru. ‘kan? Pintar-pintar kamunya aja dalam menyiasatinya.

Kredit feature imagejarangpulang.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya