Berbicara mengenai luasnya Indonesia, tentu tak lepas dengan sejarah yang menyertainya. Beragam kisah heroik jelas menarik untuk diulas dan dipelajari. Seperti tak ingin melupakan sejarah, kali ini Hipwee Travel akan membahas tentang kisah masa lalu yang pernah terjadi di Kota Hujan, Bogor. Ini kisah bukan tentang bagaimana kerajaan Pajajaran berdiri dan berkembang. Melainkan kisah-kisah yang pernah terjadi yang hanya bisa ‘dinikmati’ oleh beberapa orang yang berani dan memiliki indra keenam.

Seperti apa dan di mana kisahnya bermula? Berikut adalah beberapa spot di Bogor yang sarat akan kisah mistis. Cekibrot!

Coba deh beramah tamah sama Nenek yang melempar senyum padamu di Gunung Gede Pangrango.

Keep smiling! via ceriwis.net

Buat para pendaki, khususnya yang pernah ke Gunung Gede dan Pangrango, pasti kamu setuju dengan keangkeran kedua gunung ini. Pernah suatu ketika rombongan pendaki mendirikan tenda di lembah Gunung Gede, mereka melihat sosok nenek yang terbang mengawang di samping mereka, sambil melempar senyum! Nenek itu hanya setengah tubuh, nggak punya kaki, rambut putih tergerai, mata merah, dan senyum terkembang. Malam itu juga, ada salah seorang temannya yang kerasukan arwah nenek itu! Hiiiii! 🙁

Gagahnya Gunung Salak, ternyata menyimpan berbagai kisah mistis yang paling kompleks!

Salak yang gagah! via www.flickr.com

Advertisement

Di balik gagahnya Gunung Salak, ternyata menyimpan nggak sedikit cerita yang siap mengantarmu mendapatkan mimpi buruk. Bahkan, tim SAR yang melakukan evakuasi pada korban kecelakaan Sukhoi Superjet 100 pada 2012 lalu sempat ‘digoda’ oleh suara teriakan wanita minta tolong. Padahal, TKP masih begitu jauh dari lokasi tim SAR berdiri.

Posisi strategis buat kamu yang pengin uji nyali, cobalah untuk mendaki hingga puncak Manik, salah satu puncak di Gunung Salak yang terkenal cukup angker. Ya, kalau berani aja sih. Nah, di sini konon terdapat sebuah makam yang selalu mengeluarkan asap! Dan ada pula semacam pagelaran yang dimainkan oleh para makhluk gaib dan suara gamelan yang bertalu-talu.

Sekadar catatan, nggak sedikit loh pendaki yang hilang ketika menjelajah gunung setinggi 2.211 mdpl ini.

Goa di desa Lulut, kawasan Gunung Putri. Mampirlah ke sini, buat kamu yang pengin cepat kaya dengan cara instan. :p

Sesajen! via www.panoramio.com

Konon, goa ini dulu pernah dipakai sebagai tempat persembunyian masyarakat dari kejaran pasukan Belanda. Selain itu, goa yang berada di kawasan Gunung Putri juga dipakai untuk ‘persembahan’ semacam pesugihan gitu deh. Ya, wallahualam sih, tapi biasanya yang berbau-bau begini sih udah pasti serem. Udah kebayang dong, gimana mistisnya suasana goa ini?

Kisah dari Kebun Raya Bogor; makam istri Prabu Siliwangi hingga penampakan Noni Belanda di Danau Gunting.

Kuburan Belanda. via www.jurukunci.net

Di Kebun Raya Bogor, terdapat sebuah makam istri Prabu Siliwangi dan kompleks pemakaman Belanda yang terkenal cukup menguncangkan jantung. Pada siang hari pun, kedua lokasi ini seperti memiliki aura yang nggak biasa dibandingkan dengan lokasi lainnya. Ada juga Danau Gunting, tempat bersemayamnya Noni Belanda yang kerap mengganggu para penjaga. Pernah satu waktu, seorang penjaga yang sedang memancing di danau itu, dikejutkan dengan penampakan seekor ular besar yang konon katanya merupakan perwujudan dari sosok genderuwo ajudan sang Noni.

Tragedi Terowongan Kereta Paledang yang melahirkan sosok tubuh tanpa kepala yang menyusuri rel kereta. Mereka mencari kepalanya!

Berani jalan menyusuri rel ini? via Terowongan%20Kereta%20Paledang

Terowongan kereta yang menghubungkan Bogor dengan Sukabumi ini terletak di Jalan Paledang. Terowongan ini mulai angker ketika pada tahun 2000 silam terjadi kecelakaan yang menewaskan hingga 12 orang, yang kebanyakan merupakan siswa pramuka yang akan berkemah ke Sukabumi. Nah, pas di perjalanan, 12 orang ini nggak sadar kalau kereta akan melewati terowongan. Mereka yang duduk di atas kereta, harus menerima nasib pahit, terbentur bibir terowongan, terjatuh, dan terlindas di rel kereta. Sejak saat itulah, banyak warga yang melihat penampakan sosok-sosok tubuh tanpa kepala yang kerap melintas di terowongan sepanjang 10 meter itu. Hiiii!

Bioskop terbengkalai di Citereup yang pernah jadi tempat aborsi gadis muda yang hamil di luar nikah. Sekarang jadi rumah para arwah.

Ada yang nonton nggak tuh? via mig.me

Konon, bioskop tua yang ada di Citeureup ini pernah dipakai oleh gadis belia untuk menggugurkan kandungannya, yang katanya itu merupakan hasil hubungan intim dengan pacarnya. Dan, sang janin dibuang di bawah bangku penonton! Coba deh, lihat gambar di atas. Ada yang nonton nggak di sana? Ada beberapa sosok wanita di sana. Perhatikan!

Berada di pemukiman warga, rumah tingkat di Ciawi ini menyimpan aura mistis yang nggak kalah ngeri!

……. via photobucket.com

Gedung yang baru dibangun pada tahun 2000-an di Ciawi ini pernah dipakai sebagai lokasi untuk uji nyali salah satu stasiun tv swasta. Padahal usia bangunan ini belum cukup tua, tapi entah kenapa banyak banget makhluk astral yang bermukim di rumah yang juga pernah dipakai sebagai kontrakan ini. Banyak energi negatif dan aura mistis yang terpancar dari gedung tua ini. Nggak sedikit dari warga yang melihat penampakan di rumah ini. Bahkan, dua keluarga yang tinggal di rumah itu sering banget ngeliat sepasang kaki yang ongkang-ongkang di lantai atas. Ada juga yang melihat sosok-sosok aneh, seperti wanita berambut panjang yang suka mondar-mandir di tangga, suara ketawa yang memekik, dan sebagainya.

Nggak cuma di tempat-tempat terbuka dan peninggalan sejarah, asrama putri kampus IPB menjadi tempat bermukimnya si Hantu Sebelah!

Gimana kalo tiba-tiba tidur di bawah kasurmu? 🙁 via dimensilain.com

Penampakan tak kasat mata yang mengejutkan datang dari asrama putri kampus IPB. Percaya nggak percaya, di asmara putri ini terdapat kisah horor yang telah melegenda dari tahun ke tahun. Bahkan, cerita ini pun diiyakan oleh penjaga asrama. Adalah hantu sebelah, yang benar-benar hanya memiliki tubuh setengah badan. Sebelah kiri bagian tubuhnya nggak ada! Dan, dia selalu mengetuk kamar-kamar mahasiswi yang begadang semalaman….. 🙁

Nah, itulah beberapa spot di Bogor yang bisa kamu pakai untuk menguji nyalimu. Seberapa besar nyalimu? Sok, datang gih ke sana!

Simak kisah mistis lainnya langsung dari @sarawijayanto.