Hadirnya jejaring sosial Instagram dan Path membuat semua orang punya tren baru dalam bergaya hidup. Traveling. Seseorang bisa merasa kekinian dan dianggap oleh orang lain kalau postingan foto IG atau Path kamu berisi tentang lokasi-lokasi indah di Indonesia dan dunia. Nah, gejala inilah yang bikin banyak orang rela habisin duit cuma buat sekedar foto. Yap, beginilah, trend jaman gadget seperti sekarang.

Ah, lha kamu enak bisa jalan-jalan terus duit banyak. Bikin mupeng aja sih. Aku sih juga pengen. Tapi apa daya, anak kos. Buat makan sehari-hari aja susah. Boro-boro ngetrap-ngetrip.

Advertisement

Mungkin ada banyak di antara kamu yang sependapat. Iya sih, lagi nge-trend nih jalan-jalan. Tapi kan, nge-trip itu butuh biaya mahal. Kadang juta-jutaan. Nah, kalian yang masih mahasiswa dan anak kosan mungkin berpikir gimana caranya tetap bisa jalan-jalan dengan biaya seminimal mungkin.

Duh, gimana ya Kak? Kasih tau kita dong Kak.

Iya nih Hipwee Travel bakal kasih kamu tips biar kamu senantiasa tetap berbahagia dengan punya foto-foto liburan yang kekinian dan keren kalau kamu pasang di Instagram. Kamu nggak punya banyak duit pun nggak masalah.

Kalau kamu anak kuliahan, sering-seringlah eksplor wisata di tengah kota. Nggak harus wisata sih, banyak sekali point of interest yang bisa kamu temukan di tempat publik

lorong menuju tamansari, gratis coiii

lorong menuju tamansari, gratis coiii via tiwiwhemzz.blogspot.co.id

Advertisement

Kata siapa kamu mesti ikut-ikutan Nadine Chandrawinata atau Jebraw buat jalan-jalan ke Bali, Lombok, atau Papua. Mereka dibayarin, Broh. Ya wajar aja buat acara TV. Kamu jangan terprovokasi ya ikut-ikutan suka ngetrip tapi ternyata nggak ada uang. Kasian ortu kamu kan?

Nah, kalau kamu masih kuliah misal di Jogja, Solo, Bandung atau Jakarta mending kamu jalan-jalan di kota aja. Eksplore tempat publik yang bagus buat foto Instagram. Kalau di Jogja kamu bisa jalan-jalan ke Malioboro, titik 0 km atau bisa ke Tamansari. Misal kamu di Solo bisa blusukan ke Pasar Klewer, Masjid Agung dan juga Alun-alun. Kan bagus tuh buat seru-seruan bareng pacar temen-temen kamu. Murah banget lagi. Kamu juga bisa foto tentang interaksi manusia (human interest) yang menarik di tempat publik tersebut.

Seru, kan?

Saat senja menjelang, carilah gedung-gedung tinggi di kampus kamu untuk mengabadaikan pesonanya. Ini mah nggak butuh duit

sunset di tengah kota

sunset di tengah kota via hellobogor.com

Senja selain bikin baper, juga bakal keren kalau dibidik dengan tepat oleh fotografer. Selalu ada senja di setiap kota. Tergantung kamu mau mencarinya atau tidak. Saran Hipwee sih, carilah gedung-gedung tinggi di kampus kamu dan nongkrong-lah di lantai teratas atau bisa di rooftop (kalau ada). Paduan mentari terbenam dengan landscape perkotaan akan menghasilkan kombinasi yang sempurna. Cobain deh.

Nggak usah jauh-jauh, kamu bisa jelajahin museum di kota kamu. Jarang-jarang kan yang update foto tentang museum. Kamu bisa jadi pioneer-nya nih

foto di museum oke juga kan

foto di museum oke juga kan via www.sociotraveler.com

Hampir di setiap kota besar kini punya museum. Kamu bisa manfaatin banget museum-museum yang biasanya arsitekturnya menarik dan vintage yang cocok buat kamu hunting foto. Selain itu, biaya masuk museum relatif murah, di bawah lima ribu. Ada sih beberapa museum yang masuknya lumayan mahal. Hal ini bisa kamu coba sebulan sekali ke museum mahal itu. Selain bisa update foto kamu juga bisa nambah pinter abis dari museum.

Beruntung jika kota kamu sering ada festival atau karnaval. Wah, kamu selalu datang dan sebarkan ke sosial media bisa bikin kamu terlihat paling gaul loh

cari festival gratisan, ya

cari festival gratisan, ya via www.sociotraveler.com%20

Dalam setahun ada puluhan festival yang digelar di Indonesia. Mulai dari Dieng Culture Festival, Cap Gomeh Singkawang, sampai Jember Fashion Carnival yang levelnya sudah internasional. Kamu bisa datangi festival-festival yang murah saja sih, nggak perlu yang jauh-jauh seperti yang disebutkan di atas. Jadwal festival gratisan bisa juga kamu dapatkan kok di kota kamu. So, jangan malas mencari informasi ya. Jangan sampai udah nggak ada duit, masih males nyari festival gratisan.

Punya duit terbatas, mending agendakan seminggu sekali wisata kuliner. Cari cafe atau warung makan yang oke punya buat foto

img_20110904_160413

Wisata kuliner merupakan wisata yang seru namun kadang bikin kantong jebol juga sih. Nah, ada baiknya kamu para mahasiswa ini blusukan ke kampung-kampung mencari wisata kuliner yang orisinil dan tersembunyi. Sebutlah Gudeg Pawon atau Bakmi Mbah Mo di Bantul. Kalau kamu nggak suka mblusuk, cari aja café yang interiornya instagrammable banget. Cocok deh buat kamu selfie sendiri, Gaes!

Gabunglah organisasi sewaktu kuliah. Kan sering tuh acara ke luar kota dan dikasih dana. Kalau luang gunain buat jalan-jalan sebentar

bareng bareng temen

bareng bareng temen via www.sociotraveler.com

Pas jadi mahasiswa jangan cuman kupu-kupu doang (kuliah-pulang). Aktif organisasi dong! Kan banyak benefit yang bisa kamu dapatkan kalau kamu jadi pengurus organisasi. Sering ada pertemuan dengan organisasi kampus lain di luar kota kan. Atau kadang juga sering bikin acara di luar daerah. Itu tuh kesempatan kamu jalan-jalan bareng sahabat-sahabat se-organisasi. Waktu selesai acara kamu bisa agendakan jalan-jalan bersama mereka. Percaya deh, kelak ketika lulus kamu bakal kangen sama pengalaman jalan-jalan bareng sahabat se-organisasi.

Oh, ya salah satunya juga bisa kamu lakukan dengan teman-teman KKN kamu.

Taman Kota bisa jadi alternatif menarik buat kamu liburan. Toh, biasanya masuk taman gratisan.

main ke taman mblo

main ke taman mblo via ragnesia.blogspot.co.id

Akhir-akhir ini pembangunan kota makin cantik dengan hadirnya banyak taman-taman. Di Bandung saja ada banyak sekali taman yang dibuat Kang Emil buat warganya yang jomblo dan kurang piknik. Taman kota masuknya gratis. Kamu bisa puas-puasin foto di taman lah, sembari bercengkrama dengan kawan-kawan kamu atau kekasihmu.

Sepedaan bisa jadi pilihan menarik buat kamu susuri desa dan kota. Petualanganmu nggak akan terlupakan

bersepeda keliling desa

bersepeda keliling desa via www.merdeka.com

Bersepeda merupakan aktivitas olahraga yang kini digunakan juga sebagai sarana traveling. Bersepeda di tengah kota maupun di pinggir sawah kian eksotis saja. Apalagi ada yang bersedia mengambilkan gambarmu ketika mengayuh sepeda di dekat lokasi yang menarik. Bayangkan saja ketika kamu berfoto dengan sepeda kamu dengan latar belakang pantai yang indah. Atau kamu bisa susuri Selokan Mataram di Jogja yang begitu indahnya. Keren banget. Dan ini gratis, Gaes!

Itu dia beberapa solusi buat kamu yang bokek ala mahasiswa tetap bisa liburan dengan foto Instagram yang makin elegan. Asalkan satu hal kamu tetap pegang ya, jangan halalkan semua cara demi foto terbaik kalian. Tetap patuhi norma, peraturan serta kesopanan ya. Jangan demi foto kamu rela melakukan apa saja. Okey, travelers!

Selamat liburan murah dan kami tunggu foto-fotonya ya 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya