Kalau mendengar kata Purwokerto, pasti yang terbayang di pikiranmu adalah bahasa jawa ngapak yang khas itu. Logat ngapak memang lekat di kepala dan nggak gampang terlupa. Tapi Purwokerto yang terletak di Banyumas Jawa Tengah ini nggak hanya punya bahasa Ngapak untuk dipamerkan. Tempat yang beberapa kali jadi latar FTV ini juga punya berbagai tempat wisata yang oke punya.

Kelebihan lainnya, Purwokerto juga bisa diakses dengan mudah. Dari Jogja atau Jakarta, kamu hanya butuh waktu setengah hari untuk sampai di sana. Nah, buat kamu yang berencana ke sana, atau pengin liburan tapi belum tahu mau ke mana, kali ini Hipwee Travel akan bagi-bagi destinasi unik di Purwokerto dan sekitarnya. Yuk simak dan angkat ransel sekarang juga!

1. Kita mulai dari Gunung Slamet, yang bisa jadi salah satu tujuan petualangan untuk kamu si anak gunung

Pendakian Gunung Slamet oleh Komunitas Satubumikita. via satubumikita.blogspot.co.id

Sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet pasti wajib bagi kamu anak gunung sejati untuk mendaki gunung Slamet ini. Sebelum mendaki gunung Slamet, pastikan bahwa fisikmu dalam kondisi yang fit serta bekal air yang cukup, karena medan yang akan kamu daki lumayan terjal dan sulit. Tapi segala lelahmu akan terbayar dengan pemandangan hijau ala gunung yang akan kamu temukan.

2. Purwokerto punya banyak curug yang wajib kamu kunjungi, salah duanya adalah Curug Gede dan Curug Cipendok

Curug Cipendok via www.purwokertoguidance.com

Advertisement

Curug Cipendok terletak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Purwokerto, meskipun begitu kamu nggak perlu khawatir karena jalan menuju ke sana sudah diaspal dengan halus. Suasana alam yang masih asli, suara gemericik air terjun setinggi 100 meter diiringi suara penghuni hutan bisa membuatmu serasa terlempar ke dunia berbeda. Sambil menikmati pemadangan alam, bisa jajan mendoan dan susu murni di warung-warung penduduk sekitar.

Curug Gede via metravel.website

Sama halnya dengan Curug Cipendok, Curug Gede yang terletak di desa Katenger juga berada di antara lembah dan bukit. Sehingga suasana yang disuguhkan adalah hijaunya hutan asli dan gemericik air terjun. Curug Gede terkenal sebagai curug paling indah di Purwokerto. Sayangnya, lokasi Curug Gede lumayan ekstreem. Jadi kalau kamu liburan bersama keponakanmu yang masih kecil, sebaiknya destinasi wisata ini dilewati saja.

3. Jangan tertipu dengan namanya. Pemandian Kalibacin terkenal bisa menyembuhkan segala penyakit lho. Siapa tahu bisa nyembuhin sakit hati kamu….

Pemandian Kalibacin via katalogwisata.com

Kalau dilhat dari nama, jelas nggak ada indah-indahnya. Kalibacin kurang lebih berarti sungai yang baunya busuk. Tapi jangan salah, pemandian air panas di Kalibacin ini terkenal bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, mulai dari yang ringan-ringan seperti pilek, panu, dan sakit kepala, sampai yang penyakit tulang. Kalau kamu ingin wisata yang menyehatkan, coba saja mandi di Kalibacin, barangkali luka hatimu itu juga bisa disembuhkan :p

4. Untuk kamu yang beragama Nasrani, Purwokerto juga punya destinasi wisata religi di Goa Maria Kaliori di Kecamatan Kalibagor, Banyumas

Gua Maria Kaliori

Berada di area yang luasnya sekitar 5,6 hektar, kamu bisa menemukan banyak untuk berdoa di wilayah wisata religi yang dibangun di atas bukit kecil ini. Ada pendopo, gereja, dan tempat-tempat duduk di bawah pohon rindang. Suasananya yang tenang dan damai bisa menjadi pilihan untuk umat Nasrani yang ingin mendekatkan diri kepadaNya. Patung Bunda Maria yang berada di dalam Gua diberkati langsung oleh Paus Paulus II.

5. Jangan lewatkan keindahan Telaga Sunyi. Meski namanya terkesan sendu dan galau, tapi pesona alamnya tiada dua

Telaga Sunyi yang indah via wikiwisata.com

Terletak di antara hutan pinus yang hijau, Telaga Sunyi menjadi wisata telaga yang nggak boleh kamu lewatkan. Di sana kamu akan disuguhi pemandangan bebatuan dan air telaga yang tenang dan jernih, sehingga bisa memantulkan dasar telaga dengan jelas. Di situasi-situasi tertentu, kamu bisa melihat ribuan capung dan kupu-kupu di sana. Kalau kamu ingin duduk-duduk saja dan merenungi kehidupan, boleh lah kamu datang dan tenggelam dalam kesunyian telaga ini.

6. Buat kamu yang suka tantangan, coba ke Gua Sarabadak. Medannya yang terjal dan berliku akan sangat menguras stamina

Gua Sarabadak via www.inilahtempatwisata.com

Gua Sarabadak ini adalah wisata paket lengkap, antara Gua, medan yang menanantang, bebatuan yang rupawan, dan air terjun yang menyegarkan. Medannya yang terjal dan terdiri dari ribuan tangga akan menguji fisikmu. Di gua sabaradak tidak hanya ada siraman air dingin, tapi juga air panas. Bebatuan yang indah juga bisa menjadi spot favorit bagi kamu yang penggemar batu akik. Hehe.

7. Kalau kamu datang bersama rombongan, sempatkan untuk main ke Combong Valley dan coba wisata outbond yang memacu adrenalinmu

Combong Valley via anekatempatwisata.com

Combing Valley terletak di kompeks Wisata Baturraden, menawarkan wisata outbond yang sering menjadi destinasi wisata keluarga dan rombongan. Di Combong Valley, kamu bisa bermain paintball ataupun outbond yang lainnya. Kalau kamu kesel sama mantanmu, ajak saja dia main wargame paintball di sini. Lalu tembaki dia sampai sakit hatimu terpuasi. Tapi malah cinta lama bersemi kembali ya. Haha

8. Biar kamu semakin paham sejarah, main-mainlah sebentar ke monument Panglima Besar Jenderal Sudirman

Bukan hanya wisata alam, Purwokerto juga menyimpan situs bersejarah yang harus kamu ketahui. Di kota inilah Jenderal besar Soedirman, yang meski tubuhnya ringkih dan sakit-sakitan tapi bisa membuat tentara penjajah kocar-kaci, lahir dan memimpin pasukan. Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman menjadi tugu pengingat perjuangan pahwalan Negara tersebut. Selain monument, tempat ini juga dilengkapi dengan museum besar yang bisa kamu kunjungi untuk napak tilas perjuangan sang panglima.

9. Yang terkenal tentu saja Wisata Baturraden. Kompleks wisata yang akan membuatmu yakin sedang berada di Purwokerto yang sesungguhnya

Kompleks Wisata Baturraden via nikaresti.blogspot.co.id

Kompleks Wisata Baturraden terletak di lereng gunung Slamet. Di sana kamu bisa menemukan berbagai wahana wisata mulai dari kolam renang, pemandian air panas, sampai sepeda air. Lokasinya yang berada di 640 meter di atas permukaan air laut membuat udara di Baturraden sejuk, segar, dan bebas polusi. Selain menikmati keindahan alam di sana, kamu juga bisa melongok ke bawah, menikmati kepulauan di sekitar Cilacap, termasuk Pulau Nusakambangan yang terkenal seram itu.

Dua kilometer dari Baturraden, kamu bisa menemukan Wanawisata Purwokerto.  Tempat yang masih sering dianggap satu kompleks dengan Baturraden ini mengandalkan keindahan hutan yang cocok jadi tempat outbond serta bumi perkemahan yang bisa memuat sampai 1000 tenda. Di sana kamu juga bisa melihat proses pembibitan beraneka jenis tanaman. Hijau banget pokoknya!

10. Yang namanya traveling nggak lengkap tanpa wisata kuliner. Jl. Prof. Suharso adalah tempat yang bisa kamu tuju untuk menikmati makanan khas Purwokerto

Soto Sokaraja, soto khas Banyumasan via resephariini.com

Setelah berlelah-lelah ria menikmati keindahan alam Purwokerto, nggak lengkap rasanya kalau kamu belum menikmati kelezatan kuliner kota ini. Di Jl. Prof. Suharso, kamu bisa menikmati berbagai pilihan kuliner Purwokerto, termasuk Soto Sokaraja yang hits itu. Jangan berekspekstasi akan menemukan Soto yang mirip dengan Soto Betawi ataupun Soto Lamongan. Soto khas Desa Sokaraja ini punya ciri khas kuah sambal kacang dan kerupuk warna-warni yang membuat sotomu jadi cerita. Belum ke Purwokerto deh kalau belum mencoba kuliner yang satu ini!

Daerah-daerah wisata seperti Jogja, Bandung, dan Bali tentu nggak perlu diragukan lagi keindahannya. Tapi jangan lupa bahwa Indonesia juga punya tempat-tempat lain yang nggak kalah indahnya. Nggak heran kalau Kota Purwokerto dijuluki sebagai Kota Pensiunan, karena saking banyaknya pejabat Negara yang menghabiskan masa tua di kota ini. Yuk, jelajahi langsung keindahan Purwokerto, biar kamu percaya!