Curug Tujuh Cibolang, Wisata di Ciamis dengan 7 Air Terjun

Kabupaten Ciamis dikenal sebagai ‘kota istirahat’ di Provinsi Jawa Barat. Banyak orang yang memilih hidup di kota kecil ini setelah mereka pensiun dan berhenti bekerja. Alasan orang memilih tinggal di tempat ini di antaranya udara yang masih asri, jalanan yang lenggang dan biaya hidup yang konon masih terjangkau.

Advertisement

Di balik itu, kota yang relatif sepi ini menyimpan segudang pesona alam yang cukup menjanjikan untuk dieksplorasi. Salah satu destinasi yang terkenal dan wajib untuk didatangi adalah Curug Tujuh Cibolang. Sebuah destinasi wisata yang memberikan pesona 7 air terjun di satu tempat. Pengen tahu selengkapnya? Yuk simak di bawah ini!

1. Lokasi Curug Tujuh

Curug Tujuh Cibolang

Pintu masuk Curug Tujuh Cibolang via instagram.com

Curug Tujuh Panjalu atau lazim disebut Curug Cibolang terletak di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Curug Tujuh terletak persis di kaki gunung Sawal. Dari kota Ciamis, destinasi wisata ini berjarak sekitar 35 km ke arah utara.

Tempat ini terbilang mudah diakses sebab lokasinya yang nggak jauh dari jalan utama. Untuk sampai ke pintu masuk dapat menggunakan kendaraan roda dua. Setelah sampai di pintu utama kamu harus berjalan sekitar 50 meter menuju lokasi air terjun pertama.

Advertisement

Namun tenang saja, perjalanan tersebut nggak akan membosankan karena kamu bakal disuguhi pemandangan hutan pinus dengan udara segar dan suara air terjun yang merdu.

2. Curug Tujuh berasal dari air mata seorang raja

Curug Tujuh Cibolang

Konon Curug Tujuh berasal dari air mata sang raja via www.instagram.com

Menurut kisah dan legenda yang dipercayai masyarakat setempat, Curug Tujuh terbentuk dari mata air seorang raja. Konon pada zaman dahulu terjadi kemarau yang sangat panjang di wilayah Panjalu. Nggak ada air membuat tanah menjadi kering kerontang. Masyarakat menderita karena kekurangan air dan makanan.

Sang raja bersedih dan menangis melihat penderitaan rakyatnya. Siapa sangka tangisan tersebut membuat sebuah genangan air dan berubah menjadi tujuh air terjun.

Advertisement

3. Setiap air terjun memiliki tinggi, lebar dan bentuk dan nama yang berbeda-beda

Curug Tujuh Cibolang

Air terjun yang berada disini memiliki letak yang berbeda-beda via www.instagram.com

Meski jumahnya ada 7 buah, waktu yang perlu ditempuh untuk eksplorasi hanya 2-3 jam saja tergantung kecepatan berjalan. Air terjun pertama adalah air terjun yang paling besar setinggi 120 meter dengan lebar 20 meter. Air terjun besar ini jadi tempat untuk pengunjung berdiam diri.

Air terjun ini berasal dari mata air Cimantaja yang berasal dari gunung Sawal. Warga setempat memberi nama berbeda-beda untuk tiap air terjun. Nama-nama tersebut yakni Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh.

4. Pesona 7 air terjun dan camping di Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang

Pesona Curug Tujuh Cibolang via www.instagram.com

Tempat destinasi Curug Tujuh terbuka bagi semua orang. Jika ingin lebih maksimal para pengunjung mesti memiliki niat eksplorasi yang kuat. Pasalnya jalan yang dilewati untuk sampai kesetiap air terjun cukup terjal dan menyulitkan. Jarak dari satu air terjun ke air terjun lain sekitar 50 meter. Keseluruhan waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai seluruh destinasi sekitar 2-3 jam tergantung kecepatan berjalan.

Nah itu dia satu tempat destinasi di kabupaten Ciamis yang cukup menarik untuk dieksplorasi. Akan lebih baik bepergian bersama teman-teman dan menginap di Curug Tujuh Cibolang sehari dan rasakan mandi dari mata air gunung secara langsung.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE