Punya Air yang Sangat Jernih, 4 Danau Bening Ini Cocok Jadi Tempat untuk Stress Release. Nyegerin~

Danau yang punya air jernih dan bening

Alam Indonesia memang nggak ada habisnya menawarkan pesona yang menarik mata untuk dikunjungi. Mulai dari deretan pegunungan hingga pantai, kita bisa menikmati semua keindahannya yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Selain pantai dan pegunungan, Indonesia juga memiliki banyak danau yang tak kalah cantik. Mulai dari Danau Toba hingga Danau Kelimutu yang menjadi salah dua destinasi favorit para wisatawan.

Advertisement

Tak hanya dua danau di atas, ternyata Indonesia juga memiliki danau dengan air yang jernih lo! Bahkan saking beningnya, kamu bisa melihat beragam flora dan fauna bawah laut dengan jelas dari permukaan. Nah, kali ini Hipwee Travel akan memberikan beberapa rekomendasi danau dengan air bening yang bisa menjadi ide berliburmu. Yuk cek selengkapnya!

1. Danau Kaco di Jambi memiliki air yang sangat jernih dan pantulan airnya bisa memancarkan cahaya saat malam hari

Danau Kaco terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Danau ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan situs warisan UNESCO dan memiliki luas sekitar 50 meter persegi dengan kedalaman yang belum diketahui secara pasti. Danau Kaco memiliki air yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Selain itu, danau ini juga bisa memancarkan cahaya terang saat malam hari, terutama saat bulan purnama.

Advertisement

Perjalanan menuju danau ini terbilang cukup panjang karena membutuhkan waktu belasan jam dan harus menyusuri hutan selama kurang lebih 3-4 jam. Tapi, perjalanan yang panjang sepadan dengan pemandangan yang ditawarkan oleh danau jernih ini.

2. Danau Segara Anakan di Malang yang seperti tempat wisata pribadi nan sunyi. Masih jarang dikunjungi para wisatawan nih~

Advertisement

Danau ini sebenarnya merupakan sebuah laguna yang terbentuk dari air laut yang berada persis disebelahnya. Air laut tersebut masuk melalui celah bebatuan dan karang yang terkikis oleh ombak. Kamu bisa mengunjungi danau yang terletak di dalam kawasan Pulau Sempu ini dengan menggunakan transportasi pribadi. Danau Segara Anakan juga merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh Pemerintah Kota Malang.

Saat berkunjung ke sini, kamu akan disambut oleh sekawanan kera putih dan lutung jawa yang berkeliaran di sekitar kawasan danau. Tenang, buatmu yang ingin menyepi dari hiruk pikuk ibukota, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena letaknya jauh dari keramaian dan masih jarang dikunjungi.

3. Kalau Sumba masuk ke dalam bucket list-mu, pastikan kamu mengunjungi Danau Weekuri yang airnya memiliki gradasi warna yang cantik!

Danau cantik ini terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Nama Weekuri sendiri berasal dari kata wee yang berarti ari dan kuri yang berarti percikan. Danau Weekuri dipercaya oleh masyarakat sekitar terbentuk karena percikan air laut yang tembus hingga ke daratan. Sama seperti Segara Anakan yang bersebelahan dengan lautan lepas, Danau Weekuri juga bersebelahan dengan laut sehingga tipe air danaunya asin.

Weekuri memiliki air yang sangat jernih dan gradasi warna yang cantik. Selain menikmati air danau, kamu juga bisa mencoba melihat keindahan danau dari atas bukit. Dari atas, kamu akan melihat danau ini seperti kolam yang jernih.

4. Terakhir, ada Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur yang bikin kamu bakal sulit berkedip karena keindahannya

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimatan Timur. Danau ini memiliki keunikan karena bagian dasar danau memiliki tipe air yang asin dan bagian permukaannya memiliki tipe air yang tawar. Fenomena tersebut disebut sebagai meromictic lake. Penamaan cermin sendiri karena airnya sangat bening seperti cermin.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 6-7 jam dari ibukota Berau. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 4-5 meter. Selain menikmati keindahan danau, kamu juga bisa mencoba aktivitas lain seperti snorkeling dan menyelam lo!

Nah, itulah beberapa danau yang memiliki air yang sangat jernih yang menyegarkan mata. Kira-kira, danau mana nih yang paling ingin kamu kunjungi?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE