Nyicipin Rasanya Dawet Hitam Jembut Kecabut di Purworejo. Seger dan Maknyuss Banget!

Dawet Hitam Jembut Kecabut

Purworejo terkenal akan dawet ireng (hitamnya) yang menyegarkan. Sepanjang jalan menuju Kebumen banyak sekali penjual dawet ireng di kanan kiri jalan. Kamu bisa cobain dawet ireng di tepian sawah nan permai. Namun, dari semua dawet ireng di tepi jalan, tak ada yang sepopuler Dawet Ireng Jembut Kecabut. Waduh, namanya kok agak jorok ya?

Eits jangan berpikiran jorok dulu. Namanya sebenarnya adalah Dawet Hitam Asli Pak Wagiman, Butuh, Purworejo. Namun dawet ini dikenal sebagai dawet Jembut Kecabut, singkatannya Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh. Jadi terkenal dengan nama Dawet Hitam Jembut Kecabut. Lucu sih ya, namun bagaimana dengan rasanya? Yuk simak ulasan Hipwee Travel yang baru saja nyicipin dawet hitam yang satu ini.

Berada di sebelah timur Jembatan Butuh, dawet hitam ini laris banget saat saya datang. Maklum siang-siang yang panas paling seger minum dawet

dawet hitam via www.hipwee.com

Advertisement

Siang hari adalah waktu yang tepat nyicipin dawet ireng. Nah, ternyata sudah rame banget nih warung dawet ireng Jembut Kecabut yang lokasinya berada di timur Jembatan Butuh di Kecamatan Butuh. Ada mobil-mobil terparkir dan juga banyak orang mengantri. Mereka nggak sabar ngicipin dawet ireng yang satu ini. Bagaimana rasanya? Enak dan nyegerin banget pokoknya.

Dawetnya sendiri cuma terdiri dari dawet ireng, santan, dan gula jawa. Tapi entah kenapa rasanya beda dengan dawet di tempat lain

dawet jembut kecabut via www.hipwee.com

Meski bahannya cuma dawet ireng, es, santan dan gula jawa, namun entah kenapa rasanya seger banget. Dawet irengnya terasa beda, lebih lembut dan enak dari dawet ireng yang lain. Rasanya manis namun nggak manis banget sih. Ukuran mangkuknya juga kecil sebenarnya. Jadi nggak cukup kalau cuma 1 mangkuk. Harus nambah deh pokoknya.

Harganya cuma 5 ribu rupiah saja. Pantesan banyak yang antri nambah es dawet irengnya. Wah pada ketagihan ya. Hehehe

ramai banget yang beli via www.hipwee.com

Antrinya panjang banget Gaes karena memang yang ngelayanin cuma 1 orang. Ada puluhan orang yang nongkrong di sana siang tadi. Bahkan 1 orang bisa pesan banyak mangkuk. Apalagi harganya cuma 5 ribu rupiah. Makin kalap deh, sampai bungkus dawet ireng juga. Meskipun nama Jembut Kecabut agak jorok (nggak usah dibayangin) namun rasanya enak banget dan nyegerin. Kamu mesti coba deh.

Advertisement

Kapan main ke Purworejo buat nyicipin dawet ireng Jembut Kecabut?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE