Belakangan, traveling menjadi sebuah hobi sekaligus gaya hidup yang menjamur di kalangan anak muda. Ya, siapa sih yang gak suka menjelajah ke tempat baru untuk merasakan pengalaman baru yang bermakna? Apalagi, jika momen spesial ini dibagi dengan teman seperjalanan yang sevisi, pasti perjalananmu bakal makin berkesan.

Ngomongin soal hobi dan teman seperjalanan, tentunya travel buddy-mu punya hobinya masing-masing selain traveling, dong. Nah, kira-kira hobi macam apa yang sebaiknya dimiliki oleh kamu dan teman seperjalananmu biar bisa saling menggenapkan dan bikin perjalanan kalian makin seru?

1. Seorang penghobi fotografi tahu caranya mengambil sudut dan menentukan komposisi yang tepat. Di tangannya, foto-foto travelingmu pasti tampak artistik dan ciamik!

Fotografer travel

Fotografer travel via www.jalansanasini.com

Advertisement

“Bukan masalah kameranya, melainkan siapa yang ada dibalik kamera itu.”

Punya kamera keren aja gak cukup. Biar kamu bisa membawa pulang foto-foto yang tampak artistik dan cantik, seorang penghobi fotografi harus ada di dalam timmu. Selain biasanya punya kamera yang cukup mumpuni, dia juga memiliki kemampuan untuk menentukan komposisi foto dan sudut yang pas untuk menjadikan fotomu lebih unik, sekalipun peralatannya cuma kamera saku atau kamera ponsel.

2. Sementara, penggemar videografi dan editing bakal membuat perjalananmu terlihat epik lewat gambar bergerak

Videografer

Videografer via twitter.com

Penghobi yang satu ini juga setipe dengan penghobi fotografi, hanya saja ia bermain di ranah gambar bergerak alias video. Lewat kemampuan editingnya, ia bisa menyulap footage video yang tampak biasa menjadi sebuah video perjalanan yang epik. Pastinya bangga dong membawa pulang oleh-oleh video keren untuk dipamerkan ke orang-orang terdekat—orang tua misalnya, “Mak, Bambang masuk tipi!”

Advertisement

Tapi, layaknya penghobi fotografi yang gatal memotret sekelilingnya, seorang videografer juga gatal membuat footage dari ambience di sekelilingnya, mulai dari bunga yang bergoyang sampai manusia yang lalu lalang. Kamu cuma perlu cukup sabar aja, deh.

3. Pengen perjalananmu dituangkan menjadi kisah nan apik? Seorang yang hobi menulis atau nge-blog bisa melakukannya

Travel blogger

Travel blogger via www.wiranurmansyah.com

Seorang blogger biasanya cukup cermat untuk mengubah pengalamannya menjadi rangkaian kata-kata yang menarik untuk dibaca. Biar pengalaman yang kamu dapat selama traveling bisa dituangkan ke dalam tulisan untuk dibagikan ke media sosial, memiliki seorang blogger dalam timmu menjadi hal yang wajib kamu perhitungkan. Apalagi, para blogger ini umumnya berwawasan luas, kamu pasti bisa mendapatkan masukan-masukan yang bermanfaat.

4. Jangan remehkan orang yang hobi memasak. Dia akan memastikan kamu mendapatkan sumber energi yang cukup, tentunya dengan rasa masakan yang menggoda selera

Bawa si hobi masak, dijamin makanmu enak-enak

Bawa si hobi masak, dijamin makanmu enak-enak via routinescape.wordpress.com

Ya, penghobi memasak ternyata sanggup membuat perjalanan kalian makin bersemangat—terutama saat kalian melakukan pendakian yang mengharuskan kalian mengolah makanan sendiri di atas gunung. Temanmu yang pandai masak pasti gak cuma bikin makanan yang sekadar bikin kenyang, tapi juga menggugah selera makan meski di tengah keterbatasan. Makanmu lebih lahap dan kalian pun lebih bersemangat untuk melangkah lagi.

5. Rekan yang suka nge-gym, parkour, maupun street workout paham gimana merilekskan otot-otot yang lelah. Mereka juga bisa diandalkan untuk jadi porter dadakan, lho!

Segini mah cemen!

Segini mah cemen! via underlimit.blogspot.com

Traveling—terutama yang membutuhkan trekking seperti naik gunung, susur pantai, atau camping—jelas merupakan kegiatan yang melelahkan. Nah, temanmu yang suka menempa fisik lewat nge-gym, parkour, atau street workout, tahu caranya buat menjaga tubuh kalian tetap bugar dan merelaksasi otot-otot yang kaku setelah berjalan jauh.

Kalau ada mereka, kamu bakal aman dari kram karena biasanya mereka bakal ngajak pemanasan dan peregangan. Mereka umumnya juga paham gimana mengatasi masalah otot jika kamu mengalaminya di tengah jalan. Terlebih lagi, mereka bisa diandalkan untuk menjadi porter dadakan bila dibutuhkan.

6. Penghobi kegiatan organisasi dan kepanitiaan di kampus juga ada gunanya. Mereka punya banyak koneksi dan piawai dalam hal mengorganisir acara jalan-jalanmu

Anak organisasi dan kepanitiaan

Anak organisasi dan kepanitiaan via heyevi.blogspot.com

Orang yang suka berorganisasi atau terlibat dalam kepanitiaan di kampus maupun di luar kampus juga layak jadi teman traveling yang oke. Dia biasanya punya koneksi yang luas dan terbiasa ngelobi sana-sini. Siapa tahu mereka bisa mendapatkan deal termurah jika kalian butuh kendaraan, penginapan, atau sewa peralatan.

Tak cuma itu, pasrahin aja ke dia untuk mengorganisir perjalanan kalian. Dengan jiwa pemimpin dan ide-idenya yang brilian, pasti perjalananmu bakalan unik dan gak garing.

7. Milikilah teman yang hobi ngelawak atau stand up comedy, dijamin perjalananmu gak bakal ngebosenin

Kayaknya seru ngajak comic traveling

Kayaknya seru ngajak comic traveling via hiburan.kompasiana.com

Nah, punya teman yang hobi ngelucu penting banget nih. Biasanya dia jago memecahkan kebekuan lewat celetukan-celetukan yang jenaka. Dia juga umumnya berwawasan luas dan supel sehingga bisa nyambung dengan siapa aja. Apalagi saat tim kamu lagi dilanda ketegangan. Kamu bakal butuh orang-orang seperti ini untuk meredam rasa panas biar adem lagi.

8. Seorang pecinta alam akan mengajarkanmu banyak hal. Mulai dari teknik survival sampai kesadaran untuk konservasi alam.

Pecinta alam

Pecinta alam via gispala.wordpress.com

Manusia itu tempatnya khilaf, apalagi saat kita lagi bersenang-senang lewat jalan-jalan. Kadang kita tanpa sengaja mengotori atau merusak hal-hal yang seharusnya kita jaga. Nah, seorang yang benar-benar mencintai alam dari lubuk hatinya sudah sepantasnya kita sertakan dalam tim.

Umumnya, seorang pecinta alam dibekali dengan kemampuan survival serta pengalaman mendaki yang mumpuni, sehingga dia bisa mengajarkan banyak hal kepada kita. Dia juga akan menjadi orang pertama yang menegur bila kita mengotori alam. Dijamin, kesadaranmu untuk melakukan konservasi pasti bakal jadi lebih tinggi.

Terlepas dari sifat manusianya, itulah beberapa penghobi yang cocok untuk diajak traveling bareng. Nah, kalau kamu kepikiran hobi lainnya yang sama menarik dan bermanfaatnya, jangan ragu-ragu untuk menambahkannya di komentar, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya