5 Desa Unik di India, Memiliki Penduduk Kembar Terbanyak hingga Tradisi Menikahkan Kodok

Desa unik India

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, India memiliki banyak keunikan. Satu yang umum diketahui banyak orang adalah Bollywood dengan film-filmnya yang kaya nyanyian dan tarian para aktor rupawan.

Advertisement

Jika diulik lebih jauh, keunikan yang dimiliki India nggak ada habisnya. Misal, Negara Anak Benua ini punya sekitar 1.600 bahasa, beragam festival yang semarak, dan seperti yang akan kita bahas kali ini, desa-desa dengan keunikan yang mungkin nggak akan kamu temukan di tempat lain. Penasaran? Berikut 5 di antaranya.

1. Di Desa Shani Shingnapur, Maharashtra, rumah dan bangunan pada umumnya tidak memiliki daun pintu

Keunikan yang ada di Desa Shani Shingnapur adalah rumah dan bangunan pada umumnya tidak memiliki daun pintu. Masyarakat setempat hanya memasangkan tirai pada kusen-kusen untuk menutupi ruangan tertentu di dalam rumah.

Advertisement

Pemandangan tersebut bukan karena cuaca yang gerah atau rasa malas pasang daun pintu, ya. Alasan masyarakat setempat tidak memasang daun pintu karena memiliki kepercayaan kalau Dewa Sani akan melindungi mereka dari segala macam kejahatan. Buktinya, tingkat kejahatan di desa ini memang sangat kecil hingga tidak ada kantor polisi di sana.

2. Di Desa Shetpal, Maharashtra, masyarakat setempat hidup berdampingan dengan ular

Advertisement

Kalau sebagian besar orang akan bergidik berjumpa dengan ular, beda dengan masyarakat Desa Shetpal yang hidup berdampingan bak karib dengan sang reptilia. Ini karena hampir semua orang di Desa Shetpal memelihara ular, mulai dari yang nggak berbisa hingga kobra.

Ular-ular peliharan tersebut biasanya ditempatkan di dalam kandang khusus yang terletak di loteng atau langit-langit rumah. Pemandangan umum yang cukup bikin deg-degan, ya. Meski terdengar ekstrem dan berbahaya, nyatanya belum ada laporan kasus gigitan ular di desa tersebut. Welcome to Shetpal!

3. Hiware Bazar, Maharashtra, desa yang dihuni para jutawan

Terselip di distrik Ahmednagar di Maharashtra, Hiware Bazar adalah desa yang dilanda kemiskinan dan kekeringan sekitar 30 tahun lalu. Namun, pada tahun 1990-an, nasib desa tersebut berubah menjadi desanya para “sultan” setelah sistem irigasi dan pertanian diperbaiki dengan serius.

Kini, sekurangnya 60 kepala keluarga yang menghuni desa ini tajir melintir dari profesi sebagai petani. Pada tahun 1995, pendapatan per kapita penduduk Hiware Bazar hanya 830 Rupee atau sekitar Rp162 ribu per bulan. Kini, pendapatan per kapita di sana sudah lebih dari 30,000 Rupee atau sekitar Rp5,8 juta.

4. Kodinhi, Kerala, desa dengan penduduk kembar terbanyak

Sebuah desa terpencil di distrik Malappuram Kerala ini adalah misteri bagi para peneliti. Bagaimana tidak, Kodinhi adalah desa dengan jumlah anak kembar terbesar di India. Menurut perkiraan, setidaknya terdapat 400 pasang anak kembar di desa yang berpenduduk 2000 keluarga.

Untuk diketahui, rata-rata nasional kelahiran kembar di India adalah 9 dari 1000 kelahiran. Sementara di Kodinhi, jumlahnya mencapai 45 dari 1000 kelahiran. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti fenomena unik ini. Para peneliti berspekulasi hal ini bisa saja terjadi karena faktor genetik.

5. Di Desa Rongdoi, Assam, kamu bisa menyaksikan tradisi pernikahan kodok

Terdengar aneh bin nyeleneh, orang-orang di desa Rongdoi memiliki tradisi pernikahan kodok yang diyakini sebagai salah satu cara menyenangkan dewa hujan. Menurut mitos, jika katak liar yang ditangkap dinikahkan dengan ritual perkawinan tradisional layaknya manusia, maka dalam beberapa hari kemudian hujan akan turun.

Pernikahan yang tidak biasa ini disambut semarak loh oleh masyarakat Desa Rongdoi. Ratusan orang tua dan muda, anak laki-laki dan perempuan akan berkumpul di tempat ritual sampai larut malam untuk menyaksikan pernikahan kodok. Kamu tertarik untuk mampir dan jadi tamu undangan sepasang kodok yang berbahagia?

Itu dia 5 desa unik yang bisa kamu temui di India. Sebenarnya masih banyak lagi desa-desa dengan keunikan memukau di India. Nah, dari lima di atas, mana yang menurutmu menarik?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE