Desain Ibu Kota Baru RepubIik Indonesia di Kalimantan Sudah Rilis. Begini Konsep Tata Kotanya!

Desain Ibu Kota Republik Indonesia

Presiden Jokowi sudah mengambil keputusan bahwa ibu kota Republik Indonesia yang baru akan dibangun di pulau Kalimantan. Realisasinya masih menunggu keputusan dengan pengambil kebijakan yang lain. Namun perpindahan ibu kota diyakini akan terjadi dalam waktu dekat. Setidaknya masih di era pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua.

Advertisement

Hal ini makin dikuatkan dengan beredarnya desain tata kota ibukota Republik Indonesia yang baru seperti yang diungkapkan CNBC Indonesia. Meskipun belum diumumkan lokasi detailnya, namun lokasinya diprediksi di Kalimantan Timur. Seperti apa gagasan desain ibukota yang baru di Kalimantan tersebut? Yuk simak ulasan Hipwee Travel berikut ini ya.

Ibukota baru ini nantinya akan jadi identitas bangsa. Konsep rancangan kota diambil dari perisai Pancasila.

konsep dasar dari perisai pancasila via www.cnbcindonesia.com

Sebuah bahan paparan berjudul ‘Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu Kota Negara (IKN)’ beredar. Dokumen tersebut berisi desain dari Ibu Kota Negara yang baru dan berlogo resmi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dalam konsep gagasan desain ibu kota tersebut, pembangunan ibu kota baru disesuaikan dengan identitas bangsa yakni Pancasila. Unsur perisai di Pancasila dengan 5 sila jadi pusat kota yang membagi kota menjadi 5 lajur/simpang. Pusatnya terdapat Monumen Pancasila, mirip dengan Monumen Nasional namun dengan dasar bintang segilima.

monumen pancasila via www.cnbcindonesia.com

Ibu Kota Negara menjadi Kota yang Compact, mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mencapai tujuan SGs

desain tata kota ibu kota negara via www.cnbcindonesia.com

Konsep kota yang dibangun adalah kota modern yang compact dan inklusif. Tata ruang sangat berorientasi dengan lingkungan (ruang terbuka hijau) dan sosial masyarakat. Tak lupa infrastruktur kota juga saling terintegrasi dengan transportasi publik. Kota juga dibangun dengan koneksi teknologi informasi. Ibu kota yang baru ini juga akan mengedepankan arsitektur yang sesuai dengan kearifan lokal dan arsitektur modern yang dibangun dengan material ramah lingkungan. Kota ini diharapkan mampu menyeimbangkan aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan. Harapannya juga kota ini bisa jadi contoh dan acuan kota-kota di Indonesia pada umumnya. Ibu kota baru akan jadi kota cerdas dan berstandar internasional.

Advertisement

Sebagai sentral ada Monumen Pancasila, lalu di bagian bawah (selatan) akan dibangun Istana Presiden. Tak lupa danau buatan pun akan dibangun di kota ini

desain ibukota via www.cnbcindonesia.com

Kalimantan yang dominan ruang terbuka hijau pun akan tetap dilestarikan dengan konsep Integrasi Ruang Hijau (pohon) dan Biru (air). Kota ini akan didominasi ruang terbuka hijau sekaligus beberapa danau sebagai penyeimbang ekosistem di kawasan tersebut. Monumen Pancasila akan dibangun sebagai sentral kota, di mana lokasinya satu garis lurus dengan Istana Presiden. Lalu di sebelah kiri ada Perumahan Menteri yang bersanding dengan TNI dan Polri. Belum diketahui kawasan yang diperuntukkan untuk pegawai pemerintah ataupun masyarakat umum.

Bagaimana menurut kamu desain ibu kota yang baru ini?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE