7 Destinasi Alam yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan Kalau Berkunjung ke Papua. Eksotis Banget!

Destinasi alam Papua

Rasanya nggak berlebihan kalau ada seseorang yang mengatakan bahwa Papua adalah tanah surga. Selain memiliki sumber daya alam yang melimpah, Papua adalah pulau dengan sejuta destinasi wisata alam yang eksotik. Destinasi wisata alam di pulau Cenderawasih amat lengkap dan bukan cuma Raja Ampat doang lo~

Advertisement

Dari mulai pantai, gunung, lembah, desa, sampai air terjun. Bahkan hanya di pulau Papua, orang Indonesia bisa merasakan salju abadi. Nah buat kamu yang berencana pergi liburan akhir tahun ke Papua, Hipwee Travel sudah merangkum 10 destinasi wisata alam yang nggak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi. Daripada berlama-lama dan penasaran, yuk langsung simak selengkapnya di bawah ini!

Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Taman Nasional Laut terbesar di Indonesia. Cocok banget buat kamu yang hobby menyelam!

Untuk kamu yang senang olahraga diving dan menyelam, mengunjungi TN Teluk Cendrawasih harusnya ada di dalam bucket list kamu! Taman Nasional laut terbesar di Indonesia ini menjadi rumah bagi banyak binatang laut yang bisa kamu nikmati sambil diving.

Advertisement

Taman Nasional yang berada di antara Kabupaten Wondama dan Nabire ini menjadi rumah bagi 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan. Jika beruntung kamu juga dapat melihat dan berinteraksi dengan ikan hiu paus. Meskipun bernama hiu paus, nyatanya ikan ini adalah spesies jinak yang hanya memakan plankton saja!

Berenang dengan ikan pari manta dan menginap di resort sambil menikmati Raja Ampat. Wisata laut paling terkenal se-Indonesia

Pemandangan Raja Ampat, yang lautnya tersohor sampai jauh | Foto oleh Ady Arif Fauzan via pixabay.com

Masih berkaitan sama laut dan diving. Selanjutnya ada Raja Ampat! Sepertinya tempat ini sudah nggak perlu pengenalan lebih jauh lagi ya? Konon katanya, keindahan pemandangan dan laut tempat ini setara dengan Kepulauan Maladewa dan Kepulauan Mikronesia!

Kamu nggak hanya bisa ber-snorkeling dan diving saja di tempat yang menampung 75% spesies laut dunia ini. Jika sedang musim, kamu bisa melihat rombongan ikan pari manta berkembang biak dan mengamatinya dari dekat. Enggak cuma itu aja, kamu bisa melakukan island hopping untuk melihat keindahan lokal atau mengunjungi Kepulauan Wayag dan menaiki bukit di sana untuk melihat Raja Ampat dari tempat yang lebih tinggi.

Advertisement

Taman Nasional Lorentz, taman nasional terbesar dengan kekayaan hayati terlengkap di Asia Tenggara

Puncak Jaya Wijaya dari kejauhan, dilihat di Taman Nasional Lorentz | Foto oleh Alfindra Primaldhi via commons.wikimedia.org

Papua punya sebuah Taman Nasional yang terbesar dan memiliki kekayaan hayati dan ekosistem paling besar di Asia Tenggara, namanya adalah Taman Nasional Lorentz (TN Lorentz). Taman Nasional yang mencakup pegunungan Jayawijaya ini, saking besarnya masih belum terpetakan dengan detail sampai sekarang! Kamu bisa berkemah dan menikmati kekayaan alam Papua di sini dengan pemandangan pegunungan Jayawijaya, serta melihat bagaimana flora dan fauna asli Papua di habitat asalnya.

Bagi pengamat dan pecinta burung, taman nasional ini adalah salah satu tempat yang wajib banget ada di daftar kunjungan! Karena hampir 70% spesies burung di Papua ada di tempat ini, seperti kasuari dan beberapa jenis cendrawasih endemik yang tidak ditemukan di tempat lain!

Mengunjungi masyarakat dan belajar adat suku asli Papua di Lembah Baliem dan menyaksikan Festival Lembah Baliem

Lembah Baliem yang masih terletak di daerah pegunungan Jayawijaya dan TN Lorentz ini namanya tersohor di penjuru dunia sebagai tempat dengan pemandangan yang apik dan keragaman budaya yang unik. Tempat yang berada pada ketinggian 1.600 mdpl ini adalah rumah bagi beberapa suku asli Papua yang masih menjalankan tradisi leluhurnya. Jika kamu pernah mendengar upacara potong jari sebagai bentuk kesedihan, di tempat inilah upacara itu berasal dan dipraktikkan oleh Suku Dani, suku asli dari sini.

Nggak cuma itu aja, Lembah Baliem memiliki sebuah festival budaya berskala internasional dengan nama “Festival Lembah Baliem”. Di festival ini, kamu akan menemukan berbagai macam kerajinan dan tradisi leluhur yang diperlihatkan sebagai sebuah atraksi wisata. Tetapi puncak dari festival ini adalah tarian peperangan yang akan melibatkan banyak orang sehingga terkesan memang seperti perang suku sungguhan!

Mengunjungi Danau Habema, danau dengan lokasi tertinggi di Indonesia yang syahdu pemandangannya

Pemandangan Danau Habema yang tidak tertutup kabut | Foto oleh RaiyaniM via commons.wikimedia.org

Danau Habema adalah danau tertinggi di Indonesia, karena terletak pada ketinggian 3.225 mdpl dan berada di kaki Gunung Trikora, jangan heran kalau udara di sini sangat dingin. Selain tempatnya yang tinggi, danau ini juga punya sebutan unik, yaitu “Danau di Atas Awan”. Julukan ini melekat karena pada siang hari, biasanya pemandangan danau ini akan tertutup oleh kabut, sedikit tips untuk kamu yang mau berkunjung, disarankan untuk datang pada pagi hari, karena pemandangannya masih terlihat jelas.

Karena masih terletak di area TN Lorentz maka kamu bisa menikmati pemandangan danau ini disertai puncak bersalju pegunungan Jayawijaya, selain itu di sini juga masih sering terlihat beberapa hewan endemik Papua, seperti cendrawasih atau tumbuhan anggrek hitam yang terkadang masih bisa ditemukan di sekitaran danau ini.

Mendaki Puncak Jaya Wijaya dan melihat salju abadi di salah satu puncak gunung tertinggi di dunia

Pegunungan Jayawijaya dari atas | Foto oleh Enda Kaban via commons.wikimedia.org

Selain menyimpan beraneka ragam kekayaan hayati, di TN Lorentz juga terdapat salah satu puncak gunung tertinggi di dunia, namanya Puncak Jaya Wijaya. Puncak gunung yang masih termasuk dalam deretan pegunungan Jayawijaya ini menjadi 1 dari 7 puncak gunung tertinggi di dunia yang dikenal dengan sebutan “The Seven Summit”.

Di Puncak Jaya Wijaya, kamu akan menemukan satu-satunya tempat di Indonesia yang tertutup salju sepanjang tahun, kita mengenal area ini dengan sebutan salju abadi. Sayangnya nggak semua orang bisa muncak ke sini lo, diperlukan persiapan yang lama dan matang karena medan pendakiannya unik, lantaran tidak ada gunung dengan ketinggian dan medan sejenis lainnya di Indonesia. Selain itu kamu juga perlu mengajukan ijin khusus untuk mendaki puncak ini (yang mengurus dan keluarnya juga akan makan waktu).

Bersantai di Pulau Rumberpon, menikmati keindahan pantai yang eksotis

Salah satu pantai yang nggak kalah cantik dari Raja Ampat di Papua adalah Pulau Rumberpon. Kepulauan yang berada di Kabupaten Teluk Wondama ini muncul sebagai destinasi pantai baru yang bisa bersanding keindahannya dengan Raja Ampat.

Kamu bisa bersantai dan menikmati pantai pasir putih di penginapan pinggir laut, snorkeling, diving, dan melakukan olahraga air lainnya di sini. Jika di Raja Ampat kamu bisa berenang dengan ikan pari manta, maka di Pulau Rumberpon kamu bisa berenang dan berinteraksi dengan ikan dugong atau yang biasa dikenal dengan nama ikan duyung!

Nah itu dia destinasi wisata alam yang ada di tanah Papua. Gimana menurut kalian? Udah percaya kan kalau tanah Papua adalah tanah surga? Ya semoga saja kita semua diberikan rezeki agar suatu saat bisa main ke salah satu tempat di atas. Aminn~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE