5 Destinasi Wisata Alam di Sekitar Sirkuit Mandalika yang Jadi Lokasi World Superbike. Seru!

Destinasi wisata di sekitar Sirkuit Mandalika

Baru-baru ini Kota Lombok sedang menjadi sorotan karena gelaran World Superbike 2021 baru saja berlangsung di Sirkuit Mandalika yang belum lama ini diresmikan. Sirkuit Mandalika menjadi salah satu jalur balap motor yang memiliki pemandangan alam yang indah.

Advertisement

Nah, bagi kamu yang sedang berada di sekitar kawasan sirkuit, kali ini Hipwee Travel akan memberikan beberapa rekomendasi wisata yang ada di sekitar Sirkuit Mandalika. Yuk simak ulasan selengkapnya!

1. Bila sedang berada di Kota Lombok, jangan lupa sambangi Pantai Tanjung An yang punya pemandangan laut yang indah

Nggak jauh dari Sirkuit Mandalika, kamu bisa menyambangi Pantai Tanjung An yang terletak di wilayah Sengkol, Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat yang memesona berkat pasir putih yang berpadu dengan birunya air laut. Di pantai ini kamu bisa mencoba beberapa aktivitas seperti berenang, snorkeling, berselancar, dan berburu kuliner kas Lombok. Jangan lupa siapkan biaya untuk parkir kendaraan, ya!

Advertisement

2. Berada nggak jauh dari Pantai Tanjung An, kamu bisa naik ke atas Bukit Merese untuk melihat lanksap alam yang cantik!

Dalam sekali jalan, kamu bisa menyambangi dua destinasi wisata sekaligus. Yup, Bukit Merese merupakan sebuah bukit yang mengelilingi Pantai Tanjung An. Bukit Merese jadi salah satu spot terbaik untuk melihat matahari tenggelam di Kota Lombok. Kamu hanya perlu berjalan kaki dari pantai untuk mencapai bukit ini dan sampai saat ini belum ada biaya retribusi sehingga tiket masuknya gratis, guys!

3. Pantai Kuta Mandalika juga punya pemandangan alam yang nggak kalah indah. Birunya air laut mampu menyegarkan mata

Advertisement

Dari Pantai Tanjung An dan Bukit Merese, kamu bisa lanjut menyambangi Pantai Kuta Mandalika yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat selama sekitar enam belas menit dari Sirkuit Mandalika. Sama seperti Pantai Tanjung An, Pantai Kuta Mandalika juga memiliki pasir putih yang berbentuk seperti buliran merica. Pantai ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi upacara adat Bau Nyale yang diadakan satu tahun sekali oleh Suku Sasak.

4. Ingin mencoba lintasan berkelok di Lombok? Kamu bisa menyambangi Taman Wisata Pusuk Sembalun yang punya udara sejuk

Taman Wisata Pusuk Sembalun berada di lereng Gunung Rinjani sehingga ketika berkunjung kamu bisa merasakan hawa sejuk dari cuaca pegunungan yang dingin. Taman wisata ini menjadi wisata alam sekaligus wisata sejarah karena taman wisata ini memiliki jejak sejarah mengenai awal mula terbentuknya Desa Adat Sembalun. Bagi kamu yang ingin berkunjung, pastikan cuaca cerah karena daerah ini juga rawan longsor.

5. Sebelum kembali ke daerah asal, sempatkan juga untuk mampir ke Desa Adat Sade untuk membeli kain tenun khas Lombok

Sebelum kembali ke daerah asal, kamu juga bisa menyempatkan untuk mampir ke Desa Adat Sade yang menawarkan wisata sejarah dan budaya. Desa ini juga menjadi tempat tinggal bagi suku asli Lombok yakni Suku Sasak. Mereka juga masih sangat menjaga tradisi adat dengan mempertahankan bentuk rumah adat yang atapnya terbuat dari ilalang dan dinding dari anyaman bambu.

Selain itu, masyarakat Suku Sasak juga masih menggunakan kotoran hewan kerbau untuk membersihkan lantai rumah mereka. Setelah puas berkeliling melihat rumah adat, kamu juga bisa mampir ke salah satu rumah yang menjual kain tenun khas Lombok sebagai oleh-oleh.

Nah itu dia beberapa destinasi wisata yang terdapat di sekitar Sirkuit Mandalika. Kira-kira destinasi mana nih yang paling ingin kamu kunjungi, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE