Netizen Malaysia dan Indonesia Bersatu Membela Rendang yang Dianggap Harus Crispy

Perseteruan netizen Indonesia dan Malaysia untuk sementara terhenti. Hal ini karena ada musuh bersama, yakni juri Master Chef UK yang berkomentar seenaknya soal rendang. Adalah Gregg Wallace dan John Torode yang memberikan komentar bahwa rendang ayam haruslah krispi dan mengeliminasi peserta asal Malaysia dengan alasan itu. Sontak, netizen Malaysia pun ‘ngamuk’ dengan penilaian ngawur itu. Mereka menganggap juri Master Chef UK itu nggak ngerti apa-apa soal masakan Asia.

Menariknya, jika selama ini netizen Indonesia dan Malaysia saling mengklaim, kini justru saling mendukung. Dunia maya pun riuh dengan ‘pertarungan’ komentar antara juri Master Chef UK dan netizen 4 negara, Malaysia, Indonesia lalu kemudian Singapura dan Brunei ikut serta. Wah penasaran ‘kan gimana serunya? Simak ulasannya di Hipwee Travel ya.

Jadi awalnya, Zaleha Kadir Olpin peserta asal Malaysia yang kini menetap di Inggris sedang mengikuti kompetis Master Chef UK. Temanya pun masakan yang punya kenangan khusus dengan si peserta. Alhasil, Zaleha memasak rendang

nasi lemak dan rendang via says.com

Advertisement

Zaleha memilih memasak nasi lemak dan rendang karena makanan itu sangat berkesan baginya sewaktu kecil. Ia pun kemudian menata piringnya yang berisi nasi lemak lengkap dengan teri, udang, telur dan rendang. Setelah makanan siap, kemudian Zaleha menyajikan untuk para juri. Juri bernama Gregg Wallace berkomentar seperti ini.

“I like the rendang flavour, there’s a coconut sweetness, however, the chicken skin isn’t crispy. It can’t be eaten and all the sauce is on the skin, I can’t eat”

“Saya suka rasa rendang, ada rasa manisnya, namun kulit ayamnya tidak renyah/ krispi. Tidak bisa dimakan dan semua sausnya ada di kulit (tidak meresap), saya tidak bisa memakannya.”

Dia beranggapan bahwa masakan rendang Zaleha tidak bisa ia nikmati gara-gara rendangnya tidak krispi. Padahal dari dulu rendang tidak pernah krispi. Ia juga berujar bahwa bumbu atau saus rendangnya cuma di kulit saja. Ya wajar dong masaknya cuma sejam doang. Padahal rendang butuh waktu lama untuk memasaknya. Hal ini sontak memicu perdebatan di media sosial Twitter. John Torode pun mengatakan bahwa pilihannya menggunakan rendang ayam untuk lauk nasi lemak itu tidak tepat. Di akhir, Zaleha pun tereliminasi gara-gara hal itu.

Bukannya mengakui kesalahan, John Torode justru ‘mengadu’ netizen Malaysia dengan Indonesia dengan menyebutkan rendang dari Indonesia. Ia juga tampak tak paham Asia Tenggara ketika justru berkata Namaste

komentar john torode via says.com

Advertisement

Netizen Malaysia dan Indonesia pun bersatu untuk melawan opini yang tidak benar mengenai rendang tersebut. Alih-alih kena adu domba dan ribut soal klaim, netizen kedua negara justru bersatu dan mengajak Singapura dan Brunei untuk ikut serta Twitwar. Tidak ada rendang yang diciptakan dengan ayam krispi. Tapi jawaban John justru nggak keren dengan bilang ‘Maybe rendang from Indonesia.’ Ia ingin mengadu netizen Malaysia dan Indonesia untuk saling klaim tapi nggak berhasil. Netizen Indonesia juga protes karena di Indonesia rendang juga nggak krispi. Salahnya lagi, ia justru mengucap ‘Namaste’ yang asalnya dari India/Nepal alih alih mengucapkan ‘Terima Kasih’ atau ‘Salam’ yang khas Asia Tenggara. Maka dari itu mereka berdua jadi bulan-bulanan netizen dan muncul banyak meme kocak tentang rendang krispi.

Tumben ya netizen Malaysia dan Indonesia (plus Singapura dan Brunei) yang selama ia saling klaim budaya dan kuliner, malah bersatu atas nama rendang. Menarik.

meme rendang crispy via style.tribunnews.com

Kasus ini jadi pelajaran menarik bahwa rendang krispi jadi pemersatu keempat bangsa. Hal ini juga menjadi bukti bahwa juri sekelas Master Chef UK tidak mengenal betul kuliner nusantara. Mereka berkata hanya dengan asumsi dan kekeuh dengan asumsi tersebut meskipun netizen asal Malaysia dan Indonesia sudah banyak yang memprotesnya. Tak cuma netizen, bahkan Perdana Menteri Malaysia, Najid Razak pun ikut mencuit, ‘mana ada orang makan rendang ayam ‘crispy?’

Hal ini tentunya jadi kabar baik untuk promosi rendang di dunia internasional. Makanan khas yang berasal dari Padang ini kini makin mendunia dan bikin penasaran. Kuliner yang mendapat predikat paling enak di dunia ini diharapkan makin terkenal dan tugas kita pulalah untuk melestarikannya.

Semoga negara-negara di nusantara dan Asia Tenggara bisa bersatu tak cuma oleh rendang, tapi oleh budaya lainnya yang tidak jauh beda. Mudah-mudahan ini jadi titik balik persatuan di Asia Tenggara. Terima kasih rendang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya