Ramai Diperbincangkan, Berikut 4 Fakta Menarik Hagia Sophia, Museum yang Kembali Dijadikan Masjid

Fakta Hagia Sophia

Pada hari Jumat tanggal 10 Juli 2020, presiden turki Erdogan secara resmi mengalihfungsikan bangunan Hagia Sophia sebagai masjid. Kini umat Islam di seluruh Turki dipersilahkan untuk beribadah di bangunan bersejarah panjang tersebut. Keputusan Erdogan ini rupanya menjadi perbicangan hangat di sosial media.

Advertisement

Meski disambut secara sukacita oleh umat muslim di Turki, pengadilan yang memtuskan pencabutan status museum pada Hagia Sophia nggak luput dari kritikan. Terutama kritik dari dunia Internasional karena bangunan tersebut begitu bersejarah bagi banyak orang. Penasaran? Yuk langsung aja simak selengkapnya soal fakta menarik Hagia Sophia di bawah ini

1. Bangunan berkubah yang bernama Hagia Sophia memiliki arti holy wisdom alias kebijaksanaan yang suci

Hagia Sophia via www.kompas.com

Hagia Sophia merupakan ikon kota Istanbul abad keenam. Hagia Sophia begitu terkenal di kalangan umat islam maupun umat kristen Ortodoks. Nama Hagia Sophia sendiri memiliki arti holy wisdom atau kebijaksanaan yang suci. Hagia Sophia sendiri adalah bangunan yang merupakan monumen berkubah yang dibuat untuk katedral pengikut kristen ortodoks di Konstantinopel atau sekarang lebih dikenal dengan nama Istanbul, Turki. Hagia Sophia sendiri memiliki nama lain seperti Ayasofya dan Sancta Sophia.

2. Struktur bangunan Haghia Sophia dibangun dalam waktu 6 tahun oleh ahli mekanika dan matematika

Selain memiliki nama yang filosofis, fakta menarik lain dari Hagia Sophia adalah waktu pembuatan bangunan. Bangungan bersejarah ini dibangun dalam waktu yang cukup singkat yakni hanya 6 tahun saja. Karena pembuatannya yang relatif singkat dan cepat, nama arsitek yang membangun Hagia Sophia menjadi terkenal ke seluruh dunia. Mereka adalah Antemius dari Tralles dan Isidore dari Melitus. Konon keduanya memiliki keahlian di bidang mekanika dan matematika.

Advertisement

3. Hagia Sophia sempat terbakar karena pemberontakan dan revolusi yang terjadi di Konstantinopel. Bahkan bangunan ini pernah runtuh karena gempa bumi yang terjadi pada tahun 558

Hagia Sophia via www.kompas.com

Meski kini masih berdiri dengan kokoh ternyta bangunan Hagia Sophia pernah mengalami kerusakan beberapa kali. Sebelum seperti sekarang, struktur Hagia Sophia pertama dibangun dengan atap kayu. Bangunan ini sempat terbakal saat terjadi pemberontakan di Konstantinopel pada tahun 404M. Setelah diperbaiki kembali, Hagia Sophia kembali terbakar untuk kedua kalinya saat terjadi Revolusi Nika.

Kerusakan akibat Revolusi Nika terjadi cukup parah sehingga pemimpin saat itu memerintahkan untuk merombak ulang bangunan tersebut. Pembongkaran terjadi pada tahun 532 dan selesai pada tahun 537. Strutkur bangunan ini kembali runtuh akibat gempa besar yang terjadi pada tahun 558 dan mendapat renovasi sehingga berdiri hingga sampai saat ini.

4. Karena bangunan ini begitu terkenal dan bersejarah, Hagia Sophia pernah beralih fungsi beberapa kali. Dari mulai menjadi katedral, masjid dan museum

Advertisement

Interior Hagia Sophia via www.kompas.com

Sebelum ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO, Hagia Sophia beberapa kali beralih fungsi. Saat penaklukan Konstantinopel olehKekaisaran Ottoman, bangunan ini dialihfungsikan menjadi masjid. Sebelumnya Hagia Sophia adalah tempat ibadah orang kristen ortodoks. Saat perubahan menjadi mesjid, Hagia Sophia mengalami perubahan pada interior. Mozaik-mozaik kristen ortodoks banyak ditutupi dengan kaligrafi islam. Lalu pada tahun 1934, tempat ini dijadikan Museum oleh pemerintah yang berkuasa saat itu. Kini keputusan tahun 1934 tersebut dibatalkan dan Erdogan menjadikan Hagia Sophia kembali jadi masjid.

Berikut tadi beberapa fakta mengenai Hagia Sophia, ya wajar sih kalau terjadi banyak pertentangan terlepas dari apapun keputusan pengadilannya. Lha wong bangunan yang satu ini benar-benar punya banyak nilai sejarah. Hmm… Semoga ke depannya bisa mampir main ke sini ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE