6 Festival Unik di Dunia yang Cocok banget Kamu Datengin kalau Mau Bergembira dengan Banyak Orang

festival unik di dunia

Sebuah festival biasanya diselenggarakan sebagai sebuah perayaan untuk memperingati sebuah peristiwa atau kejadian. Dengan adanya keragaman ras, suku, dan budaya penduduk dunia, hal ini menjadikan ada banyak festival yang dirayakan di dunia untuk memperingati berbagai hal. Tentunya festival ini bisa menjadi daya tarik sendiri untuk dijadikan destinasi wisata ketika mengunjungi sebuah kota atau negara.

Advertisement

Tentunya setiap kota dan negara memiliki festival unik yang nggak bisa kamu temui di tempat lain, nggak jarang festival ini juga merupakan sebuah warisan budaya yang telah dilakukan selama beratus-ratus tahun oleh masyarakat tersebut. Hipwee udah merangkum 6 festival unik di dunia yang pas banget buat kamu kunjungi untuk merasakan pengalaman baru dan seru!

Saling melempar tepung berwarna dalam Festival Holi di India yang dirayakan untuk menyambut musim semi

Salah satu ciri khas festival Holi adalah bubuk berwarna yang dilemparkan oleh para pesertanya | Credit: John Thomas via unsplash.com

Festival pertama dating dari India, sebagai salah satu negara yang memiliki banyak festival, Festival Holi menjadi salah satu yang cukup dikenal oleh masyarakat dunia. Festival yang diadakan untuk menyambut musim semi ini adalah sebuah bentuk syukur dan pengharapan warga India agar panen yang dihasilkan tahun ini subur serta melimpah. Fesrtival ini biasanya juga dikenal dengan nama “Festival of Colours” karena dalam perayaan festival ini mengunakan bubuk pewarna.

Dimulai dengan menyalakan api unggun Holika, masyarakat akan berkumpul untuk bernyanyi dan menari bersama, selain itu mereka juga akan saling melemparkan tepung berwarna ke arah orang lain, entah itu menggunakan baskom, semprotan atau media lain. Lempar-lemparan tepung ini adalah salah satu cara yang dimaksudkan agar semua orang dapat bergembira dan melupakan kebencian terhadap orang lain serta sebuah bentuk perayaan kemenangan kebaikan melawan kejahatan.

Advertisement

Ikut perang tomat terbesar di dunia dalam Festival La Tomatina di kota Bunol, Spanyol

Orang-orang saling melempar dan bermain pada gundukan tomat di festival La Tomatia | Credit: MikeJamieson(1950) via www.flickr.com

Festival yang diadakan setiap bulan Agustus di kota Bunol, Spanyol ini adalah salah satu festival yang cukup unik dan sering dijadikan tujuan wisata. Kamu akan melakukan perang tomat paling epic dan perang makanan terbesar di dunia lho dengan menjadi bagian dari festival ini. Festival ini biasanya dimulai pada pukul 11 siang dan berlangsung selama 1 jam atau sampai tomat-tomat yang disediakan habis dan nggak bisa dilempar lagi.

Festival ini memiliki latar belakang yang cukup unik. Awalnya ada dua kelompok anak muda yang bertikai di kotga Bunol, pertikaian ini menimbulkan lempar-lemparan tomat, sebelum berakhir damai. Pemerintah kota Bunol melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang seru dan menciptakan festival ini sebagai atraksi wisata. Kini dalam setiap perayaan festival La Tomatina, panitia akan menyediakan beberapa truk berisi tomat dan beberapa mobil water canon yang bisa digunakan oleh peserta untuk “berperang” dan bergembira.

Berlari mengejar keju dan menuruni bukit pada Festival Cheese Rolling yang diadakan di Inggris

Orang-orang berjibaku menuruni bukit mengejar keju dalam festival Cheese Rolling | Credit: Dave Farrance via commons.wikimedia.org

Sebenarnya festival ini salah satu yang aneh dan sedikit absurd. Setiap akhir bulan Mei, desa Brockworth di Inggris akan mengadakan sebuah festival dan perlombaan mengejar roda keju seberat 9 pound menuruni bukit. Acara ini cukup menantang dan setiap tahunnya sering memakan korban lho karena menuruni bukit sambil berlari mengejar sebuh keju itu bukanlah sebuah kegiatan yang aman!

Meskipun begitu setiap tahun panitia acara ini selalu menambahkan pengamanan untuk melindungi para peserta agar tidak mengalami cidera yang serius. Tradisi yang sudah berjalan kurang lebih selama 200 tahun ini sebenarnya tidak diketahui apa tujuan pastinya. Tetapi beberapa sumber mengatakan bahwa festival ini diadakan untuk menyambut musim tanam baru dan merayakan berakhirnya musim dingin.

Memacu adrenalin sambil dikejar banteng dalam Pamplona Bull Run di Spanyol sambil merayakan Festival Sanfermines/Santo Fermin

Ada yang berani mencoba jadi peserta festival ini dan dikejar banteng? | Credit: San Fermin Pamplona via pixabay.com

Buat yang suka adrenalin, kamu bisa banget ikut festival ini, soalnya di festival ini kamu diharuskan berlari menyelamatkan diri dari kejaran banteng-banteng yang dilepaskan di jalan-jalan kota San Fermin. Pamplona Bull Run sendiri adalah sebuah bagian dari Festival Sanfermines. Sebuah Festival yang diadakan oleh masyarakat San Fermin untuk memperingati wafatnya Santo Fermin di kota ini.

 Festival ini berlangsung selama seminggu penuh, dimana setiap paginya akan dilangsungkan Pamplona Bull Run, jadi untuk yang ingin merasakan lari dikejar banteng, kamu punya kesempatan seminggu penuh yang diberikan doleh festival ini. Selain Bull Run, biasanya Festival Sanfermines ini juga menampilkan tarian dan pembacaan doa-doa serta ritual keagamaan untuk menghormati Santo Fermin,

Datang ke Festival paling besar sedunia di Rio Carnival yang diadakan di kota Rio de Janeiro, Brazil

Parade kendaraan hias dan tari samba pada Rio Carnival | Credit: Terry George via www.flickr.com

Rio Carnival adalah sebuah festival terbesar di dunia. Acara ini digelar setiap tahun sebelum paskah. Festival ini biasanya dihadiri hingga 2 juta orang yang memadati jalan-jalan utama kota Rio de Janeiro untuk melihat mobil pawai, penari samba dengan kostum yang meriah, serta tarian dan nyanyian tradisional suku pedalaman Brazil hingga pertunjukan capoeira.

Pertunjukkan utama dalam Rio Carnival adalah mobil-mobil pawai besar yang dihias dengan megah sebagai panggung untuk para penari samba. Atraksi goyang samba ini biasanya diikuti oleh berbagai sanggar yang tersebar di seantero Brazil. Tarian serta koreografi yang ditampilkan dalam festival ini bisa sampai melibatkan 200 orang lho

Indonesia juga punya sebuah festival internasional yang diadakan di kota Jember, namanya Jember Fashion Carnaval

Salah satu peserta dan kostum dalam pagelaran Jember Fashion Carnaval | Credit: baka_neko_baka via www.flickr.com

Nah festival yang terakhir ini berasal dari Indonesia nih! Namanya Jember Fashion Carnaval. Festival yang diadakan di kota Jember ini menampilkan parade dengan berbagai model yang menggunakan kostum adat yang dirancang oleh berbagai perancang busana dan diselenggarakan  dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.

Festival yang diadakan selama satu minggu penuh di bulan Agustus ini sebenarnya dimulai dari keresahan Dynand Fariz yang melihat banyaknya group reog yang memadati jalan untuk merayakan HUT kota Jember. Akhirnya dia menggagas festival ini agar Jember memiliki sebuah wisata tahunan yang unik dan menarik. Festival ini sudah sangat terkenal dan juga banyak didatangi oleh turis mancanegara lho!

Nah SoHip, itulah beberapa festival menarik yang kamu bisa datangi untuk mencoba petualangan baru! Tentunya pastikan tanggal penyelenggaraannya dan pastikan bahwa pandemic sudah berakhir ya, sebelum kamu memutuskan untuk terbang menghadiri festival tersebut!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE