Perseteruan Garuda Indonesia dan Youtuber Rius Vernandes telah menyita perhatian publik sepekan belakangan. Kasus berawal dari unggahan menu kelas business class dengan kertas tulisan tangan di Instastory Rius Vernandes. Hal itu memancing respon Garuda untuk menerbitkan larangan mengambil gambar dan video di pesawat meski pada akhirnya dicabut.

Respon paling bikin netizen geleng-geleng kepala adalah diadukannya Rius Vernandes ke kepolisian terkait kritikannya tersebut oleh Serikat Karyawan Garuda. Sebuah sikap baper yang muncul dari sebuah perusahaan plat merah yang seharusnya melayani konsumennya dengan baik. Namun, pada Jumat pagi (19/7) kemarin mereka memutuskan berdamai. Garuda pun memberi kompensasi yang lumayan wow. Rius malah dapat tiket First Class!

Garuda dan Rius akhirnya dimediasi oleh Hotman Paris. Mereka akhirnya berdamai dan laporan kepolisian pun dicabut

garuda dan rius berdamai via www.inews.id

Advertisement

Hotman Paris Hutapea ada di balik perdamaian antara Garuda Indonesia dan Rius Vernandes. Awalnya ia diminta Garuda untuk jadi pengacara mereka. Namun, Hotman Paris justru menolak dan ingin menawarkan mediasi karena hal ini tidak elok bagi maskapai kebanggaan Indonesia seperti Garuda. Akhirnya, pada Jumat pagi, Hotman dan manajemen Garuda Indonesia melakukan pertemuan untuk membahas rencana mediasi. Pihak Garuda Indonesia pun menghubungi Rius dan disambut positif.

Direktur Garuda Indonesia, Ari Askhara justru menyampaikan agar Rius mau mereview semua kelas di Garuda. Ia dapatkan tiket First Class gratis

garuda indonesia via marketeers.com

“Kita meminta Rius untuk mereview juga semua penerbangan, tidak hanya spesial untuk kelas bisnis saja. Ada juga kelas ekonomi dan first class kita. Itu saya akan kasih kepada Rius free untuk di first class. Tapi,  saya mau yang jelek-jelek saja, kalau yang bagus semuanya sudah tau,” kata Ashkara di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Juli 2019.

Direktur Garuda Indonesia, Ari Askhara, menyatakan bahwa ia ingin Rius melakukan review terhadap kelas First Class maupun Economy Class, nggak cuma Business Class aja. Nggak cuma itu aja, Ari Askhara akan kasih tiket First Class gratis untuk Rius. Tapi dengan syarat, ia meminta Rius review yang jelek-jeleknya saja, karena kalau bagusnya semua orang sudah tahu. Ari Askhara menambahkan bahwa Garuda Indonesia tidak anti dengan kritik.

Rius juga diminta untuk mengunjungi beberapa fasilitas milik Garuda Indonesia seperti GMF hingga training center Garuda

kenapa nggak dari awal begini sih? via www.traveller.com.au

Advertisement

“Tadi sudah saya sampaikan ke Rius, saya pribadi atas nama CEO Garuda Indonesia mengundang Rius untuk mengunjungi semua fasilitas kami yang ada di Garuda Maintenance Facility (GMF), katering, Garuda Indonesia Training Center (GITC). Rius juga bisa melihat cabin crew kita yang menarik dengan kebayanya,” ujar Ari Askhara dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2019.

Kini Rius justru dimanjakan dengan tawaran Garuda Indonesia. Nggak cuma dikasih tiket First Class gratis (harganya puluhan juta rupiah), dia juga diundang untuk mengunjungi fasilitas Garuda Indonesia. Mulai dari Garuda Maintenance Facility (GMF), katering, Garuda Indonesia Training Center (GITC) hingga mengunjungi cabin crew dengan kebayanya yang cantik dari Anna Avantie. Wah bakal banyak banget nih konten yang bisa Rius bikin. Ada hikmahnya juga ya kasus ini viral. Hehehe.

Prinsipnya sih, ketika ada kritikan dari konsumen, jadikanlah itu sebagai langkah untuk memperbaiki pelayanan. Jangan seperti anti kritik dan justru defensif terhadap masukan yang ada. Semoga kasus seperti Rius vs Garuda nggak terjadi lagi ya di kemudian hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya