Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang saat libur lebaran. Kalau piknik ke tempat wisata selalu terjebak macet dan terkesan begitu-begitu aja, kamu bisa kok coba cara lain yang unik dan anti-mainstream. Salah satunya dengan membuat manipulasi foto dengan fotografi mainan.

Apa sih fotografi mainan? Nah, kali ini Hipwee Travel mau mengajakmu melihat hasil karya dari salah satu fotografer yang menekuni fotografi mainan. Dijamin bisa jadi hiburan sekaligus inspirasi buat kamu yang masih bingung mau ngapain pas liburan. Yuk, disimak!

Fotografer yang dimaksud adalah Felix Hernandez Rodriguez. Namanya keren banget. Siapa sih dia?

H

Felix berkreasi dengan mainannya via www.boredpanda.com

Advertisement

Felix Hernandez Rodriguez adalah seorang fotografer profesional dan desainer grafis asal Cancun, Meksiko. Sebelum terjun ke dunia fotografi, Felix adalah seorang desainer grafis. Ide-ide fotografi mainan Felix muncul dari hal yang sederhana, tepatnya dari kebiasaan masa kecilnya. Dia sering memodifikasi mainan-mainannya dengan lumpur, tanah, air, pasir, dan bahkan dengan api supaya semua terlihat lebih nyata.

“Setelah saya besar, saya akhirnya sadar kalau saya tidak pernah berhenti bermain. Bedanya, sekarang saya punya kamera di tangan saya.”

Felix memaksimalkan imajinasinya untuk membuat miniatur tampak nyata. Mobil di tengah salju ini sekilas terlihat nyata, padahal rekayasa.

Mobil salju

Mirip kayak beneran ya via www.boredpanda.com

Kalau kamu melihat sekilas, objek dalam foto-foto Felix kelihatan seperti objek yang sebenarnya. Padahal, semua itu miniatur yang difoto dengan imajinasi yang luar biasa! Foto mobil yang sedang terjebak di salju itu bukan kejadian nyata, melainkan mobil miniatur yang direkayasa dengan tambahan properti dan teknik olah digital. Felix sengaja menciptakan momen itu supaya berbeda dengan karya foto pada umumnya.

Advertisement

“Saya mencintai manipulasi foto dan rekayasa digital. Tidak hanya kelihatan menyenangkan, tapi membuat gambar terlihat lebih realistis.”

Felix cuma bermodal peralatan yang terbilang sederhana. Yang paling penting adalah imajinasinya.

Tepung

Perlengkapannya sederhana banget kok via www.boredpanda.com

Mungkin kamu berpikir bahwa untuk membuat foto sekeren di atas harus butuh peralatan yang mahal. Padahal nggak juga. Felix cuma butuh properti sederhana seperti tepung, korek api, dan peralatan fotografi yang sederhana. Felix memunculkan efek salju dengan rekayasa tepung. Dia juga menggunakan asap dari korek api untuk memunculkan kabut. Felix juga sering memakai air dan lumpur untuk membuat gambarnya semakin nyata.

“Fotografi miniatur tidak ada bedanya dengan fotografi pada umumnya. Bedanya, kamu punya model yang ada di tanganmu dan bisa dipakai setiap saat.”

Manipulasi foto secara digital juga diperlukan supaya hasilnya lebih dramatis dan realistis. Ternyata cukup pake photoshop aja kok.

HHH

Skala yang pas bikin gambar semakin nyata via www.boredpanda.com

Salah satu yang harus diperhatikan dalam fotografi mainan ini adalah skala. Skala yang pas akan membuat foto tampak semakin realistis. Setelah semua dilakukan, tahap akhir yang harus dilakukan adalah finishing dengan Photoshop. Pada tahap ini, Felix sedikit melakukan rekayasa digital untuk menyesuaikan warna dan kebutuhan cahaya untuk membuat foto-foto karyanya semakin nyata.

“Salah satu yang terpenting di sini adalah penyesuaian warna supaya hasilnya lebih nyata. Tahap ini bisa diselesaikan dengan Photoshop atau software sejenisnya.”

Kamu juga bisa lho mencontoh karya Felix dengan koleksi mainanmu. Siapa tau ada yang tertarik dan jadi sumber pemasukan tambahan.

Star wars

Buruan kumpulkan koleksi lamamu via www.boredpanda.com

Jadi gimana menurutmu soal karya-karya Felix? Sederhana kan? Kamu juga bisa kok melakukan hal yang sama. Coba diperiksa lagi di lemarimu, siapa tau masih ada sisa-sisa koleksi mainanmu dulu. Kalau sudah ketemu, mulailah berkreasi dengan imajinasi. Dengan tambahan sedikit properti, kamu pasti bisa menciptakan karya yang sama dengan apa yang dibuat Felix. Gagal sekali dua kali itu biasa. Kayak yang dijelasin Felix sebelumnya, semua akan terlihat nyata kalau kamu sudah terbiasa melakukannya. Mungkin inilah saatnya kamu mencoba.

Jadi, udah dapat inspirasi belum? Kalau memang berniat bikin karya kayak Felix, segeralah bergerak. Maksimalkan imajinasimu dan mulai berkreasi seindah mungkin. Liburanmu akan semakin berkesan kalau diisi dengan hal-hal bermanfaat. Siapa tau bisa jadi sumber pemasukan tambahan. Bener nggak?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya