Gerhana Matahari Cincin Mampir ke Indonesia 26 Desember Nanti. Lokasi Terbaik Ada di 7 Provinsi Ini!

Gerhana Matahari Cincin

Kabar gembira buat pecinta fenomena alam gerhana. Gerhana matahari sebagian akan melintasi Indonesia pada tanggal 26 Desember nanti. Gerhana bulan adalah saat cahaya matahari terhalang sepenuhnya atau sebagian oleh bulan, sehingga tidak sampai seluruhnya ke bumi. Dalam setahun ini terjadi 5 kali gerhana matahari. Terakhir akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019 nanti yakni gerhana matahari cincin.

Advertisement

Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Jadi masih menyisakan cahaya matahari yang melingkar di tepian bayangan bulan. Sehingga secara kasat mata berbentuk seperti cincin.

Gerhana matahari melintasi Indonesia selama 5 kali di tahun 2019. Di akhir tahun ini bahkan gerhana matahari berbentuk cincin bisa disaksikan dari Indonesia lho

gerhana matahari cincin via timesofoman.com

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah yang akan terlewati jalur gerhana matahari cincin antara lain Indonesia, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilanka, Samudra Hindia, Singapura, Malaysia, dan Samudera Pasifik. Jadi buat kamu yang di Indonesia dan negara yang disebut di atas bisa menyaksikan gerhana matahari cincin tersebut pada 26 Desember nanti. Apakah di kotamu bisa menyaksikan gerhana matahari cincin?

Ada beberapa kota yang bisa kamu datangi untuk menyaksikan fenomena alam ini. Ini dia di antaranya

gerhana matahari cincin via www.forbes.com

Menurut cuit dari Twitter @infoBMKG, waktu mulai gerhana matahari cincin paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 10.03.11,9 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Merauke, Papua, yaitu pukul 14.37.10,4 WIT. Gerhana matahari cincin diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB.

Advertisement

Di Indonesia sendiri, lokasinya ada di 25 kota dalam 7 provinsi yang bisa melihat fenomena gerhana matahari cincin. Provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Kabupaten Siak, Riau, akan jadi lokasi paling ideal menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin ini.

Selain Siak, kamu juga bisa menyaksikannya di kota Sibolga, Padang Sidempuan di Sumatera Utara. Di Riau kamu bisa melihatnya bila tinggal di Siak, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, dan Pulau Rangsang. Jika di Kepulauan Riau, gerhana matahari cincin tampak di Batam dan Tanjung Pinang. Kalimantan Barat bisa disaksikan dari Singkawang, Kalimantan Utara ada di Maklut dan Tanjung Selor. Sementara di Kalimantan Timur bisa dilihat dari Berau.

Wilayah lain bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian saja, tidak bisa menyaksikan gerhana matahari cincin.

Advertisement

Gerhana matahari cincin bakal datang lagi ke Indonesia 12 tahun lagi. Wah lama banget ya!

gerhana matahari via www.format.com

Manfaatkan ya kesempatan ini karena gerhana matahari cincin masih lama lagi datang ke Indonesia. Gerhana matahari cincin yang akan datang yang dapat diamati di Indonesia yaitu pada tanggal 21 Mei 2031 lalu tanggal 14 Oktober 2042. Wah masih lama banget ya. Ya udah deh, kita saksikan aja gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 atau sekitar seminggu ke depan.

Meski begitu, jangan melihat gerhana matahari dengan mata telanjang ya. Gunakan kacamata matahari atau teleskop agar cahaya matahari yang kuat tidak merusak mata. Selamat berburu gerhana matahari cincin ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE