Bicara liburan ke Jogja, kebayang kan biasanya mau ke mana aja. Kalau nggak wisata kuliner ya pasti cari spot-spot instagramable yang banyak banget di Jogja dan sekitarnya. Namun jarang sekali di antara traveler yang datang mencari tempat wisata berupa goa. Kalaupun ada yang nyari kebanyakan sih ke wisata air susur goa seperti Goa Pindul dan Kalisuci di Gunungkidul.

Padahal ada banyak sekali goa yang terdapat di Jogja, nggak cuma Goa Pindul dan Kalisuci. Beberapa goa Jogja yang dibuka dan sering dikunjungi diantaranya Goa Cerme, Goa Jomblang, Goa Gelatik, Goa Kiskendo, Goa Jepang dan beberapa goa lainnya. Goa-goa ini sudah resmi menjadi obyek wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat, kecuali Goa Jomblang yang memang aksesnya dibatasi untuk menjaga keberlangsungan situs tersebut.

Berada di atas bukit, Goa Jepang menyajikan pemandangan indah pantai Parangtritis. Ada banyak spot foto yang menarik

goa jepang pundong via www.instagram.com

Advertisement

Goa Jepang Bantul terletak di dukuh Ngreco Poyahan, Desa Seloharjo, Pundong, Bantul, Yogyakarta. Masyarakat sekitar sering menyebutnya Goa Jepang Pundong. Dari pusat Kota Yogyakarta menuju obyek wisata yang satu ini berjarak sekitar 35 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Lokasi Goa Jepang Pundong berada di atas perbukitan dengan pemandangan pantai Parangtritis yang memesona. Kamu bakal dimanjakan dengan kecantikan pantai selatan beserta hijaunya sawah-sawah di Bantul. Datang ke sini pas pagi hari bakalan asyik banget sih.

Nggak cuma bulan sabit, ada juga spot foto berupa kelopak bunga, kuda lumping, maupun gardu pandang. Masuk ke sini pun tiketnya murah Gaes

pemandangannya kece via www.instagram.com

Ada berbagai macam spot foto dengan latar belakang pantai selatan nan cantik. Mulai dari bulan sabit yang kece banget, kuda lumping yang artsy, hingga kelopak bunga yang cukup sering nongol di Instagram. Tiket masuknya pun murah lho, cuma 3000 rupiah saja. Ya sama bayar parkir 2000 aja sih. Gimana, murah meriah kan?

Goa Jepang sendiri merupakan bunker pertahanan Jepang pada masa perang dunia kedua. Goa ini dibuat untuk jadi pos pengamatan pantai selatan

goa jepang via www.instagram.com

Goa Jepang dibangun sebagai bunker pertahanan Jepang di masa perang dunia 2. Bunker ini sejumlah 18 dan lorongnya cukup sempit. Dulu tempat ini digunakan sebagai pos pengamatan pantai selatan selama perang. Goa ini dibangun saling terkait dan berhubungan satu sama lain. Hal itu bertujuan supaya Jepang dapat dengan mudah untuk mendistribusikan senjata, makanan dan juga kebutuhan tentara pada saat peperangan. Jendela di Goa ini pun dibuat samar dengan bebatuan untuk mengelabui musuh. Sebuah strategi yang ampuh pada saat itu. Maka tak heran suasana di dalam goa terasa lembab dan mencekam.

Nggak cuma menawarkan pemandangan yang indah, goa jepang juga menyimpan kisah mistis. Seperti ekspedisi yang dilakukan tim Kisah Tanah Jawa yang mencoba menguak kisah misteri di sana

goa jepang via www.instagram.com

Advertisement

Menurut penuturan tim Kisah Tanah Jawa yang melakukan ekspedisi di sana, di Goa ini juga menyimpan misteri yang berhubungan dengan makhluk halus. Di Goa Jepang ini terdapat kerajaan tuyul dan juga penunggunya adalah hantu tentara Jepang, yang kadang tak mempunyai kepala. Energi di Goa ini cukup kuat sehingga sebaiknya jangan berkunjung ke sana pada malam hari. Cukup pas siang hari aja deh. Meski begitu, kisah misteri ini jadi bumbu yang menarik untuk berkunjung ke sana.

Kalau ke Jogja lagi jangan lupa mampir ke sana ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya