10 Gunung di Indonesia Untuk Pendaki Pemula, Jalur Pendakian Bersahabat

Gunung untuk pemula

Ada sebuah candu tersendiri yang hanya bisa dirasakan saat mendaki gunung. Walaupun melelahkan dan penuh tantangan, banyak orang tak mampu menahan godaan untuk terus kembali mendaki, demi bisa sekali lagi menikmati alam dan segala kemegahannya dari dekat.

Advertisement

Sayangnya, banyak juga orang yang akhirnya tak pernah mencoba pengalaman menakjubkan ini karena termakan rasa takut. Bisa dimengerti sih, apalagi belakangan memang sering ada berita viral tentang kecelakaan atau berita duka seperti anak SMP yang meninggal saat mendaki Gunung Piramid beberapa waktu lalu. Akan tetapi, asalkan memiliki pengetahuan dan persiapan yang oke, tidak perlu takut — kamu pun bisa mendaki gunung. 

Kali ini, Hipwee Travel sudah mengumpulkan rekomendasi gunung yang cocok dan bersahabat bagi pendaki pemula maupun pertama. Mau tahu gunung apa aja, cek deh daftar lengkapnya!

1. Gunung Andong

Gunung untuk pendaki pemula

Gunung Andong via www.instagram.com

Gunung Andong jadi salah satu gunung yang ramah untuk para pendaki pemula. Hal ini lantaran track perjalanannya pun terbilang bersahabat. Buat kamu yang penasaran, bisa coba naik gunung ini, hindari akhir pekan ya, karena pendaki membludak!

Advertisement

2. Gunung Prau

Gunung untuk pendaki pemula

Melihat Wonosobo dari Gunung Prau via www.instagram.com

Gunung Prau adalah salah satu gunung yang wajib kamu coba sebelum mendaki gunung-gunung yang lebih tinggi. Meski nggak begitu tinggi, gunung ini relatif lebih dingin.

3. Gunung Kembang

Gunung untuk pendaki pemula

Jalur pendakian Gunung Kembang via www.instagram.com

Jika sudah lebih terbiasa, kamu bisa coba Gunung Kembang. Anak Gunung Sindoro ini juga tidak terlalu tinggi, tapi punya jalur pendakian yang lumayan bikin kaki pegal. Bisa lah buat melatih skill kekuatan kaki sambil menikmati bentangan kebun teh yang indah

4. Gunung Merbabu

Gunung untuk pendaki pemula

Merbabu via Selo via www.instagram.com

Nah kalau ingin coba yang sedikit lebih tinggi, kamu bisa mendaki Gunung Merbabu melalui jalur pendakian via Selo. Ingat ya, via Selo, karena jalur ini tergolong paling mudah dibandingkan dengan jalur pendakian di Gunung Merbabu yang lainnya

Advertisement

5. Gunung Ungaran

Gunung untuk pendaki pemula

Gunung Ungaran Semarang via www.instagram.com

Gunung Ungaran yang terletak di daerah Ungaran Semarang. Gunung ini memiliki ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut. Sebelum memasuki jalur pendakian, kamu akan dimanjakan dengan kebun teh dan berbagai kedai minum teh tradisional di sepanjang jalan

6. Gunung Gede

Gunung untuk pendaki pemula

Suryakencana Gunung Gede via www.instagram.com

Gunung Gede yang berada di Jawa Barat ini juga nggak begitu tinggi dan oke untuk pemula, tapi punya banyak banget daya tarik. Salah satu yang paling terkenal adalah Alun-Alun Suryakencana, surga bagi para pecinta Edelweiss

7. Gunung Penanggungan

Gunung untuk pendaki pemula

Gunung Penanggungan, gunung di Jawa Timur yang cocok untuk pemula via gilangramadani.wordpress.com

Kalau kalian ingin menjajal gunung di daerah Jawa Timur, jangan langsung ke Semeru! Memang sih terkenal dan punya view yang bagus banget, tapi dibutuhkan kemampuan yang cukup juga. Kamu bisa coba mendaki Gunung Penanggungan ini dulu ya~

8. Gunung Ijen

Gunung untuk pendaki pemula

Gunung Ijen via anekatempatwisata.com

Masih berada di Jawa Timur, Gunung Ijen bisa jadi pilihan karena pendakiannya relatif tak terlalu memakan banyak energi. Plus pemandangan magis dari aura kawah biru ini lo, wajib disaksikan langsung!

9. Gunung Merapi

Gunung untuk pendaki pemula

Gunung Merapi via www.instagram.com

Bosan dengan jalur pendakian berupa vegetasi hutan? Kamu bisa mencoba untuk mendaki Gunung Merapi yang berada di Jawa Tengah. Meskipun memiliki jalur berbatu, Merapi tergolong ramah untuk para pendaki pemula

10. Gunung Sumbing atau Sindoro

Gunung untuk pendaki pemula

Melatih diri di Gunung Sindoro/Sumbing via www.instagram.com

Gunung Sumbing atau Sindoro di Jawa Tengah cocok banget dicoba untuk melatih kemampuanmu menjajal berbagai tipe jalur pendakian. Sebelum berangkat mendaki gunung-gunung terkenal di luar Jawa, kayak Rinjani atau Kerinci~

Pelan-pelan asal kelakon, filosofi Jawa ini pas banget bagi kamu yang ingin memulai petualanganmu mendaki gunung. Tiap gunung memiliki karakteristik dan kebutuhannya sendiri-sendiri. Yang jelas jangan asal modal nekat saja, bisa celaka. Tetapi juga jangan terlalu takut sampai akhirnya terus mengurungkan keinginan untuk mendaki. Kita tuh tinggal di negara yang memiliki gunung api terbanyak dan terindah, masa iya tidak dinikmati…

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE