Fenomena Langit Agustus 2020: Hujan Meteor Perseid, K-Cygnid dan Aurigid. Catat Tanggalnya ya!

Hujan Meteor Agustus 2020

Pecinta astronomi pasti suka dengan kehadiran bulan Agustus ini. Pasalnya, bulan Agustus ini terdapat banyak fenomena langit yang datang. Mulai dari bulan purnama, konjungsi Jupiter-bulan-Saturnus, hingga hadirnya banyak hujan meteor di bulan kemerdekaan ini. Wah bakalan seru banget nih langit malam bulan ini.

Advertisement

Hipwee Travel tidak akan membahas konjungsi ataupun bulan purnama melainkan akan mengulas 3 hujan meteor yang akan membanjiri langit malam. Kamu bakalan menemui hujan meteor Perseid, hujan meteor Kappa Cygnid, dan juga hujan meteor Aurigid. Ketiganya akan datang bergantian di bulan ini. Jangan sampai kelewatan ya, makanya catat tanggalnya nih!

Hujan meteor Perseid akan datang pada tanggal 12 Agustus nanti. Akan ada sekitar 150 meteor yang akan menerangi malammu

hujan meteor perseid via www.atlantaparent.com

Hujan meteor pertama di bulan Agustus adalah hujan meteor Perseid yang puncaknya akan jatuh pada tanggal 12 Agustus nanti. Kamu nggak boleh kelewatan karena bakalan ada sekitar 150 meteor yang bisa dilihat per jamnya jika langitmu gelap. Malam itu diprediksi kecerahan bulan berkurang 38 persen sehingga hujan meteor akan tampak cukup jelas. Kamu bisa mengamatinya pukul 00.20 hingga terbit fajar ke arah rasi bintang Perseus yakni ke arah timur laut.

Hujan meteor Kappa Cygnid datang saat hari kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus

kappa cygnid via www.amsmeteor.org

Sembari merayakan 17 Agustus, kamu bisa camping di gunung untuk menyaksikan hujan meteor Kappa Cygnid. Hujan meteor ini akan datang saat senja yakni puncaknya sekitar pukul 18.30 di 17 Agustus 2020 sampai pukul 02.25. Kamu cuma akan mendapat 3 meteor per jam, nggak sebanyak meteor Perseid. Untuk mencarinya, kamu harus melihat langit bagian timur laut ke arah dari konstelasi Draco.

Advertisement

Terakhir, ada hujan meteor Aurigid yang akan datang pada tanggal 31 Agustus 2020. Penutupan akhir bulan yang sempurna ya!

hujan meteor aurigid via starwalk.space

Bulan Agustus ini ditutup dengan hujan meteor Aurigid. Hujan meteor ini jatuh tepat pada tanggal 31 Agustus 2020. Seperti Kappa Cygnid, peristiwa ini tergolong minor karena hanya ada sekitar enam meteor per jamnya. Kamu bisa menyaksikan hujan meteor ini dari arah langit bagian timur tepat di rasi bintang Auriga. Kamu sebaiknya standby pada pukul 01.35 sampai fajar.

Wah banyak banget hujan meteor yang bakal datang di bulan Agustus ya. Jangan sampai kelewatan ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE