Bulan Ramadan datang malam tadi. Segenap umat Muslim di dunia menyambutnya penuh suka cita. Satu bulan penuh kita semua bakal menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Malam hari pun semarak dengan tarawih dan tadarus. Aih bahagianya ketika Ramadan datang!

Namun ada yang spesial di Ramadan kali ini. Awal Ramadan tahun ini bertepatan dengan hujan meteor Eta Aquarid. Spesialnya lagi, datangnya hujan meteor ini saat waktu makan sahur lho. Penasaran seperti apa indahnya hujan meteor Eta Aquarid? Yuk simak ulasan Hipwee Travel aja.

Hujan meteor Eta Aquarids akan mencapai puncaknya pada Senin-Selasa, 6-7 Mei 2019. Malam nanti yuk kita pantengin langit

hujan meteor sambut ramadan via www.kalastro.id

Advertisement

Ramadan 1440 datang, hujan meteor pun ikutan datang. Pada tanggal 6-7 Mei 2019 tepatnya malam pertama dan kedua Ramadan, kamu bisa menyaksikan hujan meteor di langit. Hujan meteor kali ini bernama Eta Aquarid. Dinamakan demikian karena meteor ini munculd dari rasi bintang Aquarius, tepatnya di dekat bintang Eta Aquarii. Dalam kondisi langit benar-benar gelap, jumlah meteor yang bisa disaksikan setiap jamnya sekitar  50 meteor. Wah mantap nih!

Kamu bisa menyaksikan hujan meteor ini pada saat sahur karena puncaknya pada pukul 03.00-04.00 WIB. Sahurnya di luar rumah aja ya

hujan meteor via www.imo.net

“Mereka yang berada di belahan Bumi utara, harus mengarahkan pandangannya lebih ke arah ufuk. Jumlah meteor yang bisa mereka saksikan juga lebih sedikit, namun meteor akan terlihat seperti goresan-goresan cahaya panjang hingga lebih mengesankan,” tulis Joe Rao seperti dikutip Kompas.

Buat kamu pecinta fenomena langit, malam ini saat yang tepat karena hujan meteor akan mencapai puncaknya mulai malam sampai dini hari tanggal 7 Mei. Nah, waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor Eta Aquarid ini adalah saat sahur, yakni pukul 03.00-04.00 dini hari. Jadi kalau bisa sahurnya di luar aja ya sambil hunting hujan meteor. Hehehe.

Bagaimana cara menyaksikan hujan meteor malam nanti? Apakah butuh alat khusus untuk melihatnya?

meteor jatuh via techno.okezone.com

Advertisement

Hujan meteor adalah salah satu fenomena langit yang bisa kita saksikan dengan mata telanjang. Tak perlu alat khusus untuk melihatnya. Hanya saja sebaiknya kamu menggunakan lensa DSLR untuk menangkap potret indah ketika kilatan meteor meluncur ke bawah. Fenomena langka ini juga bisa dibilang jarang terjadi di Indonesia. So, kalau ada kesempatan menyaksikan hujan meteor di Indonesia, sayang banget sih kalau kamu lewatkan.

Yuk siap-siap hunting hujan meteor malam ini!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya