Fenomena Langit Hujan Meteor Geminid Bisa Kamu Saksikan Besok Malam. Mudah-mudahan Langit Cerah ya!

Hujan Meteor Geminid

Kabar baik buat kamu pecinta astronomi. Besok malam adalah puncak hujan meteor geminid, fenomena langit paling cantik dan spektakuler di penghujung tahun 2019 ini. Hujan meteor geminid bisa disaksikan pada hari Jumat dan Sabtu, atau tanggal 13 Desember dan 14 Desember esok. Fenomena langit ini tentu ditunggu-tunggu karena jadi yang terakhir di tahun ini. Penasaran kan seperti apa hujan meteor geminid kali ini?

Namun sayangnya, peluang untuk melihat hujan meteor geminid ini cukup kecil karena beberapa hal. Yuk simak ulasannya aja ya.

Hujan meteor geminid bakal terjadi besok Jumat dan Sabtu malam. Jangan sampai kamu ketinggalan ya!

meteor geminid via www.imo.net

Advertisement

Akhir tahun ini, bumi kedatangan hujan meteor geminid. Fenomena bintang jatuh ini tentu ditunggu-tunggu oleh para pecinta astronomi. Dinamakan hujan meteor geminid karena berasal dari rasi bintang Gemini. Pancaran cahaya dari hujan meteor geminid biasanya cerah. Sebenarnya hujan meteor geminid sudah mulai muncul sejak 4 Desember 2019. Namun puncak aktivitasnya baru akan terjadi pada hari Jumat dan Sabtu pekan ini (13-14 Desember 2019). Hujan meteor ini akan melintasi Indonesia namun tidak bisa disaksikan dengan jelas.

Meski bakal ada 120 meteor yang jatuh, namun sayang sekali bakal sulit dilihat oleh mata kita. Hal ini karena bulan purnama

meteor geminid via www.infoastronomy.org

Meteor geminid yang datang esok malam sayangnya akan sulit dilihat dengan mata telanjang. Hal ini dikarenakan cahaya yang dipancarkan bulan purnama terlalu terang sehingga mengaburkan semua benda di langit kecuali bintang yang sangat terang. Kalau biasanya mata telanjang dapat melihat lebih dari 100 meteor geminid per jam di area pedesaan, karena bulan purnama di tahun ini jadi kemungkinan hanya 20 meteor saja yang terlihat per jamnya. Nggak cuma itu saja, musim penghujan juga jadi faktor yang bikin hujan meteor ini sulit untuk diamati. Cuaca yang mendung dan kadang hujan bikin kamu kesulitan menikmati secara jelas. Beruntung jika di tempatmu tidak hujan dua hari besok.

Semoga saja besok malam cuaca cerah ya sehingga kita semua bisa melihat hujan meteor geminid. Bakalan seru banget nih kalau keliatan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE