6 Destinasi Wisata Hutan yang Keren di Banyuwangi. Nggak Serem, tapi Cantik!

Hutan wisata di Banyuwangi

Kalau ngmongin Banyuwangi, tentu nggak bisa lepas dari potensi wisata yang ada di sana. Ada banyak banget pesona alam Banyuwangi yang bisa kalian eksplore. Nah kali ini kita akan ngobrolin pesona hutan alam di Banyuwangi. Banyak hutan yang ada di Banyuwangi, mulai dari Alas Purwo, Alas Gumitir, hutan Djawatan, sampai Rowo Bayu yang juga di tengah hutan. Jauh dari kesan seram, tempat-tempat itu kini sudah terbuka jadi tempat wisata.

Advertisement

Yuk kita mengenal semua hutan/alas di Banyuwangi yang kini jadi destinasi wisata. Bagus lah kalau semua jadi pengen berkunjung ke Banyuwangi. Untuk itu Hipwee Travel bakal mengajakmu keliling Banyuwangi untuk melihat 6 hutan yang kini jadi tempat wisata di sana.

Hutan Djawatan Benculuk kini adalah destinasi hits buat anak muda. Pohon-pohon besarnya terkesan angker dan mirip setting film Lord of The Rings

Hutan de Djawatan Benculuk adalah hutan milik PT KAI yang kini malah hits jadi tempat wisata kekinian. Aura hutan ini masih terkesan sangar dan angker dengan pohon-pohon yang seolah meliuk-liuk dan ‘bernyawa’. Datanglah saat sore hari dan nikmati keindahan hutan yang mirip lokasi film Lord of The Rings ini.

Advertisement

Taman Nasional Alas Purwo dikenal sebagai hutan paling angker di Jawa. Tapi kini sudah jadi tempat wisata lho

Alas Purwo dikenal sebagai hutan paling angker di Jawa. Meski begitu, hutan ini punya keanekaragaman flora dan fauna yang luar biasa. Mengamati satwa liar bisa dilakukan di sini. Buat kamu yang pengen berkunjung ke beberapa pantai di Banyuwangi juga mesti melewati alas Purwo. Hutan ini sempat disinggung oleh netizen saat viral KKN Desa Penari.

Wana Wisata Rowo Bayu sempat didatangi beberapa orang yang kepo terhadap lokasi KKN Desa Penari. Di luar itu, suasana alam di Rowo Bayu emang sejuk banget sih

Advertisement

Rowo Bayu adalah tempat wisata berupa telaga yang letaknya di tengah hutan di kaki gunung Raung. Tempat ini menyimpan misteri karena konon dihuni jin berwujud ular. Selain itu ada petilasan dan sendang juga yang bikin netizen gagal fokus menganggap Rowo Bayu adalah lokasi KKN Desa Penari. Tempat wisata ini pun jadi viral karena kisah tersebut. Penulis cerita pun konfirm kalau lokasi tersebut bukanlah Rowo Bayu.

Hutan Pinus Songgon berada tak jauh dari Wana Wisata Rowo Bayu. Hutan pinus ini jadi tempat wisata yang menyediakan berbagai wahana permainan yang seru

Mengunjungi Banyuwangi rasanya belum lengkap, jika belum singgah ke Wisata Pinus Songgon (WPS). Salah satu objek wisata yang terletak di kaki Gunung Raung, tepatnya di Desa Sumberbulu Kec. Songgon. Wisatawan dapat menikmati kesejukan berada di bawah Pohon Pinus. Ada berbagai macam wahana permainan yang tersedia di sana.

Taman Nasional Baluran sudah populer jadi lokasi wisata sejak lama. Untuk menikmati Little Africa, kamu bisa datang pas musim kemarau

Berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo, Baluran terkenal dengan julukan Little Africa, karena setiap musim kemarau rumputnya berwarna kecoklatan seolah seperti di padang sabana Afrika. Lengkap dengan satwa liar di sana. Meski Baluran terkenal dengan sabananya, namun hutannya juga cukup luas lho.

Alas Gumitir kini sudah cukup ramai nggak seserem dulu. Bahkan di Rest areanya ada wisata kursi raksasa

Berada di perbatasan Jember-Banyuwangi, Alas Gumitir jadi perbincangan saat viralnya KKN Desa Penari tahun 2019 silam. Lokasinya dianggap cocok dengan deskripsi lokasi di cerita tersebut. Apalagi di sana ada patung penari dan juga orang-orang yang meminta uang di pinggir jalan. Di luar asumsi tentang lokasi KKN, Gumitir kini makin keren dengan adanya cafe di rest area tepatnya di km 39 dari kota Jember. Ada pula kursi raksasa setinggi 4 meter yang instagramable.

Tuh banyak kan hutan alam di banyuwangi. Makanya kalau main ke Banyuwangi, jangan sampai melewatkan pesona alamnya, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE