5 Ide Seru Ajak Anak ‘Liburan’ ke Australia dari Rumah. Setelah Pandemi, Bisa Ajak Langsung Bertemu Binatang Favoritnya!

Ide liburan seru bareng anak di Australia

Dewasa ini, para orang tua harus semakin kreatif untuk terus memastikan si kecil tetap terhibur walaupun di rumah saja. Keterbatasan untuk mengajak anak-anak pergi ke luar saat ini dan agenda traveling yang terpaksa harus ditunda bukanlah hal yang sulit diakali dengan kreativitas.

Para orang tua masih bisa mengajak anak jalan-jalan secara virtual ke Australia untuk bertemu aneka binatang lucu khas Australia. Coba deh ajak anak-anak untuk wisata virtual ke sini dan agendakan liburan seru selanjutnya untuk bertemu binatang favoritnya secara langsung. Apa saja itu? Simak yuk, keseruan dan destinasinya berikut ini:

1. Ikut kelas virtual di Taronga Zoo, Sydney

Anak bisa menyaksikan lucunya aksi singa laut dan bertanya ke penjaganya – Foto via taronga.org.au

Kebun binatang selalu menjadi pilihan wisata yang seru dan edukatif bagi anak-anak. Di sini lah mereka bisa mengenal banyak jenis hewan dan berinteraksi langsung dengan hewan tersebut. Bahkan tak jarang, anak-anak mengungkapkan keinginannya menjadi penjaga kebun binatang karena gemas banget sama kebiasaan para hewan. Jika begitu, ajak anak jalan-jalan virtual ke Taronga Zoo.

Kebun binatang yang harus dicapai menggunakan kapal feri ini memang unik. Selain terletak di suatu pulau, hewan-hewan di dalamnya sudah dilatih agar jinak sehingga bisa diajak berinteraksi dengan pengunjung. Nah selama masa pandemi ini,  Taronga Zoo menyediakan program kelas virtual yang bisa dinikmati anak-anak. Mulai dari menyaksikan animal live-cams yang ditayangkan 24 jam penuh sampai ikut Agents of Discovery untuk belajar mengenai bagaimana ragam hewan beraktivitas. Masih bisa kok jalan-jalan ke kebun binatang di masa pandemi begini~

2. Belajar tentang alam liar dan reptil di The Australian Reptile Park

Anak-anak bisa belajar kehidupan alam liar, seru! – Foto via www.timfaulkner.com.au

Memberikan tontonan via YouTube ke anak memang cara yang banyak dipakai orang tua agar anak tetap anteng. Tapi pastikan tontonan yang diberikan bermanfaat dan tetap seru. Coba tonton tayangan YouTube The Australian Reptile Park. Meskipun di rumah aja, anak bisa melihat bagaimana kehidupan alam liar di taman reptil yang berlokasi di New South Wales ini.

Serunya, tayangan YouTube berjudul ‘Animal Tales with Tim Faulkner’ bakal ngajak anak-anak belajar tentang reptil dan diberi PR buat memecahkan misteri yang seru! Ajak juga anak-anak untuk melihat video memberi makan Hugo, kura-kura raksasa asal Pulau Galapagos. Oh iya, selain melihat aneka reptil seperti buaya dan ular, kamu juga bisa bertemu dengan satwa khas Australia yaitu koala, kanguru, dan landak semut!

3. Bertemu jellyfish, ikan nemo, hingga penguin di SEA LIFE Melbourne Aquarium

Indahnya clownfish di SEA LIFE Melbourne – Foto dok. Tourism Australia

Bertemu hewan liar dan reptil sudah dilakukan, saatnya ajak anak menjelajahi kehidupan laut Australia yang menakjubkan. Langsung ajak mereka ke SEA LIFE Melbourne Aquarium melalui tayangan langsung kehidupan hewan laut di halaman Facebook SEA LIFE Melbourne Aquarium. Destinasi wisata yang diminati banyak traveler ini akan membawamu bertemu 10.000 hewan yang berasal dari samudera dan perairan Antartika. Selain aneka ikan, kamu bisa bertemu bintang laut dan bulu babi. Bahkan bisa melihat gagahnya ikan hiu di oceanarium raksasa.

Selama pandemi, SEA LIFE Melbourne Aquarium menghadirkan sesi memberi makan ikan hiu, melihat indahnya jellyfish, sampai bertemu dengan ikan nemo warna-warni seperti di film Finding Nemo! Anak juga bisa diajak bertemu dengan penguin. Bahkan SEA LIFE Melbourne Aquarium juga memberikan kesempatan foto bareng virtual bersama King Penguin! Pasti si kecil seneng deh.

4. Lihat tingkah laku menggemaskan koala di Lone Pine Koala Sanctuary

Tingkah lakunya koala gemesin banget! – Foto via koala.net

Jalan-jalan ke Australia, belum lengkap kalau bertemu dengan koala. Bagi yang suka bertemu hewan menggemaskan, pastikan untuk mampir ke Brisbane untuk bertemu dan memeluk koala di Lone Pine Koala Sanctuary. Penangkaran koala terbesar dan tertua di dunia ini menampung sekitar 130 koala di tempat yang dibuat seperti habitat aslinya. Banyak turis dari berbagai negara mampir ke sini buat sekadar melihat sampai memeluk dan berfoto bersama koala.

Walaupun sekarang masih belum bisa jalan-jalan untuk bertemu koala, jangan bersedih ya! Ajak anak jalan-jalan virtual ke Lone Pine Koala Sanctuary. Kamu dan si kecil bisa melihat aktivitas hingga kebiasaan lucu sang koala. Mulai dari tingkah lakunya yang sedang bermalas-malasan, makan daun eucalyptus, sampai nontonin mereka tidur. Lucunya, koala sering tidur dengan mendengkur. Gemes banget~

5. Melihat kumpulan hiu sampai manta di kawasan terumbu karang terbesar di dunia, Great Barrier Reef

Tiger shark di Hreat Barrier Reef – Foto via citizensgbr.org

Buat yang suka liburan untuk menemui hewan-hewan langka di dunia, pasti udah nggak asing dengan Great Barrier Reef. Lautan luas yang terletak di Queensland ini menawarkan keindahan terumbu karang terbesar di dunia. Ajak anak menyelam kehidupan bawah laut di sini untuk melihat kura-kura, hiu, sampai manta. Serunya, ada kamera langsung yang disematkan di kura-kura untuk membawamu menjelajahi indahnya terumbu karang di lautan ini. Kamera yang berguna untuk live-tracking ini jika ditonton akan membawamu seakan-akan menyelam bareng!

Lengkap bukan wisata bertemu aneka hewan langka di Australia? Jika sebelumnya si kecil hanya bisa melihat wujud hewan langka dari video atau buku, kini mereka bisa diajak melihatnya secara langsung. Selain senang bertemu dengan hewan-hewan tersebut, liburan kayak gini juga bermanfaat karena anak bisa mengenal dunia hewan. Yuk langsung agendakan mereka bertemu hewan favoritnya setelah pandemi usai di Australia.  Temukan berbagai kegiatan fantastis, tempat untuk dikunjungi, dan masih banyak lagi di situs resmi Tourism Australia di sini.

Kalau udah bisa liburan bareng keluarga, udah tau kan mau ke mana?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.