Buat kamu yang suka traveling atau suka bercerita, mungkin fitur Instastory atau disebut IG stories ini pasti jadi fitur yang sering digunakan untuk menggunggah konten. Alih-alih bikin post di IG, orang kini lebih suka bikin IG stories yang lucu, unik dan kekinian. Lebih banyak yang liat ketimbang postingan feed. Kamu juga lebih suka kepoin stories mantan teman-teman kan?

Nggak usah galau kalau stories kamu gitu-gitu aja. Soalnya kamu nggak bener-bener siapin konten buat IG stories. Stories yang cuma asal pasang foto atau video asal-asalan nggak bakal bikin orang pengen lanjutin menyimak stories kamu. Lalu gimana dong cara bikin stories yang bagus? Biar follower kepo IG Stories kamu juga. Simak ulasan Hipwee Travel aja tentang 6+ tips bikin IG Stories yang kekinian. Yuk #UpgradeDirimu!

1. Pertama, sudahi konsep stories kamu yang random dan tidak tertata dengan baik. Jangan asal pasang foto atau video secara random

jangan ngasal bikin stories via twitter.com

Advertisement

Sebelum memperbaiki IG Stories kamu, ada baiknya kamu hentikan stories kamu yang sistemnya random selama ini. Rekam video lagi makan di mana langsung upload, tiba-tiba cuma selfie bengong lalu upload, boomerang wajah sendiri, dan sebagainya. Hai Gaes, orang tidak melihat itu hal yang penting. Karena hal itu sangat berorientasi ‘diri sendiri’ yang kurang bikin atensi ke publik. Ya kecuali kamu artis ya. Bikin lah sesuatu yang kreatif dan menarik seperti gambar di atas. Caranya gimana? Simak di link ini aja, lalu ikuti tutorialnya dengan aplikasi Picsay.

2. Kalau sudah perbaiki, sekarang kamu bikin konsep IG Stories kamu mau dibikin gimana. Mau slide-slide foto atau banyakin video. Kuncinya sih perbaiki story telling kamu

bikin konsep yang jelas via wearecollider.com

Nah, kalau kamu sudah nggak selfie-boomerang-atau-foto-gorden-pake lagu dst yang aneh itu, sekarang kamu tentukan mau bikin stories kaya apa. Kuncinya sih story telling ya. Kalau mau pake konsep cerita lewat lisan mungkin bisa lewat video. Tapi buat awalan lebih baik pake foto-foto yang tertata dengan rapi dulu deh. Ini perlu disusun konsepnya, ditulis kalau perlu.

3. Unduh aplikasi untuk IG Stories seperti Unfold. Unfold bikin kamu lebih rapi dan keren dalam menata foto-foto kamu

Untuk awalan, kamu bisa pake aplikasi bernama Unfold. Ini sering banget nih dipake selebgram gitu. Unfold ini bagus banget dan simpel. Kamu bisa bikin stories dengan foto berbingkai. Nah di bingkai tersebut kamu bisa menulis cerita. Ada berbagai template gratis maupun berbayar yang bisa kamu pake. Bikin 6-7 foto berurutan dengan cerita yang bisa diikuti oleh follower.

4. Kalau mau yang kekinian dengan bubble WA Chat atau Twitter, begini caranya

stories by chat atau tweet via twitter.com

Advertisement

Kalau yang ini sih lagi sering banget dipake ya. Kamu pasti sudah tahu caranya ‘kan? Masa belum tau sih? Oke nggak apa-apa. Kamu hanya perlu siapkan dua aplikasi yakni Background Eraser dan Picsart. Kamu pilih dulu chat atau twit yang mau kamu pake. Nah masuk ke Background Eraser, hapus deh background warna latar chatnya. Jadi yang tersisa cuma bubble chat doang. Abis itu masukin ke Picsart dan pilih latar foto yang mau kamu pake. Nah tindih aja foto chat yang sudah tanpa background tadi di gambar kamu. Seru ‘kan? Tapi tetap harus punya konsep cerita ya. Dibikin alurnya, dikombinasikan dengan foto-foto dan video yang oke.

5. Nah, tips kelima. Nggak asik sih kalau kamu nggak bisa edit video di Stories. Kamu bisa pake aplikasi edit video

ada cerita di dalamnya via twitter.com

Nah kalau aplikasi edit video sih banyak banget ya. Tapi sebelum ke aplikasi, sebaiknya kamu memang bikin video dengan cara yang niat, nggak asal-asalan. Sebisa mungkin ada urutan ceritanya. Aplikasi yang bisa kamu pake contohnya Inshot, Mojo dst.

6. Model huruf di IG gitu-gitu aja? Pake huruf lain dong. Kamu bisa lihat di Cool Symbol

lucu kan? via twitter.com

Mungkin kamu agak bosen dengan model tipe font di IG stories yang gitu-gitu aja. Nah, biar IG kamu naik level, cobain deh ganti font di situs Cool Symbol. Di situ ada banyak font yang kece. Kamu bisa copy text kamu ke situs itu, lalu pindah lagi ke IG Stories. Jadikan tulisan lokasi tempat, ucapan seperti Morning from Sumba, atau Sunday Morning dst. Cobain deh, asik kok. Buat referensi, kamu bisa kepoin #madewithstories di Twitter.

7. Pengen hasil maksimal, ganti HP Android kamu dengan iOS alias iPhone.

android vs ios via zetizen.jawapos.com

IG Stories agak diskriminatif sih, pengguna iOS lebih dimanjakan karena hasilnya jauh lebih bagus ketimbang Android yang resolusinya jadi jelek. Nggak percaya? Cobain deh kamu upload video di IG Stories pake Android dan iOS. Pasti yang iOS lebih bagus. Hal ini pun diakui oleh Instagram karena iOS hanya punya beberapa versi HP jadi lebih mudah peningkatan kualitasnya. Sementara itu Android dipake semua HP mahal kaya Samsung sampai HP murah kaya Smartfren, Mito, dan lain-lain. Kalau kamu pengen ningkatin kualitas Stories kamu dengan maksimal, mending ganti HP aja deh. Upload di Android pasti pecah resolusinya.

Nah, gimana tuh tipsnya? Oke banget kan? Kalau gitu, yuk kita #UpgradeDirimu dan mulai bikin IG stories yang oke punya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya