5 Foto Keindahan yang Bakal Kamu Temukan Saat Road Trip di Australia. Bikin Pengen Buru-buru Liburan!

Road trip di Australia

Siapa yang kalau nonton film internasional jadi pengen liburan ke sana karena melihat pemandangan jalannya indah banget? Memang beberapa film suka menampilkan adegan mereka pindah ke rumah baru atau road trip. Selama perjalanan terhampar indahnya padang rumput, hutan lebat yang asri, sampai pemandangan pantai yang keren banget. Salah satu negara yang sering kita temui di film adalah Australia. Negara ini memang menawarkan keindahan alam yang bakalan bikin kamu mupeng. Bahkan nggak cuma di tempat wisata, kalau kamu melakukan road trip pun bisa menemukan keindahan yang nggak bakal kamu lupakan. Cek deh lima foto keindahan pemandangan kalau kamu nge-road trip di Australia berikut ini.

1.The Great Ocean Road (Melbourne ke Adelaide)

12 Apostles Helicopters (Foto: Australia Tourism)

Salah satu rute road trip yang ikonik di Australia adalah The Great Ocean Road. Kamu bisa melewati rute ini jika pergi dari Melbourne menuju Adelaide. Kenapa ikonik? Soalnya selama empat hari perjalanan, kamu bakal disajikan pemandangan kota kecil di dekat laut sampai puncak tebing yang indah. Di hari pertama (Melbourne-Apollo Bay), kamu bisa berkunjung ke  Torquay yang sering disebut ibu kota selancar Australia. Kemudian di hari kedua (Apollo Bay-Port Fairy),  berkendaralah ke 12 Apostles untuk melihat tumpukan batu kapur yang menjulang tinggi dari pantai pesisir dataran Victoria.

Hari ketiga (Fairy Port-Robe), saatnya menjelajah kawasan Mount Gambier. Pertama-tama, cicipi sarapan di Bank St + Co. Lalu kamu bisa mampir dulu ke Umpherston Sinkhole, semacam taman di dalam gua vertikal yang punya banyak spot kece untuk foto-foto. Setelah itu, kamu bisa mengunjungi Piccaninnie Ponds untuk menjajal snorkeling atau diving di kolam air tawar superjernih dengan keindahan bawah air istimewa. Hari terakhir (Robe-Adelaide), mulai hari dengan berenang di Long Beach dan lanjutkan perjalanan ke Adelaide. Di kota ini, kamu bisa menemukan berbagai macam festival dan jajan makanan yang murah-murah!

2. Hutan hujan kuno, Legendary Pacific Coast  (Sydney ke Brisbane)

Pemandangan di Cape Byron Lighthouse (Foto: Australian Tourism)

Kalau mau road trip bareng orang tersayang untuk mendapatkan pengalaman lengkap, kamu harus coba rute Sydney ke Brisbane. Selain bisa menjelajahi kilang anggur terkenal di Hunter Valley, bukit pasir Port Stephens, pantai di Byron Bay, kamu juga bisa merasakan atmosfer yang seru di hutan hujan kuno Pacific Coast New South Wales yang legendaris! Hari pertama (Sydney-Newcastle), berkendara ke Bateau Bay untuk jalan kaki santai di Coast Walking Track, Wyrrabalong National Park. Treknya indah karena kamu bisa melintasi puncak bukit yang penuh dengan hamparan bunga liar dan pemandangan laut. Hari kedua (Newcastle-Pokolbin), kamu bisa berkunjung ke New South Wales, Hunter Valley yang terkenal akan kilang anggur premium. Berlanjut ke hari ketiga (Pokolbin-Port Stephens), nikmati serunya berenang atau bermain kayak saat pagi hari di Port Stephens.

Mau bertemu hewan khas Australia? Pada hari keempat (Port Stephens-Coffs Harbour), kamu bisa berkunjung ke Koala Hospital untuk melihat koala-koala yang sedang dirawat. Atau mampir ke Billabong Zoo untuk melihat dari dekat hewan-hewan eksotis Australia. Hari kelima (Coffs Harbour-Byron Bay), cobalah bersantai di resor The Byron at Byron yaitu penginapan yang berada di tengah hutan hujan subtropis dengan akses langsung ke Tallow Beach. Hari keenam (Byron Bay-Gold Coast), coba berkendara  selama 90 menit ke utara melintasi perbatasan Queensland dan menuju pedalaman Gold Coast yang rimbun dengan hamparan hutan yang indah. Hari terakhir (Gold Coast-Brisbane), jangan lewatkan serunya main paddleboard di Surfers Paradise. Road trip yang dijamin seru banget!

3. Great Eastern Drive, Tasmania

Great Eastern Drive Tasmania (Foto: dok. Tourism Australia)

Buat kamu yang suka liburan ke pantai, nggak boleh melewatkan road trip di sepanjang Great Eastern Drive Tasmania. Selama lima hari perjalanan, kamu bakal terpana banget sama pemandangan pantai dan laut yang super biru! Hari pertama (Hobart-Orford), luangkan waktu untuk naik kapal feri selama 30 menit ke pulau terpencil Maria Island. Di pulau ini kamu bisa melihat hewan eksotis Australia, menjelajah di hutan semak, sampai belajar sejarah tentang penjara Tasmania. Lanjut hari kedua (Orford-Swansea), ini dia perjalanan yang ditunggu. Kamu bisa menikmati negara salah satu perjalanan pesisir terindah di Australia. Berkendara ke arah utara, kamu bisa melihat indahnya pantai pasir putih dan puncak granit merah muda Freycinet Peninsula. Sementara sore harinya, kamu bisa berenang, berselancar, atau menyelam di sekitar Mayfield Bay Coastal Reserve.

Hari ketiga (Swansea-Freycinet National Park), coba mampir ke Wineglass Bay Lookout untuk menelusuri pegunungan dan turun ke pantai. Setelah itu, kamu bisa main kayak, snorkeling, atau bahkan menyelam di Honeymoon Bay. Untuk penggemar kartun  Taz-mania, road trip ini bakal jadi berkesan banget karena kamu bisa ketemu hewannya langsung. Hari keempat (Freycinet National Park-St Helens), cobalah menuju Bicheno yaitu habitat bagi Tasmanian devil, quoll, koala, ular, dan kakaktua. Pada hari terakhir (St Helens-Bay of Fires), saatnya bertualang ke Mount William National Park dan jelajahi  jalur pesisir cantik lalu akhiri perjalanan di rumah pantai khas Tasmania dengan pemandangan lautan yang biru.

4. Pusat-pusat kebudayaan Australia (Sydney ke Melbourne via Canberra)

Australian War Memorial, Canberra (Foto: Tourism Australia)

Untuk pencinta serba-serbi budaya, rasanya wajib menjajal rute Sydney ke Melbourne via Canberra untuk menjelajahi jantung kebudayaan Australia. Selama 8 hari perjalanan, kamu bisa berkunjung ke galeri seni, pusat budaya, dan koleksi museum di Australia. Bahkan juga bisa menjelajahi berbagai kota dengan arsitektur yang indah. Mulailah perjalanan dari Sydney ke Bowral. Di Sydney, ada beberapa pusat budaya yang bisa dikunjungi seperti Sydney Opera House dan Botanic Gardens. Saat menuju Bowral, sempatkan mampir ke Southern Highlands, desa yang terkenal akan padang rumput, toko barang antik, dan kilang anggur kecil, serta beberapa museum seperti NSW Rail Museum di Thirlmere dan Bradman Museum di Jude Street.

Saatnya menjelajahi kota Canberra setelah menempuh perjalanan dari Bowral. Di Canberra, kamu wajib berkunjung ke National Gallery of Australia (NGA), salah satu yang memiliki koleksi karya seni terbaik di bumi. Kunjungi juga Australian War Memorial, Hall of Memory, dan Tomb of the Unknown Australian Soldier. Puas menjelajah Canberra, saatnya melanjutkan perjalanan ke Wagga Wagga untuk berkunjung Botanic Gardens, Museum of the Riverina dan jalur kereta api mini untuk anak-anak, dan Wagga Wagga Art Gallery yang memamerkan koleksi seni cetak dan  kaca kontemporer Australia. Dari Wagga Wagga, perjalanan dilanjutkan ke Benalla untuk berkunjung ke galeri kontemporer, termasuk Murray Art Museum Albury (MAMA). Dari Benalla, berkendaralah ke Ballarat yang akan membawamu melewati jantung Victoria, area pedesaan dengan peternakan yang apik. Hari terakhir, saatnya jalan-jalan di Melbourne untuk   berbelanja di Chapel Street, main dayung di St Kilda Beach, atau berkunjung ke National Gallery of Victoria dan National Sports Museum. Sebuah road trip yang kaya akan pelajaran budaya!

5. Jelajah pantai pasir putih sepanjang Coral Coast, Australia Barat

Coral Coast, Australia Barat (Foto: dok. Tourism Australia)

Pernah terpikirkan untuk jalan-jalan naik mobil dengan pemandangan Samudra Hindia? Kalau pernah, segera wujudkan road trip di sepanjang Coral Coast, Australia Barat. Dengan memilih rute ini, kamu bisa menemukan pantai pasir putih, terumbu karang, kota nelayan yang menawan, dan taman nasional yang indah. Perjalanan sepanjang Coral Coast bisa ditempuh selama 10 hari. Di road trip kali ini, kamu akan diajak mengunjungi wilayah Australia yang indah seperti Perth, Geraldton, Carnarvon, Exmouth, Coral Bay, Denham (Shark Bay), Monkey Mia (Shark Bay), dan Kalbarri.

Ada beberapa destinasi yang wajib dikunjungi. Misalnya ketika berkendara dari Carnarvon ke Exmouth, jangan lewatkan indahnya pemandangan di antara tebing merah Cape Range National Park dan perairan biru kehijauan di Ningaloo Marine Park. Kamu bisa mencoba atraksi populer di sini yaitu berenang bersama hiu paus. Sementara dari  Coral Bay ke Denham,  kunjungi Hamelin Pool, situs fosil hidup tertua dan terbesar di dunia yang dikenal sebagai stromatolit dan dalam wujud batu berbentuk kubah kemudian berkendara ke Shell Beach untuk bersantai di pantai yang dipenuhi hamparan kerang kecil. Saat sampai di Kalbarri,  habiskan waktu untuk menyusuri hutan semak melintasi Kalbarri National Park. Pemandangannya super cantik dengan rangkaian bebatuan dan ngarai batu merah dan Murchison River yang mengalir di antaranya. Kalau kamu ke sana antara bulan Juli dan Oktober, taman ini dihiasi lebih dari 800 spesies bunga liar Australia loh. Jangan lupa foto-foto, ya!

Selain pemandangan selama perjalanan yang indah, kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan seru kalau road trip di Australia. Impian naik mobil seperti di film-film internasional pun terwujud. Masih banyak rute road trip yang perlu kamu jajal di Australia, coba aja cek di situs Tourism Australia. Udah tahu mau road trip ke mana untuk agenda liburan berikutnya?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi