β€œBelajar tentang alam, mencintai alam, dan tetap dekat dengan alam. Hal itu tak akan membuat kamu gagal.”

Frank Lloyd Wright

Bagi kamu-kamu yang hobi naik gunung, musim hujan tentu bukan jadi penghalang dong ya. Mau hujan kek, panas kek, naik gunung adalah sebuah ritual yang tak boleh diabaikan. Apalagi buat kamu yang jomblo, mendaki gunung waktu musim hujan adalah salah satu dari sedikit cara menghapus kenangan yang tak kunjung hilang. Duh.

Memang sih tak semua gunung dibuka di musim penghujan. Alasannya beragam, salah satunya untuk menyeimbangkan ekosistem di gunung itu sendiri. Tau sendiri kan sekarang bahwa mendaki gunung sudah menjadi gaya hidup kelas menengah. Pantas saja ketika musim kemarau semua gunung dijejali pendaki. Untuk itu agar kondisi gunung kembali seperti semula perlu kiranya ditutup untuk sementara.

Hey, tapi jangan terlampau galau. Ada beberapa gunung yang tetap buka loh. Berikut ini 9 gunung yang tak boleh kamu lewatkan di musim hujan ini.

1. Datanglah ke Gunung Andong, gunung paling nge-hits di Instagram

Gunung Paling Ngehits Anak Muda via www.ardiyanta.com

Advertisement

Sebagai gunung yang baru nge-hits, Andong merupakan pilihan menarik bagi kamu yang tinggal di Jogja dan sekitarnya. Pertama sih karena gunungnya relatif tidak terlalu tinggi, hanya 1.726 mdpl saja. Lokasinya juga relatif dekat dengan Magelang, Jogja dan Semarang. Kabar baiknya adalah gunung ini buka selama musim hujan. Sudah pendek dekat lagi.

2. Mendakilah Gunung Merapi, gunung paling sakral di Jogja

Panorama keindahan Merapi via rentalmobilyogyakarta.net

Merapi tetap buka di musim hujan ini via jalur New Selo Boyolali. Tapi kudu tetap hati-hati ya mengingat jalurnya bisa berbahaya ketika hujan seperti ini. Usahakan rombongan biar aman ya.

3. Gunung Merbabu yuk, ramah pemula kok

Menikmati Savana Gunung Merbabu via www.jayanjayan.com

Merbabu punya beberapa jalur yang bisa didaki di musim hujan. Jalur Selo, Wekas, Suwanting, Cunthel, dan Thekelan dibuka untuk para pecinta alam. Meskipun sebagian besar terbakar hebat kemarau lalu, Merbabu tetap ada di hati kamu kan. Merbabu emang ngangenin kok, kaya kamu.

4. Gunung Papandayan dong, cocok buat anak Jakarta nih

Main ke Papandayan dulu sini via www.mangacew.com

Bagi anak gawl Jakarta dan Bandung, Gunung Papandayan masih jadi primadona untuk pendakian weekend mereka. Selain lokasinya dekat, Papandayan relatif ramah pemula. Udah gitu foto-fotonya Instagram-able banget lagi. Udah lah, cusss ke Papandayan aja buat pendakianmu kali ini.

5. Kabar gembira untuk kita semua, Gunung Rinjani sudah dibuka!

Muncak Rinjani coy via www.facebook.com

Gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia ini punya keanehan di tahun 2016 ini. Jika tahun-tahun sebelumnya awal tahun selalu ditutup, kini Rinjani justru baru dibuka. Maklum, erupsi Gunung Baru Jari Oktober lalu telah membuat gunung ini ditutup selama 3 bulan. Info terupdate per 20 Januari Gunung Rinjani telah dibuka seperti biasa. Pendaki bahkan diperbolehkan ke Puncak legendaris 3.726 mdpl. Wow.

6. Masih bisa makan siang di Warung Mbok Yem di Gunung Lawu

Makan di warung Mbok Yem yuk di Lawu via www.bintang.com

Berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur membuat gunung ini jadi titik pertemuan para pendaki di kedua provinsi. Gunung yang terkenal karena keberadaan Warung Mbok Yem di ketinggian 3.150 mdpl ini ternyata dibuka loh musim hujan. Yah, meskipun dingin banget sih. Ada dua pintu masuk yang dibuka, Cemoro Kandang dan Candi Cetho. Sementara Cemoro Sewu ditutup gaes. Jangan salah masuk pintu ya.

7. Mendaki gunung paling tinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet

Gunung Tertinggi di Jawa Tengah via phinemo.com

Terkenal dengan aroma mistis dan sangat aktif, Gunung Slamet justru tetap buka di musim hujan. Gunung yang berpredikat gunung tertinggi di Jawa Tengah (3.432 mdpl) bisa jadi pilihan menarik buat kamu daki. Jalur yang dibuka hanya via jalur Bambangan. Tentu saja perlu ekstra hati-hati jika memutuskan untuk menjamah treknya awal tahun ini. Anginnya pun sangat kencang dan kapanpun bisa terjadi badai. Take care, Beb.

8. Daki gunung kembar di Jawa, Gunung Sindoro & Sumbing

Gunung aja berpasangan, kamu? via infopendaki.com

Gunung kembar Sindoro Sumbing dibuka untuk semua jalur di musim hujan ini. Pilihan mendaki 2 gunung ini jadi opsi yang menarik untuk disambangi ketika akhir pekan. Lucunya, kita bisa sedikit baper di sana sih. Masa Sindoro Sumbing aja berpasangan sementara kamu? ……

9. Tapaki puncak tertinggi Indonesia di Gunung Kerinci

Yuk tapaki puncak tertinggi, Kerinci via primaradio.co.id

Sebagai gunung berapi paling tinggi di Indonesia, Kerinci adalah gunung idaman. Impian terbesar para pendaki Indonesia salah satunya menginjakkan kaki di 3.805 mdpl ini. Oke, memang treknya cukup berat apalagi masih ada hewan buas di sana. Hanya saja kamu bakal dapat achievement yang hebat jika mampu menaklukkan Kerinci.

Sebagai catatan, meskipun jalur pendakian dibuka namun cuaca di Kerinci sedikit kurang baik. Jadi akan lebih baik kamu tunggu sampai cuaca kondusif lah ya.

Tentu pendakian di musim hujan tak boleh sembarangan. Persiapannya harus lebih detail dan matang. Jangan sampai demi hobi justru melupakan keselamatan. Ingat, demi semua orang yang kamu sayangi, pendakian di musim hujan harus tetap aman. Agar dirimu tak jadi korban perasaan, eh korban pendakian maksudnya.

Stay Safe, Travelers.