Kamu pernah bayangin nggak sih hidup di tempat terpencil yang terletak di tengah lautan? Di mana akses untuk keluar masuk hanya bisa dicapai dengan kapal atau helikopter saja. Eits, tapi ini kita tak sedang membicarakan pulau-pulau terpencil loh. Yang dibahas di sini adalah negara bernama Kepangeranan Sealand; suatu negara yang disebut sebagai negara terkecil di dunia.

Kamu pasti banyak yang belum mengenalnya, kan? Yuk kenalan dulu sama negara unik yang satu ini ~

Awalnya hanya sebuah benteng Inggris di Selat Inggris, kini Fort Roughs menjadi negara yang berdiri sendiri. Unik, nih

Gini ini negara?! via www.nbcnews.com

Terletak di 9,6 kilometer dari lepas pantai Suffolk, Inggris, negara bernama Kepangeranan Sealand ini menjadi negara dengan bentuk terunik di dunia. Daripada sebuah negara, bentuknya bahkan lebih mirip kilang minyak lepas pantai! Namun jangan salah, dulunya negara ini adalah sebuah benteng pertahanan Inggris yang dibangun untuk membendung serangan dari Jerman pada perang dunia II silam.

Setelah perang usai, benteng bernama Fort Roughs ini mulai ditinggalkan. Hingga pada tahun 1967, tepat pada tanggal 2 September, Roy Bates mendeklarasikan Fort Roughs sebagai negara bebas dan memberikan gelar Princess bagi istrinya yang ulang tahun pada tanggal itu. Romantis, kan…

Advertisement

Perjuangan untuk menjadi negara tidak lah mudah. Bahkan sampai tahun 2016 ini, PBB masih belum mengakui Sealand sebagai sebuah negara. Namun hal tersebut tak menggentarkan mereka. Sealand masih tetap kokoh memproklamirkan diri sebagai sebuah negara yang merdeka. Yah, walaupun pada hingga saat ini negara besar yang mengakui kemerdekaan mereka masih Perancis dan Jerman saja.

Meski belum diakui oleh PBB sebagai sebuah negara, tapi Sealand udah punya bendera, paspor dan perangko sendiri. Bukti tekad kuat mereka sebagai negara!

Tuh benderanya~ via www.sealandgov.org

Meski begitu, Sealand tetap kokoh berkata bahwa mereka adalah negara merdeka. Terbukti dari bendera, mata uang, perangko negara hingga paspor yang mereka terbitkan secara independen sebagai bukti tekad kuat kemerdekaan mereka. Seharusnya, memang hanya negara berdaulat saja yang punya hak untuk mengeluarkan paspor, bendera dan mata uang.

Namun, menurut Prince Michael, penguasa kedua Sealand, mereka tak butuh pengakuan dari negara lain. Baginya, merdeka itu berasal dari dalam hati. Selama mereka memenuhi syarat untuk menjadi negara dan tak menimbulkan masalah terhadap dunia, mereka tak butuh pengakuan dari dunia luar soal mereka sah merdeka atau tidak. Keren, nih pendapatnya!

Tau nggak sistem kepemerintahannya gimana? Jumlah penduduknya berapa? Nih jawabannya…

Sejauh ini, sejak merdeka hingga tahun 2016 ini, adalah keluarga Roy Bates yang memerintah Kepangeranan Sealand. Namun sejak Roy meninggal pada 2 Oktober tahun 2012 silam, yang menjadi pemimpin adalah Prince Michael, anak tertua dari Roy Bates. Yah, sistem monarki yang mereka laksanakan memang cocok dengan konsep negara yang satu ini.

Jika bicara soal berapa jumlah penduduknya, Prince Michael sendiri berujar bahwa ada 27 orang yang diakui memiliki paspor Sealand. Namun untuk berapa yang tinggal di negara tersebut, jumlahnya hanya sedikit. Menurut Prince Michael, sehari-hari cuma ada 2 atau 3 orang saja yang berkeliaran di tanah Sealand (Eh, nggak ada tanah ding ya di sana). Hehe.

Sumber pendapatannya berasal dari jualan di Internet. Mulai dari mug sampai kaos di jual demi pemasukan negara ~

Dijual tuh! via en.wikipedia.or

Nah, kalau tak diakui PBB, gimana mereka mendapatkan pemasukannya? Jawabannya sederhana; Internet! Ya, berkat kemajuan teknologi, Sealand bisa mendapat pemasukan negara dari berjualan di Internet. Mereka berjualan kaos, mug hingga perangko sebagai sovenir dari negera kecil mereka. Untuk sekelas negara kecil, hasil penjualan tersebut cukup untuk menjalankan fungsi-fungsi kenegaraan. Yah, kan emang yang hidup di sana cuma beberapa orang doang.

Buat kamu yang ingin punya gelar kebangsaan, kamu bisa beli di situs mereka! Keren nggak tuh punya gelar kebangsawanan di depan namamu 😀

Siapa mau punya gelar kebangsawanan? via theexpatwriter.blogspot.com

Nah, ini yang paling unik dari negara Kepangeranan Sealand. Ketika di negara lain gelar kebangsaan adalah sebuah gelar prestisius yang nggak semua orang bisa mendapatkan, di Sealand kamu bisa mendapatkan dengan gampang. Caranya, cukup beli aja gelar kenegaraannya. Nggak percaya? Silahkan buka sendiri situs kenegaraan Sealand. Kamu akan disuguhi dengan penawaran untuk membeli gelar kebangsawanan. Gelar-gelar semacam Lord, Lady, Baron hingga Baroness yang sangat elit di daratan Inggris, bisa kamu beli di sini. Apa nggak keren tuh punya gelar bangsawan di depan namamu!
Nah, gimana? Unik nggak tuh negaranya? Meski bentuknya nggak jauh beda dari kilang minyak lepas pantai dan cuma dihuni oleh beberapa orang saja, namun yang patut diacungi jempol adalah kemauan dan tekad mereka untuk jadi merdeka. Salut deh sama penduduk Sealand! 😀

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!