Bulan Ramadan sudah hadir menyapa kita semua. Salah satu hal yang paling seru saat bulan puasa adalah momen menunggu saat berbuka. Anak-anak muda biasanya ‘ngabuburit’ atau ramai-ramai menunggu buka puasa. Kamu suka ngabuburit ke mana nih?

Nah, Hipwee Travel bakal kasih 10 destinasi yang bisa kamu singgahi untuk ngabuburit menunggu buka puasa di Jogja dan sekitarnya. Selain nunggu buka, bisa juga refreshing ya. Ya biar adzan Maghribnya terasa cepat berkumandang gitu. Hehehe.

Spot Riyadi di Prambanan seru juga buat nunggu buka puasa tiba. Kamu bisa melihat pemandangan indah Candi Prambanan dan desa sekitarnya sembari nunggu adzan datang…

Prambanan dari ketinggian via ceritajogja.com

Terletak di atas bukit di selatan Prambanan, Spot Riyadi jadi salah satu spot paling asyik menunggu senja di Jogja. Betapa tidak, pemandangan hijau desa-desa sekitar Prambanan yang permai berpadu dengan cantiknya Candi Prambanan dalam versi mini bakal jadi perpaduan yang sempurna. Kapan kamu mau coba ngabuburit ke sana?

Malioboro tentu bisa jadi pilihan yang oke juga. Selain tersedia banyak pilihan untuk menu berbuka, kamu juga bisa menikmati suasana senja di tengah kota

kenyang no 1, romantis belakangan via www.cakrawalatour.com

Advertisement

Malioboro tentu akan menyediakan banyak menu berbuka puasa di sepanjang ruas jalannya. Kamu bisa menggunakan waktumu untuk cuci mata di pusat perbelanjaan, atau sekedar duduk-duduk di pinggir jalan. Yakin deh, kalau keasyikan lihat barang-barang di mall, waktu berbuka akan lebih cepat.

Landasan pacu di Pantai Depok cocok tuh buat ngabuburit bareng temen-temen. Kemudian dilanjut buka puasa dengan ikan segar di tepi pantainya…

landasan pacu depok via blog.wemary.com

Siapa sangka ada spot instagrammable yang berada tak jauh dari Pantai Depok, Bantul? Destinasi yang sempat hits ini kerap dijadikan tempat nongkrong, skateboard, sampai foto prewedding yang cukup populer. Lumayan ‘kan main ke landasan pacu sebelum berbuka dengan seafood di Pantai Depok?

Candi Ijo dan Tebing Breksi jadi satu paket destinasi yang harus kamu kunjungi. Sambil nunggu buka, pemandangan senjanya juara!

Berada di lokasi yang berdekatan, Tebing Breksi dan Candi ijo harus jadi jujugan kamu ngabuburit jelang berbuka. Selain memang pemandangannya mantap, senjanya pun tak kalah memesona. Jika sudah mendekati maghrib, kamu bisa berwisata kuliner di sekitar Prambanan. Atau kalau nggak mau rugi, nyari masjid terdekat aja. Pasti dapat buka gratis. Hehehe.

Embung Nglanggeran di Gunungkidul punya pesona senja yang luar biasa. Sempatkan ngabuburit di sana ya!

embung nglanggeran via www.njogja.co.id

Terletak di kaki Gunung Api Nglanggeran, embung Nglanggeran kini jadi tempat wisata seru yang asik dinikmati saat sore hari. Senja yang temaram di embung Nglanggeran sangat pas digunakan untuk menunggu waktu berbuka. Tapi pulangnya jangan kemalaman ya, gelap banget jalannya kalau malam.

Nggak melulu harus kongkow, ngabuburit sambil olahraga di Universitas Gadjah Mada asik juga lho. Habis itu buka puasa di lembah UGM yang selalu ramai saat sore hari

Jogging 40%, cuci mata 60% via pakimam7.blogspot.com

Olahraga nggak tabu kok dilakuin pas bulan Ramadan. Jangan malah malas-malasan aja. Kamu bisa kok sekedar jogging sambil menunggu buka di sekitar Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada. Banyak temannya lho, siapa tahu ketemu jodohnya pas lagi jogging. Hehehe.

Buka puasa di lembah UGM ya, banyak banget pilihan kuliner buat berbuka. Kalau pengen ngirit, ada Masjid Kampus UGM yang tiap harinya menyediakan ribuan porsi menu buka puasa.

Bukit Bintang di Gunungkidul juga ngehits buat tempat ngabuburit. Bayangin aja nongkrong nungguin buka puasa sambil melihat keindahan Jogja dari atas. Menarik bukan?

bukit bintang, bukit romantis via jogjis.blogspot.com

Meskipun cukup ramai, bukit bintang selalu jadi tujuan populer menjelang senja hingga malam tiba. Apalagi saat bulan Ramadan, banyak sekali orang yang datang ke sana untuk ngabuburit sambil menikmati Jogja dari ketinggian. Kamu yakin nggak mau coba?

Stadion Maguwoharjo kini jadi tempat yang seru buat berolahraga juga lho. Kamu bisa jogging atau sekedar bersepeda santai menunggu kumandang adzan…

bisa lho jogging di sini via pecintapss.blogspot.co.id

Selain jadi kandang PSS Sleman, stadion Maguwoharjo bisa kamu manfaatkan untuk ngabuburit juga. Kompleks stadion yang cukup luas bisa digunakan untuk olahraga santai seperti jogging atau bersepeda ringan. Tenang, di depan stadion banyak orang berjualan makanan kok. Jadi nggak usah khawatir mau berbuka di mana…

Ngabuburit di Pulo Cemeti Tamansari dilanjut dengan buka puasa di Masjid Kauman, bisa jadi pilihan ngabuburit terbaik di Jogja!

masjid kauman jogja via mblusuk.com

Ada sebuah reruntuhan tua di selatan Pasar Ngasem yang sering jadi jujugan anak muda maupun wisatawan yang sedang ke Jogja. Namanya adalah Pulo Cemeti. Tempatnya sangat epik dan klasik yang berada di tengah-tengah kota. Kamu bisa ajak teman-temanmu ke sana dan ajaklah foto-foto. Untuk buka puasa, jangan lupa ke Masjid Kauman, ada gulai kambing setiap Kamis lho…

Terakhir, hutan mangrove di pesisir Kulonprogo bisa kamu coba buat ngabuburitmu tahun ini. Mumpung lagi hits banget…

ngabuburit di hutan mangrove via www.hipwee.com

Hutan mangrove yang berada di Kulonprogo memang lokasinya cukup jauh dari Jogja. Tapi apa salahnya kamu ngabuburit di sana? Udah spot instagrammable-nya banyak, suasana senjanya juga aduhai. Asik sih rame-rame berbuka puasa di sana. Yuk ke Kulonprogo!

Mau ngabuburit ke mana hari ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya